UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI DASAR PERALATAN KOMPUTER DENGAN METODE SIMULASI

S u k m a d i S u k m a d i

Abstract


Berhasil tidaknya pembelajaran sangat tergantung kepada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Guru merupakan ujung tombak paling depan dalam mewujudkan keberhasilan penyelenggaraan pembelajaran dan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan. Salah satu kompetensi siswa yang ditingkatkan melalui Penelitian Tindakan Kelas ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode simulasi sehingga diharapkan siswa mampu memahami dan menguasai materi operasi dasar peralatan komputer.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar siswa pada materi operasi dasar peralatan komputer dengan menggunakan metode simulasi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melakukan 3 (tiga) siklus tindakan, yang pada setiap siklus dilakukan melalui tahapan siklus I, siklus II, dan siklus III. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VII-C SMP Negeri 3 Tasikmalaya (N= 40).Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis dengan melakukan tes awal dan tes akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode simulasi terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi dasar peralatan komputer. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pra tindakan. Hasil belajar dan kemampuan siswa pada siklus I sebesar 8,3%, meningkat sebesar 4,82% menjadi 9,98% pada siklus II. Demikian pula, hasil belajar dan kemampuan siswa pada siklus III  meningkat sebesar 4,98% menjadi 12,89%.Pada umumnya siswa merespon dengan baik penggunaan metode simulasi. Hal ini dibuktikan dari hasil wawancara dan hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa yang menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam kegiatan belajarnya di kelas melalui tindakan metode simulasi pada materi operasi dasar peralatan komputer  dari siklus ke siklus menunjukkan kemajuan dan peningkatan.

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an, Syaamil. (2009). The Miracle. Bandung : PT. Sygma Examedia

Dahar, Ratna Wilis. (1996). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Nasution. (1993). Didaktik Azas-Azas Mengajar. Bandung : Jermars.

N'asution. (2000). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarmanto. (1995). Tuntunan Metodologi Belajar. Jakarta : Rosinda

Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tudhistira, Dadang. (2012). Menyusun Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas yang Memenuhi Kriteria “APIK”. Ciamis: CV. Mulya Abadi




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i4.1541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: