Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Historis Peserta Didik Materi Di Bawah Tirani Jepang Kelas XI DKV SMK ITABA Gedangan

Rini Dwi Pratiwi, Muhammad Faris Abdil Aziz, Izzatul Fajriyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir historis peserta didik di SMK Itaba. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode probability sampling digunakan untuk pemilihan sampel secara acak. Problem Based Learning diterapkan dalam kelas eksperimen penggunaan pretest dan posttest. Analisis statistik mencakup validitas, reliabilitas, normalitas, heteroskedastisitas, autokorelasi, analisis regresi linier sederhana, serta uji t. hasil validitas menunjukkan semua butir soal valid karena nilai r hitung > t tabel (0.320) atau nilai signifikansi < 0,05. Instrumen penelitian reliabilitas dinyatakan reliabel dengan nilai Alpha Cronbach (0.684) > 0.6. Uji normalitas menunjukkan nilai signifikansi (0,060) menandakan distribusi data normal. Uji heteroskedastisitas menunjukkan residual homogen dengan nilai signifikansi (0,651) > 0,05. Uji korelasi menunjukkan nilai d hitung (1.809) dengan dU (1.5444) < d hitung (1.809) < 4-dU (2.4556) maka tidak ada korelasi antar residual. Uji analisis regresi linier sederhana menunjukkan nilai (80.074) yang menunjukkan keadaan konstan. Uji t menunjukkan nilai (-1.293) < (2.024), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, namun karena nilai signifikansi > 0.05 menyimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap kemampuan berpikir historis peserta didik SMK.

Keywords


Problem based learning, Berpikir historis, Pembelajaran sejarah

References


Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

Fajriyah, I., Biantami, V., & Itaqullah, P. (2021). Analisis Pembelajaran Ips Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp Negeri 2 Tarik Sidoarjo (Vol. 8, Issue 2). https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak/article/view/5454

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Math Sd. Jurnal Primary, 7.

Fithriyah, R., Wibowo, S., & Octavia, R. U. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4

Fitriany, A. (2020). Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Indonesia Melalui Media Audio Visual Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Edukasi, 6(2).

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3).

Maulana, W. (2021). Tinjauan Mengenai Historical Thinking Skills Dan Karakteristik Peserta Didik Pada Jenjang Menengah Atas. Indonesian Journal Of Education And Humanity, 1(2), 69–78.

Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. Bioedusains:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849

Fitri, D. A., Fariz, M. F. A., Fajriyah, I. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Sejarah pada Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo . 11(April), 65–74.

Oflanto. (2017). Model Learning Continuum Keterampilan Berpikir Historis (Historical Thingking) Pembelajaran Sejarah Sma. http://diakronika.ppj.unp.ac.id

Purwanto, A., Soedarmo, R., & Suryana, A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pebelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Di Kelas X Sma Negeri 3 Banjar. In Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) (Vol. 2, Issue 2).

Sherly Pamela, I., & Rusdi, M. (2013). Pengaruh Jenis Masalah pada Problem Based Learning terhadap Dinamika Metakognisi Siswa SMA Kelas X pada Konsep Stoikiometri The Effect of Problem Type in Problem Based Learning to X Grade Students Metacognition Dynamics in Stoichiometry.

Sirnayatin, T. A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. Jurnal SAP, 1(3).

Suryaningrum, S., Pendidikan Sejarah, J., Liana, C. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Historis Kelas Xi Ips Sma Negeri 8 Surabaya. In Journal Pendidikan Sejarah (Vol. 12, Issue 3).

Tricahyono, D., & Widiadi, A. N. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Historis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Resource Based Learning Di SMA Trenggalek. In 208 |Jurnal Agastya (Vol. 10).

Wahidmurni. (2017). Metodologi Pembelajaran IPS. Ar-Ruzz Media.

Wiraguna, S., Pd, S., Maryuni, Y., Pd, M., & Ribawati, E. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 5e Terhadap Kemampuan Berpikir Historis. Tahun, 4(2), 142.

Zaenal Arifin Anis, M., & Mardiani, F. (2021). Memperkuat Identitas Nasional Melalui Model Pembelajaran Berpikir Historis (Mpbh) : Antara Nyata Atau Sebuah Asa? (Vol. 6).




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i2.14883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: