UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI BENTUK ALJABAR MELALUI METODE INKUIRI

P i p i h P i p i h

Abstract


         Rumusan masalah pokok dalam penelitian ini adalah “Bagaimana penggunaan Metode Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa  dalam menyelesaikan operasi bentuk aljabar”  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Metode Inquiri sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan operasi bentuk aljabar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan melakukan 2 (dua) siklus tindakan, yang pada setiap siklus dilakukan melalui tahapan yaitu perencanaan (planning), Pelaksanaan (Acting), Observasi (Observation), Refleksi(Reflecting). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi kepada siswa dan observasi guru dan tes hasil belajar  siswa.  Kemampuan guru dalam membuat rencana pembelajaran terjadi peningkatan  pada  siklus 1 dengan rata-rata 2,79  menjadi rata-rata 3,17 pada siklus II.  Proses belajar terjadi peningkatan rata-rata skor 2,79 pada siklus I menjadi 2,97 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 1,8. Penggunaan Metode Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siawa, peningkatan rata-rata dari 69,09 pada siklus 1 menjadi 80,6 pada siklus II atau dengan kata lain hasil belajar siswa meningkat  sebesar 11,51

Full Text:

PDF

References


Anita Lie. (2004). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Depdiknas. (2006). KTSP Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Depdikbud. (1999). Penelitian Tindakan (Action Research). Jakarta: Dirjen Depdikbud.

Djamarah, (1995). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pustaka Ramadhan.

Narbuko, C, Achmadi, A. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.

Nana, S. (2006). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Suherman. (2000). Memahami Karakteristik Individu. Bandung : Tidak Diterbitan.

Sagala, S. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Universitas Pendidikan Indonesia. (2008). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i4.1539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: