Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Media Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas X DPIB Pada Materi Keterkaitan Kerajaan Hindu Budha Dengan Kerajaan Galuh

Citra Kamila, Abdul Gofur, Elin Iryani

Abstract


Secara rinci, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas siswa kelas X DPIB dalam memahami keterkaitan sejarah antara Kerajaan Hindu-Budha dan Kerajaan Galuh melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) yang didukung oleh media Canva. Penelitian ini dilakukan sebagai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) selama satu semester, mengikuti empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan kuesioner, serta dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL dengan Canva secara signifikan meningkatkan kreativitas siswa, meningkatkan aktivitas, kreativitas, dan antusiasme siswa. Penelitian ini melibatkan 32 siswa dari SMKN 2 Ciamis, terdiri dari 14 laki-laki dan 18 perempuan. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, tes penilaian kreativitas, dan dokumentasi proyek siswa. Analisis menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dari Siklus I ke Siklus II, dengan skor kreativitas meningkat dari 65% menjadi 75% dan skor produk meningkat dari 68% menjadi 79%.,dengan skor ketuntasan dari 68% menjadi 86%. Temuan ini mengindikasikan bahwa PjBL berbasis Canva efektif dalam memperbaiki kreativitas dan hasil belajar siswa, memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran yang lebih kreatif dan interaktif.

Keywords


Pembelajaran berbasis proyek, kreativitas siswa, Canva, Kerajaan Hindu-Budha, Kerajaan Galuh.

References


Arikunto, S. (2006). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.

Fadhilah, Husin, M., & Raddhin, R. F. (2023). The Effectiveness of Project-Based Learning (PjBL) on Learning Outcomes: A Meta-Analysis Using JASP. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 8(3). doi:http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v8i3.3701

Ginusti, G. N. (2023). The Implementation of Digital Technology in Online Project-Based Learning during Pandemic: EFL Students’ Perspectives. J-SHMIC: Journal of English for Academic, 10(1). doi:https://doi.org/10.25299/jshmic.2023.vol10(1).10220

Handoyono, N. A., Suparmin, Samidjo, Johan, A. B., & Suyitno. (2020). Project-based learning model with real object in vocational school learning. Journal of Physics: Conference Series. doi:10.1088/1742-6596/1700/1/012045

Hanif, S., Wijaya, A. F., & Winarno, N. (2019). Enhancing Students’ Creativity through STEM Project-Based Learning. Journal of Science Learning, 2(2). doi: https://doi.org/10.17509/jsl.v2i2.13271

Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). Project-based learning. In R. K. Sawyer (Ed.), The Cambridge handbook of the learning sciences (pp. 317-334). Cambridge University Press.

Kusmayadi, Y. (2022). "GALUH” DAN CIAMIS: SEBUAH TINJAUAN HISTORIS DAN FILOSOFIS DALAM URGENSI PERUBAHAN NAMA KABUPATEN. Artefak, 9(1). doi:http://dx.doi.org/10.25157/ja.v9i1.6981

Nuraini, E., Saktiari, L. I., & Kristiono, N. (2024). Implementasi Project Based Learning Berbantuan Canva dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Kognitif. Prosiding Webinar Penguatan Calon Guru Profesional (hal. 607-620). Semarang: Unnes. Diambil kembali dari https://proceeding.unnes.ac.id/wpcgp/article/view/3412

Ricklefs, M. C. (2008). A history of modern Indonesia since c.1200. Stanford University Press.

Septiyaningsih, I. C. (2019). Influence Utilization Assignment-Based Project About the History of the Old City To Motivation Studying History for Class XI SMA Negeri 3 Semarang. Indonesian Journal of History Education , 4(1). doi:https://doi.org/10.15294/ijhe.v4i1.17527

Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Romlie, M. (2021). Implementation of Project-Based Learning Model and Workforce Character Development for the 21st Century in Vocational High School. International Journal of Instruction, 14(1), 181-198. Diambil kembali dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1282331

Susil, H., l Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia Publishing. Diambil kembali dari https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=TApZEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=penelitian+tindakan+kelas&ots=aXixTO8RPG&sig=SMUTbFdQMIIoXMBTHiDEDduYO6w&redir_esc=y#v=onepage&q=penelitian%20tindakan%20kelas&f=false

Taofik, M., Ikhsanudin, & Salam, U. (2020). The Implementation Of Running Dictation Game To Create Active And Productive Learning. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(12). doi:http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v9i12.43651

Wahyuni, P., Amaliyah, N., & Irdalisa. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL BERBANTUAN “CANVA” TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI IPA (PELESTARIAN TUMBUHAN DAN HEWAN). Dharma's Education Journal, 4(3). doi:https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1267

Widayati, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 6(1), 87-93. doi:10.21831/jpai.v6i1.1793




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i2.15381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: