Implementasi Strategi Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Menceritakan Kembali Isi Cerpen Pada Siswa IXB SMP Negeri 1 Karangpucung Kabupaten Cilacap

Dwi Setiyawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan penggunaan strategi Think Talk Write untuk meningkatkan keterampilan menceritakan kembali isi cerpen di kelas IX B SMP Negeri 1 Karangpucung Kabupaten Cilacap. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Karangpucung Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Karangpucung . Subjek penelitian adalah siswa kelas IX B yang terdiri  atas 24 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan bercerita. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen setiap siklusnya, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.  Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, angket, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes keterampilan bercerita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Think  Talk Write  dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas IX B SMP Negeri 1 Karangpucung Kabupaten Cilacap. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari skor rata- rata keterampilan bercerita dari prasiklus sampai siklus II. Pada prasiklus, skor rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 16,84, kemudian meningkat menjadi 21,42 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 28,31 pada siklus II. Peningkatan skor rata-rata dari siklus I hingga siklus II sebesar 6,34 sedangkan skor rata-rata kelas dari prasiklus hingga siklus II sebesar 12,10.

Keywords


Cerpen, keterampilan bercerita, strategi pembelajaran Think Talk Write

References


Achmadi, Muchsin. 1998. Materi Dasar Pengajaran Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Aini, R., Hadi, Y. A., Hamdi, Z., & Husni, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDI NW Tanah Abro. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 5840-5849.

Apriyanti, Y., Lorita, e., & Yusuarsono. (2019). Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kembang Seri Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal Professional FIS UNIVED, 6(1).

Arianti, L. (2021). Penerapan Strategi Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Siswa: Implementation Of The Think Talk Write Strategy To Improve Student's Storying Skills. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(2), 61-71. https://journal.umpr.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/2800

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arihi, La Ode Safiun. 2012. Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model Pembelajaran. Bantul DIY: Multi Presindo.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik,Cetakan ke 13 Jakarta: Rineka Cipta,

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

De Bono, Edward. 2013. Resolusi Berpikir. Terjemahan Ida Sitompul dan Fahmi Yamani. Bandung: Kaifa.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Juniasih, N. W., Jampel, I. N., & Setuti, N. M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (Ttw) Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undiksa, 1(1).

Madya, Suwarsih. 2006. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Mannahali, M. (2018). Model Pembelajaran Think Talk Write ( Ttw ) Dalam Pengajaran Keterampilan Menulis Bahasa Jerman. Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57 (hal. 9). MaKASAR: UNM.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.Yogyakarta: BPFE.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putri, R. D., & Syahrul, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Teknik Think Talk Write (TTW) terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 66-73. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/104513

Repelita, T. (2019). Efektifitas Model Ttw (Think Talk Write) Dalam Materi Cerpen Di Kelas IX (Studi kasus di SMP Negeri 3 Padaherang, Kabupaten Pangandaran). Literasi, 3(2).

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran. Edunomika, 2(1).

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Masmedia Buana Pustaka.

Tarigan, Henry Guntur. 1981. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa Bandung. Angkasa.

Tim Penyusun Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa.

Trivaika, E., & Senubekti, M. A. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android. Jurnal Nuansa Informatika, 16(1).

Undang-undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf

Zuriah, Nurul. 2007. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i2.15250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: