Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Historis Peserta Didik Materi Di Bawah Tirani Jepang Kelas XI DKV SMK ITABA Gedangan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Fajriyah, I., Biantami, V., & Itaqullah, P. (2021). Analisis Pembelajaran Ips Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp Negeri 2 Tarik Sidoarjo (Vol. 8, Issue 2). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak/article/view/5454
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Math Sd. Jurnal Primary, 7.
Fithriyah, R., Wibowo, S., & Octavia, R. U. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4
Fitriany, A. (2020). Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Indonesia Melalui Media Audio Visual Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Edukasi, 6(2).
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3).
Maulana, W. (2021). Tinjauan Mengenai Historical Thinking Skills Dan Karakteristik Peserta Didik Pada Jenjang Menengah Atas. Indonesian Journal Of Education And Humanity, 1(2), 69–78.
Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. Bioedusains:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849
Fitri, D. A., Fariz, M. F. A., Fajriyah, I. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Sejarah pada Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo . 11(April), 65–74.
Oflanto. (2017). Model Learning Continuum Keterampilan Berpikir Historis (Historical Thingking) Pembelajaran Sejarah Sma. http://diakronika.ppj.unp.ac.id
Purwanto, A., Soedarmo, R., & Suryana, A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pebelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Di Kelas X Sma Negeri 3 Banjar. In Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) (Vol. 2, Issue 2).
Sherly Pamela, I., & Rusdi, M. (2013). Pengaruh Jenis Masalah pada Problem Based Learning terhadap Dinamika Metakognisi Siswa SMA Kelas X pada Konsep Stoikiometri The Effect of Problem Type in Problem Based Learning to X Grade Students Metacognition Dynamics in Stoichiometry.
Sirnayatin, T. A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. Jurnal SAP, 1(3).
Suryaningrum, S., Pendidikan Sejarah, J., Liana, C. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Historis Kelas Xi Ips Sma Negeri 8 Surabaya. In Journal Pendidikan Sejarah (Vol. 12, Issue 3).
Tricahyono, D., & Widiadi, A. N. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Historis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Resource Based Learning Di SMA Trenggalek. In 208 |Jurnal Agastya (Vol. 10).
Wahidmurni. (2017). Metodologi Pembelajaran IPS. Ar-Ruzz Media.
Wiraguna, S., Pd, S., Maryuni, Y., Pd, M., & Ribawati, E. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 5e Terhadap Kemampuan Berpikir Historis. Tahun, 4(2), 142.
Zaenal Arifin Anis, M., & Mardiani, F. (2021). Memperkuat Identitas Nasional Melalui Model Pembelajaran Berpikir Historis (Mpbh) : Antara Nyata Atau Sebuah Asa? (Vol. 6).
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i2.14883
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Indexing: