Perkembangan Aplikasi Berbasis IT dalam Kegiatan Supervisi Antara Guru dan Orang Tua
Abstract
Keywords
References
Bencherab, A., & Al Maskari, A. (2020). Clinical supervision: a genius tool for teachers’ professional growth. The Universal Academic Research Journal, 3(2), 51-57.
Epstein, J. (2002). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools. ADOLESCENCE-SAN DIEGO-, 37, 435-435.
Faozi, K., Handayani, D., Supiyan, D., Hariansyah, O., & Winarti, W. (2020). Sosialisasi aplikasi google family link sebagai parenting control tool pada anak di RA/TK rizqi pamulang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 47-52.
Fujiono, F., Hanayanti, C. S., Suwarna, A. I., Rais, R., & Ridani, A. (2023). Developing Teacher Professionalism Through Academic Supervision Activities of School Principle. Journal on Education, 5(4), 14881-14885.
Glanz, J. (2018). Chronicling perspectives about the state of instructional supervision by eight prominent scholars of supervision. Journal of Educational Supervision, 1(1), 1.
Handayani, I., Aini, Q., & Oktavyanti, Y. (2015). Penggunaan RinfoCal sebagai aplikasi pengingat (reminder) kegiatan akademik pada perguruan tinggi. CCIT Journal, 9(1), 13-26.
Hidayat, M. Y., & Andira, A. (2019). Pengaruh model pembelajaran hybrid learning berbantuan media schoology terhadap hasil belajar. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(2), 140-148.
Hornby, G. (2011). Parental involvement in childhood education: Building effective school-family partnerships (Vol. 53). Springer.
Ilahi, I., Rizal, F., & Irfan, D. (2021). Kemandirian Dan Motivasi Belajar Dalam Menggunakan Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(1), 75-89.
Istimurti, M. (2024). MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DARING MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DALAM PEMBERIAN TUGAS VIA APLIKASI SOSIAL MEDIA WHATSAPP DI SMPN 10 KOTA SERANG. Jurnal Pelita Calistung, 5(1), 1-9.
Japari, A. (2022). Pengaruh Komunikasi Guru Dengan Orang Tua Terhadap Minat Orang Tua Menyekolahkan Anak Dalam Mewujudkan Perilaku Belajar Siswa (Penelitian di MI Al-Jamila Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut). Khazanah Akademia, 5, 21-30. https://doi.org/10.52434/jurnalkhazanahakademia.v5i01.82
Karwanto, K. (2017). The Principal's Skills In Implementing The Improvement Of Learning Excellence (Multi-Case Study At Three Excellent Senior High Schools In Semarang). https://doi.org/10.2991/yicemap-17.2017.52
Koyongian, Y., Rawis, J. A., Wullur, M. M., & Rotty, V. N. (2021). Implementasi supervisi instruksional: pendekatan dan tantangan pengembangan profesionalisme guru. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(2), 48-55.
Letchumanan, M., & Pek, L. S. (2022). IMPAK PENGGUNAAN APLIKASI ATAS TALIAN TERHADAP MOTIVASI GURU SEKOLAH RENDAH SEMASA PENDAMIK COVID-19: THE IMPACT OF ONLINE APPLICATION ON PRIMARY SCHOOL TEACHERS MOTIVATION DURING COVID-19 PANDEMIC. Quantum Journal of Social Sciences and Humanities, 3(2), 17-25. https://doi.org/10.55197/qjssh.v3i2.129
Maclean-Blevins, A., & Muilenburg, L. (2013). Using Class Dojo to support student self-regulation. Edmedia+ innovate learning,
Moher, D., Liberati, A., Tetzlaff, J., & Altman, D. (2009). Moher D, Liberati A, Tetzlaff J, Altman DG, Group PPreferred reporting items for systematic reviews and meta-analyses: the PRISMA statement. PLoS Med 6: e1000097. Open medicine : a peer-reviewed, independent, open-access journal, 3, e123-130. https://doi.org/10.1016/j.jclinepi.2009.06.005
Nana Syaodih Sukmadinata, A. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu Berbasis Budaya Untuk Meningkatkan Apresiasi Siswa Terhadap Budaya Lokal. Cakrawala Pendidikan(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.339
Nursalim, M., Nusantara, W., Istianah, F., Kholidiya, C., Jaro’ah, S., Minarsih, N., Sari Rakhmawati, N. I., Setiawan, A., & Ilhamuddin, M. (2023). Teachers’ Level of Knowledge on Multisensory Learning Methods. In (pp. 1365-1372). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-152-4_138
Pusitaningtyas, A. (2017). PENGARUH KOMUNIKASI ORANG TUA DAN GURU TERHADAP KREATIVITAS SISWA. Proceedings of the ICECRS, 1. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i1.632
Saputra, E., & Yusrianti, S. (2023). Implementasi Model Supervisi Akademik Digital (E-Supervisi) Menggunakan Platform Madrasah Smart Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 5167-5171.
Setyaningsih, W. D., & Hidayat, S. (2021). Analisis penggunaan aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan keaktifan siswa. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(3), 727-741.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Mariana, E., & Kristanto, Y. (2023). Integrating STEAM Education and Computational Thinking: Analysis of Students’ Critical and Creative Thinking Skills in an Innovative Teaching and Learning. https://doi.org/10.46517/seamej.v13i1.241
Detikedu : https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6837518/teknologi-informasi-pengertian-fungsi-contoh-dan-prediksi-masa-depan
(https://fingerspot.com/news/kitaschool-layanan-absensi-sekolah-dan-media-komunikasi-orang-tua-sekolah-dalam-satu-aplikasi ).
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v12i1.16903
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Wahana Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Indexing: