Pengembangan Bahan Ajar Bab 3 Kelas XI dalam Pembelajaran Teks Cerpen Berdasarkan Indeks Kepadatan Leksikal

Mira Siti Nurjanah, Marlia Marlia, Setiawan Setiawan

Abstract


Penelitian ini mengangkat permasalahan yang dihadapi dalam penggunaan bahasa dan pembelajaran bahasa Indonesia. Peserta didik masih mengalami kendala dalam memahami materi yang ada di dalam bahan ajar, karena penggunaan kalimat dan bahasa yang sangat komplikatif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan bahan ajar Bab 3 kelas XI dalam dalam mempelajari teks cerita pendek berdasarkan indeks kepadatan leksikal dengan mengacu pada teori Halliday. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development (R&D), yaitu 4-D define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Teknik dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, kuesioner, dan dokumentasi yang melibatkan pengamatan pemahaman siswa terhadap bahan ajar orisinil dan bahan ajar yang dikembangkan. Sumber data yang dipergunakan, yaitu sumber data primer dan sekunder dengan menelaah bahan ajar teks cerita pendek. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa bahan ajar teks cerpen yang telah dikembangkan mendapatkan angka indeks kerapatan leksikal sebesar 6,1 (kategori sedang) dibandingkan dengan bahan ajar versi asli sebesar 7,8 (kategori tinggi). Hal ini menandakan bahwa bahan ajar versi pengembangan mengalami penurunan indeks kepadatan leksikal sebesar 1,7% dari bahan ajar versi asli, yang dilakukan dengan cara menyederhanakan penggunaan bahasa dan kalimat agar bahan ajar yang telah dikembangkan lebih mudah dipahami oleh siswa. Dengan demikian, pengembangan bahan ajar lebih efektif dan dapat digunakan sebagai solusi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam memahami teks cerpen dan meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI di SMA.

References


Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyatno. (2020). Bahan Ajar sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka.

Darmanun, Mustaji, & Arsana, I. W. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek. Jurnal Pendidikan: Riset&Konseptual.

Gamella, T. A., Wiyaka, & Setyorini, A. (2021). Lexical Density of Reading Materials used in Bahasa Inggris Textbook 10th Grade Student of Senior High School. English Teaching, Literature and Linguistics (Eternal).

Halliday, M. K. (1985). Language, Context, and Text: Aspects of Language in A Social-Semiotic Perspective. Oxford: Oxford University Press.

Kurnia, A. N. (2023). Kajian Struktural Semiotik terhadap Kumpulan Cerpen Sepotong Senja untuk Pacarku Karya Seno Gumira Ajidarma sebagai Alternatif Bahan Ajar. Universitas Pasundan: Institutional repositories & scientific journals.

Marlia. (2023). Lexical Density dan Plain Language dalam Bahasa Hukum: Analisis Konten pada Pasal-Pasal Kontroversial Undang-Undang Cipta Kerja. Repository Universitas Pendidikan Indonesia.

Merlinda, S. (2019). Pengembangan Video Pembuatan Kerajinan Bantalan Jarum dari Limbah Hasil Jahitan Busana untuk Siswa Kelas X Busana Butik SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Lumbung Pustakaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Mufidah, Z., & Wenanda, D. (2017). Kepadatan Leksikal Buku Ajar Muatan Lokal Bahasa Madura untuk Kelas VI Sekolah Dasar. Prosodi: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra.

Nasution, I. P., & Hasibuan, A. L. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia dalam Materi Menulis Cerpen dengan Model Discovery Learning di Sekolah Menengah Pertama (SMP Negeri 42 Medan). Jurnal Bahasa Manajemen Pendidikan.

Prasaja, F. P. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Modul Menulis Teks Cerpen berdasarkan Teknik StoryBoard untuk Siswa SMA/MA Kelas XI. Lumbung Pustaka UNY.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Setiawan. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen berbasis Ramah Lingkungan SMP Kota Semarang. arpusda.semarangkota.go.id.

Soepriatmadji, L. (2011). Lexical Density dan Grammatical Intricacy Bacaan pada Buku Bahasa Inggris Kelas 6 SD. Dinamika Bahasa dan Ilmu Budaya.

Solihah, A. (2021). Pengembangan Buku Pengayaan Kosakata dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Tambatan Leksikal. repository: Universitas Negeri Jakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta cv.

Suhardijanto, T., & Kusumawardani, R. P. (2021). Kajian Awal Densitas Leksikal untuk Pengembangan Pelabelan Otomatis Kelas Kata Bahasa Jawa. Kongres Internasional Masyarakat Linguistik Indonesia.

Tarsinih, E. (2018). Kajian terhadap Nilai-Nilai Sosial dalam Kumpulan Cerpen "Rumah Malam di Mata Ibu" karya Alex R. Nainggolan sebagai Alternatif Bahan Ajar. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Tomlinson. (2005). Materials Development in Language Teaching. United Kingdom: Cambridge University Press.

Widianasari, D. (2016). Lexical Density of Reading Materials in Bahasa Inggris Textbook Published by Ministry of Education and Culture for The Tenth of Senior High School. Repository Universitas Brawijaya.

Wulandari, F. (2022). Pengembangan Modul Turunan SMA Menggunakan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Digital Library: Institutional Repository IAIN Syekh Nurjati Cirebon.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v12i1.15394

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: