Perbedaan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Dan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adji, MR., Prasetyo, MA., Nada, LK., Ulandari, L., dan Fadila, L. (2021). Penggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 6(2), 112–121. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v6i2.2327
Aminah, S., Taqiyyah, F., Nakhlah, R. M., Puryati, L. K., & Ermawati, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2041–2050. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5831
Anitra, R. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 8. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2311
Basyarewan, R. U., Laamena, C. M., & Ngilawajan, D. A. (2022). Efektivitas Model Nht Dan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2774. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5500
Dhana, MBA., Astriani, N., & Selawati, S. (2021). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran TPS Dengan STAD. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 61–68. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.94
Dhana, MBA., Astriani, N. (2024). Perbedaan Model Pembelajaran Think Pair Share ( Tps ) Dan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. 9(1), 148–159.URL: https://ejournal.unma.ac.id/index.php/th
Diana, L. M., Arif, M., Stefany, E. M., dan Aini, N. (2023). Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan Dan Informatika, 9(2), 1017–1023. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4780
Fadhillah, R., Maulidiya, D., & Agustinsa, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Aktivitas Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 140–150. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.140-150
Fadila, I., Amir, H., & Elvia, R. (2020). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (Nht) Dan Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Di Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Alotrop, 4(2), 134–141. https://doi.org/10.33369/atp.v4i2.16694
Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022
Jan’nah, M., & Suherman. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matemaatis Peserta Dididk Melalui Discovery Learning. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 10(1), 63–70.
Kristianti, M & Mukti, T. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw the Application of the Jigsaw Typecooperative Learning Model in. 4(2), 18–26.
Nuraina & Rohantizani. (2023). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan TPS Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i1.1940
Pendy, A., & Mbagho, H. M. (2020). Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Basicedu, 5(1), 165–177. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.542
Putri, SD dan Fauzan, A. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA Adabiah 2 Padang. 12(3), 140–146.
Putri, A., Desi Iswara, A., & Rahman Hakim, A. (2021). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(58), 124–133.
Rafiki, M., Arifin, N. R., & Susanti, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi….J-KIP(Jurnal Keguruan Dan Ilmu…,4(1),70–76.https://jurnal.unigal.ac.id/J-KIP/article/download/8902/5922.
Santi, C., Helmon, A., & Sennen, E. (2021). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2). ISSN: 2746 – 1505.
Sariawan, M. K. N., Yudiana, K., & Bayu, G. W. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 325. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27360
Siregar, A. F., Pratiwi, Y., & Harahap, M. S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di MTs Al Mukhtariyah Sungai Dua Portibi. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(1), 9–18. ISSN 2621-9832.
Siswanto, E., & Meiliasari, M. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45–59. https://doi.org/10.21009/jrpms.081.06
Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.984
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605
Syahril, R. F., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Kelas XI SMAN 1 Bangkinang Kota Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(03), 78–90. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i03.15320
Unisty, RM., Anwar Hadi FS, C., & Jaenudin, J. (2021). Penerapan Model PBL Menggunakan NHT untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(1), 19–26. https://doi.org/10.21831/jpms.v9i1.26783
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v12i1.16928
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Wahana Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Indexing: