Strategi Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dengan Teori POAC Terry (Study Di MAN 4 Pandeglang)

Iwan Setiawan, Anis Zohriah, Rizal Firdaos, Encep Syaripudin

Abstract


Peningkatan mutu pendidikan menjadi tantangan utama bagi pendidikan, termasuk madrasah, untuk dapat mempertahankan kualitas pendidikan dan mendukung keberlanjutan lembaga. Teori POAC Terry (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) digunakan sebagai kerangka konseptual untuk mengevaluasi dan meningkatkan strategi yang telah diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan menggunakan teori POAC Terry di MAN 4 Pandeglang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen untuk mengumpulkan data. Informan utama adalah pengelola madrasah, guru, dan peserta didik. Data dianalisis melalui proses reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh MAN 4 Pandeglang dalam meningkatkan mutu pendidikan mencakup planning (perencanaan) yang matang, organizing (pengorganisiran) yang efektif,  actuating (pengaktualisasian) yang konsosten,  serta controlling (pengawasan) yang konsisten yang terus-menerus. Ditemukan bahwa perencanaan yang matang, pemilihan pengorganisasian yang efektif, pelaksanaan yang konsisten serta pengawasan yang terus menerus menjadi faktor kunci dalam keberhasilan strategi ini. Kesimpulannya bahwa strategi madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 4 Pandeglang telah diterapkan dengan baik. Langkah-langkah yang terorganisir dengan baik, serta penggunaan teori POAC, memberikan landasan kuat untuk mencapai tujuan mutu pendidikan yang diinginkan. 

Keywords


Analisis Strategi, Mutu Pendidikan, Teori POAC

References


Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968

Ambari. (2023). Hasil Wawancara Pribadi dengan Waka Kesiswaan : 4 Oktober 2023, MAN 4 Pandeglang.

Arfatatillah. (2023). Tim kerja dalam suatu kepanitiaan. May.

Edi, F. (2021). Evaluasi Kinerja Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) pada Masa Pandemi Covid19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 168–175. https://doi.org/10.5281/zenodo.5724418

Evindence, P., & Evidence, P. (2023). 1) , 1) 1. 5(1), 60–69.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Faisal Maulana Yusup, M., Hidayat Ginanjar, M., & Al Hidayah Bogor, S. (2018). Upaya Tim Pengembangan Kurikulum Dalam Meningkatkan Kompetensi Akademik Siswa Pada Era Digital 4.0 Di Smait Bina Bangsa Sejahtera. 3(1), 385–398.

George.R.Terry. (1993). Prinsip-prinsip Manajemen. In Jakarta: Bumi Aksara. www.aging-us.com

Hamzah, U. A. (2021). PERANAN STRUKTUR ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KOORDINASI KERJA PADA PT. ASTRA INTERNASIONAL MEDAN Siti Asyraini, SE,MM. Jurnal Insitusi Politeknik Ganesha Medan Juripol, 4, 353–364.

Jurnal, A. (2023). MENJALIN KERJASAMA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. 13(Juni), 11–21.

Kaharuddin. (2021). Equilibrium : Jurnal Pendidikan Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan, IX(1), 1–8. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium

Kamra, Y. (2019). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Upaya Mengembangkan Lingkungan Pendidikan yang Religius Di SMP N 13 Kota Bengkulu. Al-Bahtsu, 4(2), 158–165.

Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan Komponen-komponen Elementer Kemajuan Sekolah. In Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kualitas, T., Siswa, B., Sekolah, D., Bintang, J., & Indonesia, P. (2023). Strategi Pelaksanaan Evaluasi Program Pendidikan. 1(2).

LaMarre, A., & Chamberlain, K. (2022). Innovating qualitative research methods: Proposals and possibilities. Methods in Psychology, 6(November 2021), 100083. https://doi.org/10.1016/j.metip.2021.100083

Lestari, R. (2018). Strategi Madrasah dalam Meningkatkan Jumlah Peserta didik di MTsN Sungai Jambu Kabupaten Tanah Datar. 1–79.

Maesaroh. (2023). Hasil Wawancara Pribadi dengan Guru BK: 3 Oktober 2023, MAN 4 Pandeglang.

Mamad. (2023). Hasil Wawancara Pribadi pada tanggal 02 Oktober 2023 dengan Kepala Sekolah MAN 4 Pandceglang.

Maulana, Z. (2023). Hasil Wawancara Pribadi, MAN 4 Pandeglang.

Mokodompit, M. R. (2021). Kemitraan orang tua dan guru dalam penanaman minat belajar siswa di smp negeri i batudaa kabupaten gorontalo. Annizom, 68–77. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/annizom/article/view/4583

Mursal. (2020). Ekstrakurikuler PAI. In Media Madani.

Ningsih, I., . A., & . H. (2022). Strategi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Citra Sekolah Di SMPN 1 Tellu Siattinge. Jurnal Mappesona, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.30863/mappesona.v5i1.2495

Nur Afifah Maulidah, Diaman, & Nanang Kosim. (2022). Hakekat dan Misi Pendidikan Madrasah di Indonesia. Jurnal Kolaboratif Sains, 5(11), 772–779. https://doi.org/10.56338/jks.v5i11.2977

Permana, R. (2019). Anajemen Strategi Redaksi Riau24.Com Dalam Menghadapi Persaingan Media Online.

PP No. 57. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Qonita, M., Artati, K. B., Musyarofah, A., Wahyuni, F., & Tjalla, A. (2022). Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Guidance, 19(02), 106–120. https://doi.org/10.34005/guidance.v19i02.2211

Suryana, S. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971

Syafaruddin. (2014). Manajemen Pengawasan Pendidian. In Cipta Pustaka Media (p. 9).

Syahputra, R. D., & Aslami, N. (2023). Prinsip-Prinsip Utama Manajemen George R. Terry. Manajemen Kreatif Jurnal (MAKREJU), 1(3), 51–61.

Thoharotun Nisa, N. (2023). Analisis Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Dari Korupsi Terhadap Kinerja Layanan Di KPKNL Jakarta II. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 2(1), 2656–6265.

Turmidzi, I. (2022). Implementasi Perencanaan Strategis Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah. Tarbawi, 5(2), 90–100. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi

Wasiya, Karunia, S., Agustina, R. W., & Nur Lora Sirikit. (2021). Pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN 1 Panembahan. Prosiding Dan Web Seminar (Webinar)“Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0”,Society 5.0”, 3(1), 295–300.

Wawan. (2023). Hasil Wawancara Pribadi : 3 Oktober 2023, MAN 4 Pandeglang.

Yulia Pramesta, S. (2023). Pengalokasian Beasiswa Pendidikan Guna Meningkatkan Prestasi Siswa Di SMA Antartika Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(2), 1135–2962. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i2.1044

Zaini, Z. A. H. Z. (2022). Strategi Kepala Madrasah.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i1.13550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: