Perbedaan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Dan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Muhammad Bayu Al Dhana, Nurullita Astriani

Abstract


Kemampuan matematika yang sangat penting di dalam pembelajaran salah satunya adalah kemampuan pemecahan masalah.Dengan memiliki kemampuan pemecahan masalah dapat membuat siswa menjadi lebih aktif, berpikir terbuka, serta berorientasi pada solusi.Salah satu upaya yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa merupakan dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai.Penelitian ini bertujuan agar mendeskripsikan perbedaan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dan model pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen.Populasi dalam  penelitian ini seluruh  siswa kelas VII SMP  Negeri  1  Babalan.Sampel  dalam  penelitian  ini  2 kelas  yaitu  kelas VII-1 yang dijadikan  sebagai  kelas  eksperimen dan kelas VII-2  dijadikan  sebagai  kelas kontrol.Jenis instrument  penelitian yaitu  tes  yang  berupa tes uraian pada  materi persamaan linear.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa  terdapat  perbedaan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dan model pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Dari hasil perhitungan menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) = 58 diperoleh t hitung (2,437) > t tabel (2,0017) artinya Ho ditolak dan Ha diterima.Dimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT) lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw.

Keywords


Pembelajaran Number Head Together (NHT), Pembelajaran Jigsaw, kemampuan pemecahan masalah matematis

References


Adji, MR., Prasetyo, MA., Nada, LK., Ulandari, L., dan Fadila, L. (2021). Penggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 6(2), 112–121. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v6i2.2327

Aminah, S., Taqiyyah, F., Nakhlah, R. M., Puryati, L. K., & Ermawati, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2041–2050. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5831

Anitra, R. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 8. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2311

Basyarewan, R. U., Laamena, C. M., & Ngilawajan, D. A. (2022). Efektivitas Model Nht Dan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2774. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5500

Dhana, MBA., Astriani, N., & Selawati, S. (2021). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran TPS Dengan STAD. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 61–68. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.94

Dhana, MBA., Astriani, N. (2024). Perbedaan Model Pembelajaran Think Pair Share ( Tps ) Dan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. 9(1), 148–159.URL: https://ejournal.unma.ac.id/index.php/th

Diana, L. M., Arif, M., Stefany, E. M., dan Aini, N. (2023). Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan Dan Informatika, 9(2), 1017–1023. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4780

Fadhillah, R., Maulidiya, D., & Agustinsa, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Aktivitas Matematika Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 140–150. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.2.140-150

Fadila, I., Amir, H., & Elvia, R. (2020). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (Nht) Dan Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Di Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Alotrop, 4(2), 134–141. https://doi.org/10.33369/atp.v4i2.16694

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022

Jan’nah, M., & Suherman. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matemaatis Peserta Dididk Melalui Discovery Learning. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 10(1), 63–70.

Kristianti, M & Mukti, T. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw the Application of the Jigsaw Typecooperative Learning Model in. 4(2), 18–26.

Nuraina & Rohantizani. (2023). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan TPS Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i1.1940

Pendy, A., & Mbagho, H. M. (2020). Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Basicedu, 5(1), 165–177. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.542

Putri, SD dan Fauzan, A. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA Adabiah 2 Padang. 12(3), 140–146.

Putri, A., Desi Iswara, A., & Rahman Hakim, A. (2021). Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(58), 124–133.

Rafiki, M., Arifin, N. R., & Susanti, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi….J-KIP(Jurnal Keguruan Dan Ilmu…,4(1),70–76.https://jurnal.unigal.ac.id/J-KIP/article/download/8902/5922.

Santi, C., Helmon, A., & Sennen, E. (2021). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2). ISSN: 2746 – 1505.

Sariawan, M. K. N., Yudiana, K., & Bayu, G. W. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 325. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27360

Siregar, A. F., Pratiwi, Y., & Harahap, M. S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di MTs Al Mukhtariyah Sungai Dua Portibi. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(1), 9–18. ISSN 2621-9832.

Siswanto, E., & Meiliasari, M. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(1), 45–59. https://doi.org/10.21009/jrpms.081.06

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–234. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.984

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Syahril, R. F., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Kelas XI SMAN 1 Bangkinang Kota Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(03), 78–90. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i03.15320

Unisty, RM., Anwar Hadi FS, C., & Jaenudin, J. (2021). Penerapan Model PBL Menggunakan NHT untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(1), 19–26. https://doi.org/10.21831/jpms.v9i1.26783




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v12i1.16928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: