PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELUANG (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IX-G SMP Negeri 4 Tasikmalaya)

Iis Fatimah

Abstract


         Dalam pelaksanaan pembelajaran Matematika selama ini masih dilaksanakan secara konvensional seperti ekspositori atau ceramah sehingga anak cenderung pasif dan hanya menerima materi saja, anak kurang aktif dan tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga hasil yang dicapai kurang memuaskan. Berdasarkan temuan di lapangan, ternyata selama ini pembelajaran Matematika kurang dapat mengaktifkan siswa dan kurang menantang, siswa hanya menerima informasi, siswa tidak terlibat langsung dalam proses pembelajaran dan tidak dilibatkan dalam menemukan sendiri dalam menyelesaikan soal peluang, hal ini dibuktikan dengan hasil belajar baik latihan di sekolah maupun di rumah umumnya. Tujuan penelitian secara umum yaitu untuk meningkatkan prestasi atau hasil pembelajaran Matematika dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi peluang di Kelas IX-G SMP Negeri 4 Tasikmalaya  melalui  penerapan model pembelajaran konstruktivisme. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian adalah siswa Kelas IX-G SMP Negeri 4 Tasikmalaya (N=41). Simpulan yang diperoleh berdasarkan pembahasan hasil penelitian, adalah sebagai barikut: Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran konstruktivisme dalam pembelajaran Matematika tentang materi peluang melalui model pembelajaran konstruktivisme mengalami peningkatan, pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 74, pada siklus II meningkat menjadi 78.

Full Text:

PDF

References


Anita Lie. (2004). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Depdiknas. (2006). KTSP Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Depdikbud. (1999). Penelitian Tindakan (Action Research). Jakarta: Dirjen Depdikbud.

Djamarah, (1995). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pustaka Ramadhan.

Hermawan, R. et al. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kasbolah, K. (1998). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud Proyek PGSD.

Mangatur, S. (2006). Terampil Berhitung Matematika untuk SMP, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Narbuko, C, Achmadi, A. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.

Nana, S. (2006). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Ruseffendi. ET (1980). Pengajaran Matematika 3. Jakarta: UT Depdikbud.

Sukayati. (2003). Pecahan. Yogyakarta: Pelatihan Supervisi Pengajaran untuk Sekolah Dasar Tanggal 2 juli 2003 di PPPG Matematika.

Suherman. (2000). Memahami Karakteristik Individu. Bandung : Tidak Diterbitan.

Sagala, S. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Universitas Pendidikan Indonesia. (2008). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v5i4.1546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: