UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK DASAR SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN (PTK di kelas VIII-C SMP Negeri 4 Tasikmalaya)

Uzaz Solihat

Abstract


Keterampilan sepak bola merupakan salah satu cabang permainan yang harus diberikan kepada peserta didik kelas VIII SMP. Kemampuan faktor kognitif peserta didik dalam memahami teknik-teknik gerakan yang harus dilakukan dalam sepak bola sangatlah memberikan konstribusi terhadap pencapaian hasil permainan yang optimal. Keterampilan sepak bola peserta didik kelas VIII-C SMP Negeri 4 Tasikmalaya sangat rendah, hal tersebut membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Teknik Dasar Sepak Bola Melalui Pendekatan Bermain (PTK di kelas VIII-C SMP Negeri 4 Tasikmalaya)”. Berdasarkan fungsi pendidikan jasmani, untuk mencapai tujuan yang diharapkan salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan  penyampaian pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan  karakteristik  siswa SMP.  Dalam teknik dasar sepak bola harus dimiliki pemian  adalah: 1) menendang (kicking), 2) menghentikan (stoping), 3) menggiring (dribbling), 4) menyundul (heading).  5) merampas (tacking), 6) lemparan kedalam (throw in) dan 7) menjaga gawang (goal keeping).Teknik-teknik tersebut harus dimiliki dan dikuasai oleh peserta didik agar tercapainya hasil gerakan siswa yang diharapkan.  Pelaksanaan penelitian tindakan kelas dirancang hanya dalam dua siklus dan pada setiap siklus terdiri dari satu tindakan pembelajaran. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 4 yang berjumlah 39 orang, yaitu terdiri dari 19 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Waktu pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2014-2015 dan pembelajaran siklus 1 dan 2 dilaksanakan sesuai dengan jadwal pembelajaran Penjas orkes.  Adapun lokasi penelitian adalah di kelas VIII-C SMP Negeri 4 Tasikmalaya.Berdasarkan tindakan pembelajaran peningkatan keterampilan tehnik dasar sepak bola melalui pendekatan bermain di kelas VIII-C SMP Negeri 4 Tasikmalaya pada siklus 1 dan siklus 2, diperoleh pada siklus 1 dan siklus 2.  Pada siklus 1 data hasil gerakan teknik dasar sepak bola dengan rata-rata nilai 74, 05 dan pada siklus 2 rata-rata 75.77.  Dimana data tersebut menunjukkan terdapatnya peningkatan hasil gerakan siswa pada teknik dasar sepak bola melalui pendekatan bermain.

Full Text:

PDF

References


Aang Witarsa. 1984. Teknik Sepak Bola. Jakarta: PSSI.

Husdarta. 2010. Sejarah dan Filsafat Olahraga. Bandung: Alfabeta,

Mohammad Asrori. 2007. PenelitianTindakanKelas. Bandung: CV. Wacana Prima.

Sarumpaet, A. 1992.PermainanDasar. Jakarta: DirjenDiktiDepdikbud.

Suharmi Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Surayin. 1984. Penuntun Pelajaran Orkes. Bandung: Ganeca Exact.

SitiSafariatun. 2007. Azas dan Falsafah Pendidikan Jasmani. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sucipto, et al. 2000. Sepak Bola. Depdikbud Dirjen Pedidikan Dasar dan Menengah.

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tom Fleck dan Ron Quinn. 2007. Panduan Latihan Sepak Bola Andal.Jakarta : PT. Sunda Kelapa Pustaka

Toto Subroto. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka. Winarno Surakhmad. 1980. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Penerbit Jemmars. Zainal Aqib, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. YramaWidya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i4.1545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: