Pengaruh Sistem E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Jurusan Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi (TJKT)

Stephan Soterio, Rissal Efendi

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Kabupaten Semarang, bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh sistem e-learning terhadap kompetensi afektif siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pra-eksperimental, dilaksanakan dengan memanfaatkan platform e-learning yang telah di implemetasikan disekolah. Subjek pada penelitian uji eksperimen penggunaan e-learning ini yaitu siswa kelas XE SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Kabupaten Semarang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas XE TJKT. Jenis e-learning yang digunakan ialah e-moodle atau “Modulator Object Oriented Dynamic Learning”. Penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test dengan teknik analisis data Uji Normalitas dan Uji Homogenitas, dan analisis deskriptif guna untuk memaparkan dan menggambarkan data penelitian mencakup jumlah data penelitian, nilai maksimal-minimal serta nilai rata-rata. Penelitian di uji dari data yang diambil dengan total sampling 34 siswa partisipan. Untuk menguji apakah penelitian ini valid atau tidak setelah penerapan e-learning peneliti menguji penelitian ini dengan uji normalitas yang telah dilakukan dengan hasil uji statistik data Asymp.Sig pretest dan posttest berdistribusi normal dengan (2-tailed = 0,25 dan 0,27) ≥ ½ α (sigma) (0,05) maka data berdistribusi normal dan uji homogenitas diperoleh p-value (sig) = > 0,05, disimpulkan bahwa varians data hasil belajar siswa adalah homogen.

Keywords


E-Learning, Moodle, Hasil Belajar, SMK, Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi

References


A'yun, A, et.al. (2019). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Mahasiswa Teknik Informatika. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia, Vol 4, No 1. Diakses dari https://doi.org/10.32528/justindo.v4i1.2420

Abdulmajid, N. W. (2017). Penerapan E-Learning Sebagai Pendukung Adaptive Learning Dan Peningkatan Kompetensi Siswa SMK Di Kabupaten Bantul. Jurnal Taman Vokasi, 5(2), 171-181.

Affandi, M. R, et.al. (2020). Analisis Efektivitas Media Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Pelajaran Fisika. JPF(Jurnal Pendidikan Fisika), Vol. VIII. No. 2.

Anshori, S. (2018).Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1), 89-95.

Dharma, W. C. (2015). Pedoman Penulisan Usulan Proposal dan Skripsi Jenjang Strata Satu (S1). Samarinda: STMIK Widya Cipta Dharma, 1-55.

Gani, A. G. (2018). E-Learning Sebagai Peran Teknologi Informasi Dalam Modernisasi Pendidikan, 3(1), 2-14.

Irtawanti, S. H. (2021, Januari). Pemanfaatan E-Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar. Journal Scientic of Mandalika (JSM), 2(1), 15-19.

Kania, S., Dayurni, P., & Ismatullah, I. (2025). Pengembangan Learning Management System (LMS) dalam Mengelola Kelas pada Mata Pelajaran Kejuruan di SMKN 1 Pandeglang. ISLAMIKA, 7(1), 41-52. Diakses dari https://doi.org/10.36088/islamika.v7i1.5467

Maulani, Ramhmah. N, et.al. (2022). Pengujian Pada Hasil Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle Dengan Metode Scoring. Jurnal Produktif, Vol 6 No. 1.

Mulyani,W. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Impuls Dan Momentum.(Institutional Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2015) Diakses dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26232.

Muslimah, T & Fauziah, N.M. (2021). Penerapan Media E-Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, V ol. 9, No. 2, Hal. 234-241.

Nurhalisyah, S dkk. (2023). Pengaruh E-learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Semarang. Journal of Education and Technology, 3(2), 124-128.

Safitri1,N. A., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Efektivitas Implementasi Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan: Studi Meta-Analisis, 5(2), 4022-4028.

Sary, F. P., Prasetio, A., & Moslem, M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Kesuksesan E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Universitas Telkom. JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 8(3), 194-204.

Setyawan, A. D. (2021). Petunjuk Praktikum Uji Normalitas & Homogenitas Data Dengan SPSS. Diakses pada 15 Mei 2024, dari https://journal.unnes.ac.id/sju/ujm/article/view/11887

Setyawarno, D. (2017). Workshop Pemanfaatan Buku Ajar Statistik Terapan Dan Aplikasi Spss Untuk Meningkatkan Kompetensi Meneliti Bagi Guru Ipa Tingkat SMP Di Sleman, Yogyakarta Diakses pada 10 Mei 2024, dari http://journal.uny.ac.id/index.php/jpmmp/article/view/18692

Taslim, et.ql. (2017). Pengaruh Pengaplikasian E-learning Terhadap Hasil Belajar (Studi Kasus : Mahasiswa Keamanan Komputer Fasilkom Unilak). Jurnal INOVTEK - Seri Informatika, Vol 2, No 2. Diakses dari https://doi.org/10.35314/isi.v2i2.205

Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, Vol. 7. No 1.

Wicaksana, E. J, et.al. (2020). Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan Minat Bakat Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid -19. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 118-119.

Widiasworo, E. (2019). Menyusun Penelitian Kuantitatif untuk Skripsi dan Tesis. Diakses pada 22 Februari 2024, dari https://books.google.co.id/books?hl =en&lr=&id =PEFbEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA3&dq=contoh+proposal+skripsi&ots=GQITpa5b0o&sig=U2qfxV9PrV8LUD- fU8qWcNiG2qQ&redir_esc=y#v=onepage&q=contoh %20proposal%20skripsi&f=false.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v12i1.14967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: