Penerapan Project Historia Magazine Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X E 3 SMAN 1 Ciamis

Aslikah Aslikah, Mentari Shafa Putri, Haviz Amanda Kumara

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan yang diperoleh peneliti saat melakukan observasi pra-penelitian di kelas X E 3 SMAN 1 Ciamis. Observasi tersebut mengungkapkan adanya permasalahan berupa rendahnya tingkat kreativitas siswa dalam pembelajaran sejarah. Berangkat dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui penerapan proyek Historia Magazine yang dirancang sebagai media pembelajaran inovatif untuk mendorong siswa mengeksplorasi ide-ide kreatifnya. Adapun dalam pelaksanaannya, penelitian ini menggunakan desain tindakan kelas berdasarkan model John Elliot yang melibatkan serangkaian langkah sistematis. Setiap siklus terdiri dari empat tindakan utama, yaitu identifikasi masalah, penyusunan rencana umum, pelaksanaan tindakan yang mencakup empat tahapan, pemantauan implementasi, serta refleksi untuk evaluasi dan perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa pada setiap siklus yang dilakukan. Peningkatan ini diukur berdasarkan empat indikator utama, yaitu kelancaran dalam menghasilkan ide, keluwesan dalam memecahkan masalah, elaborasi dalam mengembangkan ide menjadi lebih detail, serta orisinalitas dalam menciptakan karya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan proyek Historia Magazine dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas X E 3 SMAN 1 Ciamis. Penelitian ini memberikan kontribusi dengan menghadirkan pendekatan pembelajaran berbasis proyek yang inovatif dan aplikatif, khususnya dalam pembelajaran sejarah. Temuan ini dapat menjadi referensi bagi pendidik untuk mengembangkan metode pembelajaran yang mendorong kreativitas siswa di berbagai konteks pendidikan.

Keywords


Kreativitas, Pembelajaran Sejarah, Project Historia Magazine

References


Ali, M. & Asrori, M. (2014). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka. Cipta.

Arikunto, Suharsimi, Supardi, & Suhardjono. (2021). Penelitian tindakan kelas. Bandung: Bumi Aksara.

Barokah, N. & Slamet, U. (2024). Pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan keterampilan, kolaborasi dan komunikasi siswa sekolah dasar. Dinamika Pembelajaran: Jurnal pendidikan dan bahasa, 1(2),347-356. https://doi.org/10.62383/dilan.v1i4.883

Elliot, J. (1991). Action Research for Educational Change. Great Britain: Biddles Ltd.

Fadlilah, C., & Siswono, T. Y. E. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Asimilasi dan Konvergen dalam Memecahkan Masalah Numerasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2), 548–561. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p548-561

Fatima, S., dkk. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Natural Science Educational Research, 6(1), 44–49. https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i2.290

Herlambang, A. D., Sasmita, D. A., & Wijoyo, S. H. (2021). Pengaruh Minat Belajar, Gaya Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis. Edutic -Scientific Journal of Informatics Education, 7(2). https://doi.org/10.21107/edutic.v7i2.8583

Hidayatulloh, M. F., & Julianingsih, D. (2021). Jurnal Riset Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(2), 51–60. https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i2.290

Ismail, A., & Nurhayati, N. (2015). Hubungan Kreativitas Siswa dan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Simulasi Digital Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Bojonggede Kabupaten Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 23–29. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v4i2.480

Kamila, C., Gofur, A., & Iryani, (2024). Model Project Based Learning Berbasis Media Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas X Pada Materi Keterkaitan Kerajaan Hindu-Buddha dengan Kerajaan Galuh.. 11(2), 393–406. Https://Doi.Org/10.25157/Jwp.V%Vi%I.15381

Mayarni, M., & Yulianti, Y. (2020). Hubungan antara Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Ekologi. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 39–45. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.39-45

Munandar, S. C. U. (2002). Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi. Kreativitas dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Sastradiharja, EE. J. & Febriani, F. (2023). Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning) Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di Sekolah Penggerak SMP Al Azhar Syifa Budi Cibinong Bogor: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 601-614. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.4184

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widyawati, E. R., & Sukadari, S. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Pembelajaran Kekinian bagi Guru Profesional IPS dalam Penerapan Pendidikan Karakter Menyongsong Era Society 5.0. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 10, 215-225. https://doi.org/10.30595/pssh.v10i.667

Wijayanto, M. T., Purwosetiyono, F. D., & Prasetyowati, D. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Word Problem Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i1.7026




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v12i1.17160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: