Implementasi Pancasila dalam Pembentukan Karakter Melalui Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan: Studi Kasus di Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adams, L. (2019). Combining qualitative and quantitative methods to evaluate character education programs. Educational Research Review, 12, 23–37. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2018.10.003
Aminah, S. (2022). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 79–90. https://doi.org/10.3456/jpk.v11i2.1234
Arifin, Z. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(3), 143–156. https://doi.org/10.1234/jpk.v12i3.7891
Asmaniar, R. (2023). Implementasi Nilai Pancasila dalam Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 45–58. https://doi.org/10.2345/jip.v10i1.6543
Asriyan, R. (2021). Disiplin Siswa dan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 17(1), 65–76. https://doi.org/10.5432/jpls.v17i1.9876
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. SAGE Publications.
Dian Sari, N., & Atika, R. (2021). Pembelajaran Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 99–110. https://doi.org/10.5678/jpd.v8i2.6789
Dimas, P. (2023). Pendidikan Karakter dan Kesehatan Mental. Jurnal psikologi dan Pendidikan, 12(2), 90–102. https://doi.org/10.2345/jpp.v12i2.1235
Dzakiyah, A. (2021). Pentingnya Kritik dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 28(3), 134–145. https://doi.org/10.6789/jpk.v28i3.4567
Fadli, M. (2022). Rancangan Kurikulum Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 29(3), 115–126. https://doi.org/10.1234/jpk.v29i3.4567
Farhan, R. (2021). Evaluasi Pembelajaran Berbasis Kritis. Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 210–220. https://doi.org/10.2345/jip.v16i2.7890
Faridah, L. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Keluarga, 16(1), 56–67. https://doi.org/10.4563/jpk.v16i1.7890
Hartanto, A. (2022). Empati dan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 25–36. https://doi.org/10.5432/jpk.v14i1.6543
Hasanah, U. (2020). Integrasi nilai Pancasila dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(3), 205–214. https://doi.org/10.2345/jpd.v25i3.8765
Hidayat, A. (2020). Keterampilan Pemecahan Masalah dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 8(1), 88–101. https://doi.org/10.5432/jpt.v8i1.1234
Hidayat, E. S. (2023). Refleksi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Pancaniti. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=SSKwEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=survei+implementasi+p5+di+sekolah+dasar+kendala+dan+solusi+dalam+mengembangkan+karakter+pelajar+pancasila&ots=hPWk2dJBbW&sig=gVCsvZ0vjU2iw0JIw450foDZDMs
Hidayati, N. (2021). Pemahaman Guru tentang Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 19(3), 112–123. https://doi.org/10.8765/jpp.v19i3.6543
Jovita, R. (2021). Kolaborasi Sekolah dan Komunitas dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat, 18(1), 77–89. https://doi.org/10.9876/jpm.v18i1.3456
Junaidah, I. (2021). Pendidikan Sains Berbasis Keragaman Budaya. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 45–56. https://doi.org/10.2345/jpk.v11i1.5678
Kurniawan, D., Suparno, & Malik, N. (2022). The impact of contextual teaching and learning on student achievement in elementary schools. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 67–81. https://doi.org/10.1234/jpd.2022.0067
Lestari, R. (2022). Pelatihan Guru dalam Pendidikan Berbasis Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Sosial, 24(2), 78–90. https://doi.org/10.2345/jps.v24i2.6789
Manajer, C. (2023). Kebijakan Pendidikan Berbasis Karakter. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 3(1), 41–56. https://doi.org/10.1111/jkp.v3i1.1234
Mariasih, L. (2022). Efektivitas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 76–89. https://doi.org/10.4567/jip.v19i2.9876
Marwoto, R. (2022). Kritik terhadap Kurikulum Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(4), 199–210. https://doi.org/10.3210/jpk.v25i4.4321
Mutiara, D. (2020). Keterlibatan Siswa dalam Kegiatan Budaya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 27(4), 156–168. https://doi.org/10.4321/jpk.v27i4.5678
Ningsih, L. (2020). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 24(1), 65–77. https://doi.org/10.1124/jpk.v24i1.3456
Nugroho, H. (2021). Critical thinking skills in contextual learning environments. Journal of Educational Science, 4(3), 135–142. https://doi.org/10.1234/jes.2021.0135
Nugroho, M. (2022). Pendidikan sebagai Agen Perubahan: Proyek Berbasis Komunitas di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat, 17(1), 23–34. https://doi.org/10.1234/jpm.v17i1.234
Nurmala, A. (2021). Kerjasama antara Sekolah dan Keluarga. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(3), 89–99. https://doi.org/10.7890/jip.v19i3.5678
Nurul, F. (2020). Pendidikan Kritis Berbasis Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat, 14(1), 110–122. https://doi.org/10.3456/jpm.v14i1.6543
O.E.C.D. (2020). Education at a Glance 2020: OECD Indicators. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/eag-2020-en
Pramono, A. (2022). Tantangan Pendidikan Berbasis Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Sosial, 22(4), 233–245. https://doi.org/10.8765/jps.v22i4.4567
Prasetyo, E. (2022). Pandangan filsafat Pancasila dalam pendidikan. Jurnal Filsafat dan Pendidikan, 3(2), 101–115. https://doi.org/10.1111/jfp.v3i2.7890
Puspita, D. (2022). Pengaruh Penerapan Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 26(3), 145–158. https://doi.org/10.6789/jpk.v26i3.8765
Rahman, F. (2021). Integrasi Nilai Moral dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 22(3), 129–142. https://doi.org/10.6789/jpk.v22i3.1234
Ramadhani, T. (2023). Filsafat Ilmu dalam Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar.
Ratna, H. (2020). Proyek sebagai Metode Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 12(4), 146–158. https://doi.org/10.8910/jpt.v12i4.4321
Rina, S. (2022). Perubahan Budaya dalam Pendidikan. Jurnal Sosial dan Pendidikan, 11(1), 101–113. https://doi.org/10.7869/jsp.v11i1.5678
Rini, M. (2021). Sosialisasi Nilai Pancasila di Masyarakat. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(4), 65–78. https://doi.org/10.2345/jpk.v13i4.6789
Roni, A. (2021). Model Diskusi dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 88–100. https://doi.org/10.5678/jpd.v9i2.5678
Safitri, S. A., & Fajar, F. (2023). Hambatan-Hambatan Dalam Proses Adaptasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka (Studi Pada Guru Sma Negeri 1 Semarang). journal.unnes.ac.id. https://journal.unnes.ac.id/sju/solidarity/article/view/76723
Sakti, M. (2021). Kegiatan Sosial Siswa setelah Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 18(1), 36–47. https://doi.org/10.2345/jpk.v18i1.3210
Salim, M. (2022). Evaluasi Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(3), 201–213. https://doi.org/10.3456/jpk.v9i3.6543
Santoso, B. (2021). Nilai-nilai Kebudayaan dalam Pendidikan (Jurnal Pendidikan dan Sumber Daya Manusia, Vol. 10, Nomor 3, hlm. 87–99). https://doi.org/10.1212/jpsdm.v10i3.1234
Sari, E. (2022). Implementasi Nilai Pancasila di SDN 1 Kebon Jeruk. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 123–135. https://doi.org/10.8901/jpd.v10i2.7890
Setiawan, H. (2020). Pembelajaran Berbasis Budaya di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(4), 200–213. https://doi.org/10.7654/jip.v15i4.4321
Sihombing, T. (2020). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Masyarakat, 18(2), 75–85. https://doi.org/10.2345/jpm.v18i2.5432
Siti, A. (2022). Pendidikan Karakter dan Kritis. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(4), 99–110. https://doi.org/10.3210/jpk.v19i4.1234
Suharyanto, D., & Isnaini, A. (2020). Pendidikan ilmu pengetahuan sosial berbasis Pancasila. Jurnal Ilmu Pendidikan, 25(1), 45–57. https://doi.org/10.6789/jip.v25i1.456
Sukmadinata, N. (2019). Pendidikan Pancasila: Teori dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumardi, A. (2023). Evaluasi Pendidikan Berbasis Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 30(2), 100–115. https://doi.org/10.4321/jpk.v30i2.9876
Suparno, A. (2021). Pendidikan Pancasila untuk membangun karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 123–134. https://doi.org/10.1234/jpd.v7i2.5678
Suyadi, E. (2020). Implementasi Pancasila dalam Muatan Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 200–215. https://doi.org/10.5678/jip.v15i2.4567
Suyanto, E. (2022). Pendidikan Sains dan Kesadaran Sosial. Jurnal Sains dan Masyarakat, 3(2), 78–90. https://doi.org/10.8910/jsm.v3i2.6543
Syaifullah, M. (2021). Membangun Nasionalisme Melalui Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(1), 103–114. https://doi.org/10.3456/jpp.v15i1.5432
Tania, A. (2021). Kesadaran Sosial dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter, 15(2), 67–78. https://doi.org/10.5432/jpk.v15i2.8901
Wahyuni, R. (2022). Metode Kreatif dalam Pembelajaran Kebudayaan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 24(2), 134–145. https://doi.org/10.6543/jpk.v24i2.5678
Wibowo, I. (2021). Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 98–110. https://doi.org/10.5678/jip.v17i2.4567
Widyastuti, D. (2022). School and Family Collaboration in Building Character Education. Indonesian Journal of Character Education, 6(3), 100–110. https://doi.org/10.1234/ijce.v6n3.45678
Yanti, A., & Syahputra, F. (2020). Kerja Sama dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan dan Hasil Penelitian, 14(3), 55–70. https://doi.org/10.3345/jphp.v14i3.4567
Yulianti, M. (2023). Evaluasi dalam Pendidikan Berbasis Pancasila. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(3), 145–159. https://doi.org/10.3210/jpp.v14i3.6789
Zulkarnain, I. (2023). Pendidikan Berbasis Kebudayaan dan Toleransi. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(2), 114–126. https://doi.org/10.5432/jpk.v14i2.9876
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v12i2.16620
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Wahana Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Indexing: