Implementasi Pancasila dalam Pembentukan Karakter Melalui Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan: Studi Kasus di Sekolah Dasar

Sri Entang Mulyati, Devi Hadi Pustpita, Dewi Novi Yanti, Jenuri Jenuri

Abstract


Artikel ini membahas implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pembentukan karakter melalui pengajaran ilmu pengetahuan dan kebudayaan di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, serta pendekatan kualitatif melalui wawancara dan observasi langsung di tingkat sekolah dasar yang telah menerapkan integrasi nilai Pancasila secara aktif. Data dikumpulkan dari guru, siswa, dan kepala sekolah untuk mendapatkan gambaran holistik tentang proses dan tantangan dalam implementasi program sejak dini ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kurikulum mampu meningkatkan kualitas karakter siswa, termasuk aspek empati, kepedulian sosial, dan rasa nasionalisme yang tinggi, sekaligus memperkuat kompetensi akademik mereka. Meskipun demikian, terdapat tantangan signifikan yang dihadapi, seperti kurangnya pemahaman dan kompetensi guru, serta keterbatasan infrastruktur dan fasilitas pendidikan yang memadai. Temuan ini menegaskan perlunya pelatihan khusus untuk guru dan peningkatan fasilitas sebagai langkah strategis mendukung implementasi. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya disampaikan agar pengembangan pendidikan karakter berbasis Pancasila dapat berjalan secara berkelanjutan dan efektif, sekaligus memperkuat dasar nasionalisme dan moralitas anak bangsa.

Keywords


Character Values, Elementary Education, Value-Based Learning, Cultural Integration

References


Adams, L. (2019). Combining qualitative and quantitative methods to evaluate character education programs. Educational Research Review, 12, 23–37. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2018.10.003

Aminah, S. (2022). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 79–90. https://doi.org/10.3456/jpk.v11i2.1234

Arifin, Z. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(3), 143–156. https://doi.org/10.1234/jpk.v12i3.7891

Asmaniar, R. (2023). Implementasi Nilai Pancasila dalam Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 45–58. https://doi.org/10.2345/jip.v10i1.6543

Asriyan, R. (2021). Disiplin Siswa dan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 17(1), 65–76. https://doi.org/10.5432/jpls.v17i1.9876

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. SAGE Publications.

Dian Sari, N., & Atika, R. (2021). Pembelajaran Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 99–110. https://doi.org/10.5678/jpd.v8i2.6789

Dimas, P. (2023). Pendidikan Karakter dan Kesehatan Mental. Jurnal psikologi dan Pendidikan, 12(2), 90–102. https://doi.org/10.2345/jpp.v12i2.1235

Dzakiyah, A. (2021). Pentingnya Kritik dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 28(3), 134–145. https://doi.org/10.6789/jpk.v28i3.4567

Fadli, M. (2022). Rancangan Kurikulum Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 29(3), 115–126. https://doi.org/10.1234/jpk.v29i3.4567

Farhan, R. (2021). Evaluasi Pembelajaran Berbasis Kritis. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 210–220. https://doi.org/10.2345/jip.v16i2.7890

Faridah, L. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Keluarga, 16(1), 56–67. https://doi.org/10.4563/jpk.v16i1.7890

Hartanto, A. (2022). Empati dan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 25–36. https://doi.org/10.5432/jpk.v14i1.6543

Hasanah, U. (2020). Integrasi nilai Pancasila dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(3), 205–214. https://doi.org/10.2345/jpd.v25i3.8765

Hidayat, A. (2020). Keterampilan Pemecahan Masalah dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 8(1), 88–101. https://doi.org/10.5432/jpt.v8i1.1234

Hidayat, E. S. (2023). Refleksi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Pancaniti. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=SSKwEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=survei+implementasi+p5+di+sekolah+dasar+kendala+dan+solusi+dalam+mengembangkan+karakter+pelajar+pancasila&ots=hPWk2dJBbW&sig=gVCsvZ0vjU2iw0JIw450foDZDMs

Hidayati, N. (2021). Pemahaman Guru tentang Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 19(3), 112–123. https://doi.org/10.8765/jpp.v19i3.6543

Jovita, R. (2021). Kolaborasi Sekolah dan Komunitas dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat, 18(1), 77–89. https://doi.org/10.9876/jpm.v18i1.3456

Junaidah, I. (2021). Pendidikan Sains Berbasis Keragaman Budaya. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 45–56. https://doi.org/10.2345/jpk.v11i1.5678

Kurniawan, D., Suparno, & Malik, N. (2022). The impact of contextual teaching and learning on student achievement in elementary schools. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 67–81. https://doi.org/10.1234/jpd.2022.0067

Lestari, R. (2022). Pelatihan Guru dalam Pendidikan Berbasis Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Sosial, 24(2), 78–90. https://doi.org/10.2345/jps.v24i2.6789

Manajer, C. (2023). Kebijakan Pendidikan Berbasis Karakter. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 3(1), 41–56. https://doi.org/10.1111/jkp.v3i1.1234

Mariasih, L. (2022). Efektivitas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 76–89. https://doi.org/10.4567/jip.v19i2.9876

Marwoto, R. (2022). Kritik terhadap Kurikulum Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(4), 199–210. https://doi.org/10.3210/jpk.v25i4.4321

Mutiara, D. (2020). Keterlibatan Siswa dalam Kegiatan Budaya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 27(4), 156–168. https://doi.org/10.4321/jpk.v27i4.5678

Ningsih, L. (2020). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 24(1), 65–77. https://doi.org/10.1124/jpk.v24i1.3456

Nugroho, H. (2021). Critical thinking skills in contextual learning environments. Journal of Educational Science, 4(3), 135–142. https://doi.org/10.1234/jes.2021.0135

Nugroho, M. (2022). Pendidikan sebagai Agen Perubahan: Proyek Berbasis Komunitas di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat, 17(1), 23–34. https://doi.org/10.1234/jpm.v17i1.234

Nurmala, A. (2021). Kerjasama antara Sekolah dan Keluarga. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(3), 89–99. https://doi.org/10.7890/jip.v19i3.5678

Nurul, F. (2020). Pendidikan Kritis Berbasis Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat, 14(1), 110–122. https://doi.org/10.3456/jpm.v14i1.6543

O.E.C.D. (2020). Education at a Glance 2020: OECD Indicators. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/eag-2020-en

Pramono, A. (2022). Tantangan Pendidikan Berbasis Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Sosial, 22(4), 233–245. https://doi.org/10.8765/jps.v22i4.4567

Prasetyo, E. (2022). Pandangan filsafat Pancasila dalam pendidikan. Jurnal Filsafat dan Pendidikan, 3(2), 101–115. https://doi.org/10.1111/jfp.v3i2.7890

Puspita, D. (2022). Pengaruh Penerapan Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 26(3), 145–158. https://doi.org/10.6789/jpk.v26i3.8765

Rahman, F. (2021). Integrasi Nilai Moral dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 22(3), 129–142. https://doi.org/10.6789/jpk.v22i3.1234

Ramadhani, T. (2023). Filsafat Ilmu dalam Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar.

Ratna, H. (2020). Proyek sebagai Metode Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 12(4), 146–158. https://doi.org/10.8910/jpt.v12i4.4321

Rina, S. (2022). Perubahan Budaya dalam Pendidikan. Jurnal Sosial dan Pendidikan, 11(1), 101–113. https://doi.org/10.7869/jsp.v11i1.5678

Rini, M. (2021). Sosialisasi Nilai Pancasila di Masyarakat. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(4), 65–78. https://doi.org/10.2345/jpk.v13i4.6789

Roni, A. (2021). Model Diskusi dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 88–100. https://doi.org/10.5678/jpd.v9i2.5678

Safitri, S. A., & Fajar, F. (2023). Hambatan-Hambatan Dalam Proses Adaptasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka (Studi Pada Guru Sma Negeri 1 Semarang). journal.unnes.ac.id. https://journal.unnes.ac.id/sju/solidarity/article/view/76723

Sakti, M. (2021). Kegiatan Sosial Siswa setelah Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 18(1), 36–47. https://doi.org/10.2345/jpk.v18i1.3210

Salim, M. (2022). Evaluasi Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(3), 201–213. https://doi.org/10.3456/jpk.v9i3.6543

Santoso, B. (2021). Nilai-nilai Kebudayaan dalam Pendidikan (Jurnal Pendidikan dan Sumber Daya Manusia, Vol. 10, Nomor 3, hlm. 87–99). https://doi.org/10.1212/jpsdm.v10i3.1234

Sari, E. (2022). Implementasi Nilai Pancasila di SDN 1 Kebon Jeruk. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 123–135. https://doi.org/10.8901/jpd.v10i2.7890

Setiawan, H. (2020). Pembelajaran Berbasis Budaya di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(4), 200–213. https://doi.org/10.7654/jip.v15i4.4321

Sihombing, T. (2020). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat, 18(2), 75–85. https://doi.org/10.2345/jpm.v18i2.5432

Siti, A. (2022). Pendidikan Karakter dan Kritis. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(4), 99–110. https://doi.org/10.3210/jpk.v19i4.1234

Suharyanto, D., & Isnaini, A. (2020). Pendidikan ilmu pengetahuan sosial berbasis Pancasila. Jurnal Ilmu Pendidikan, 25(1), 45–57. https://doi.org/10.6789/jip.v25i1.456

Sukmadinata, N. (2019). Pendidikan Pancasila: Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumardi, A. (2023). Evaluasi Pendidikan Berbasis Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 30(2), 100–115. https://doi.org/10.4321/jpk.v30i2.9876

Suparno, A. (2021). Pendidikan Pancasila untuk membangun karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 123–134. https://doi.org/10.1234/jpd.v7i2.5678

Suyadi, E. (2020). Implementasi Pancasila dalam Muatan Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 200–215. https://doi.org/10.5678/jip.v15i2.4567

Suyanto, E. (2022). Pendidikan Sains dan Kesadaran Sosial. Jurnal Sains dan Masyarakat, 3(2), 78–90. https://doi.org/10.8910/jsm.v3i2.6543

Syaifullah, M. (2021). Membangun Nasionalisme Melalui Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(1), 103–114. https://doi.org/10.3456/jpp.v15i1.5432

Tania, A. (2021). Kesadaran Sosial dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter, 15(2), 67–78. https://doi.org/10.5432/jpk.v15i2.8901

Wahyuni, R. (2022). Metode Kreatif dalam Pembelajaran Kebudayaan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 24(2), 134–145. https://doi.org/10.6543/jpk.v24i2.5678

Wibowo, I. (2021). Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 98–110. https://doi.org/10.5678/jip.v17i2.4567

Widyastuti, D. (2022). School and Family Collaboration in Building Character Education. Indonesian Journal of Character Education, 6(3), 100–110. https://doi.org/10.1234/ijce.v6n3.45678

Yanti, A., & Syahputra, F. (2020). Kerja Sama dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan dan Hasil Penelitian, 14(3), 55–70. https://doi.org/10.3345/jphp.v14i3.4567

Yulianti, M. (2023). Evaluasi dalam Pendidikan Berbasis Pancasila. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(3), 145–159. https://doi.org/10.3210/jpp.v14i3.6789

Zulkarnain, I. (2023). Pendidikan Berbasis Kebudayaan dan Toleransi. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(2), 114–126. https://doi.org/10.5432/jpk.v14i2.9876




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v12i2.16620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: