Eksplorasi Konstruksi Bukti Matematis Mahasiswa Menyelesaikan Soal Graf Euler: Perspektif Toulmin
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aziz, T. A. (2021). Eksplorasi Justifikasi dan Rasionalisasi Mahasiswa dalam Konsep Teori Graf. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06(02), 40–54.
Creswell, J., & Poth, C. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. SAGE Publication Inc.
Hikmah, R., & NENGSIH, R. (2022). Analisis Berpikir Kreatif Mahasiswa dalam Pembelajaran Graf Euler dan Hamilton. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 5(1), 1. https://doi.org/10.29300/equation.v5i1.6345
Juliangkary, E., & Yuliyanti, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Menggunakan Modul Teori Graf dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(1), 87–94.
Mardiani. (2017). Eksploitasi Kesalahan Konsep Teori Graf dalam Perkuliahan Matematika Diskrit Menggunakan Metode Game “Tantangan Berhadiah Point.” Jurnal Mosharafa, 6(3), 365–372.
Mujib, A. (2019). Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembuktian Matematis: Problem Matematika Diskrit. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 51–57.
Muqti, A. S. A. (2011). Graf Garis Dari Graf Euler dan Graf Hamiltonian.
Mutianingsih, N., Prayitno, L. L., & Kurniawan, A. P. (2018). Proses Berpikir Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah Fungsi Pembangkit. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 29–39. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.29-39
Nadlifah, M. (2020). Konstruksi Bukti Matematis Mahasiswa Bergaya Kognitif Reflektif. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(2), 50–53.
Prayitno, L. L., Purwanto, P., Subanji, S., Susiswo, S., & As’ari, A. R. (2020). Exploring student’s representation process in solving ill-structured problems geometry. Participatory Educational Research, 7(2), 183–202. https://doi.org/10.17275/PER.20.28.7.2
Rumetna, M. S., Lina, T. N., Santoso, A. B., Komansilan, R., & Karay, J. (2023). Implementasi Algoritma Depth First Search Dalam Penyelesaian Permasalahan Lintasan dan Sirkuit Euler. Jurnal Komtika (Komputasi Dan Informatika), 7(1), 12–21. https://doi.org/10.31603/komtika.v7i1.8672
Suriyah, P., Waluya, S., Dwijanto, & Rosyida, I. (2022). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita berdasarkan Prosedur Newman. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 884–887. https://doi.org/10.36665/theorems.v7i2.598
Syamsuri, S., & Santosa, C. A. (2017). Karakteristik pemahaman mahasiswa dalam mengkonstruksi bukti matematis. Jurnal Review Pembelajaran MAtematika (JRPM), 2(2), 131–143.
Toulmin, S. E. (2003). The Uses of Argument: Updated Edition. In The Uses of Argument: Updated Edition. https://doi.org/10.1017/ CBO9780511840005
Toulmin, S. E. (2012). The Layout of Arguments. In The Uses of Argument. https://doi.org/10.1017/ cbo9780511840005.007
Ulandari, S., & Zahra, A. (2023). Representasi Teori Graf Dalam Jejaring Sosial Instagram. Science, and Technology, 6(2), 97–107. http://jemst.ftk.uinjambi.ac.id/
Umah, U. (2018). Hambatan Mahasiswa dalam Membangun Bukti Matematis berdasarkan Kerangka Toulmin. Edumath, 6(2), 42–52.
Wardani, L. K. (2022). Perancangan Basis Data Graf Untuk Silsilah Keluarga.
Wellem, T., & Nataliani, Y. (2017). Clustering Graf dengan Algoritma Rantai Markov. Jurnal Teknologi Informasi-Aiti, 14(2), 156–167.
Yuliana, S. (2016). Pola Argumen paragraf Argumentatif pada Artikel Jurnal Terakreditasi Bidang Ekonomi ( Perspektif Stephen Toulmin ). Adabiyyat (Jurnal Bahasa Dan Sastra), 15(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v12i1.16451
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Wahana Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Indexing: