Pengembangan Media Pop-Up Book Materi PHBS Tentang Kebersihan Tangan Siswa Kelas 1 SD Muhammadiyah Mrisi

Fery Budi Setyawan, Jelita Jelita

Abstract


Penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran agar proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) menjadi lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dari media Pop-Up Book materi PHBS tentang kebersihan tangan siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif, data kuantitatif didapat dengan sumber data yang berasal dari penilaian kelayakan produk dari para ahli dan siswa, sedangkan data kualitatif didapat dari kritik dan saran terkait kualitas media yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menghasilkan sebuah produk yaitu media Pop-Up Book yang berisikan langkah-langkah cuci tangan pakai sabun yang baik dan benar serta 5 waktu penting cuci tangan pakai sabun. Media Pop-Up Book yang dikembangkan mendapatkan penilaian dari validator ahli media memperoleh nilai 93 dengan kategori “sangat baik”, ahli materi 85 dengan kategori “sangat baik”, ahli bahasa 86 dengan kategori “sangat baik” dan hasil dari respon siswa kelas 1 memperoleh nilai 100 dengan kategori “sangat baik”, sehingga dapat disimpulkan bahwa media Pop-Up Book materi PHBS tentang kebersihan tangan siswa kelas 1 SD Muhammadiyah Mrisi memiliki kualitas yang sangat baik.

Keywords


Pop-up Book, PHBS, Kebersihan Tangan Siswa

References


Agustang, A. (2021). Makalah “Masalah Pendidikan di Indonesia.” Melianikasim.Wordpress.Com. Retrieved from https://meilanikasim.wordpress.com/2009/03/08/makalah-masalah-pendidikan-di-indonesia/

Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Implementation of Kurikulum Merdeka in Elementary. 4(2), 67–75.

Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan media pop-up book untuk pembelajaran lingkungan tempat tinggalku kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–228. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/viewFile/4551/3408

Eskris, Y., & Koeswanti, H. D. (2022). Media pop-up book berbasis model pembelajaran APACIN meningkatkan kemampuan kefasihan membaca siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 10(3), 447–454. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i3.49358

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat pembelajaran yang efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Hidup, P., Dasar, S., Tambaan, N., Solikin, R., Wahyu, I., & Cahyani, N. (2022). Vol. 6 No. 2 (2022). 6(2), 238–241.

Imran Agus Nurali, S. K. (2020). Panduan cuci tangan pakai sabun. Kesehatan Lingkungan, 1–34.

Jamila, A., Ahdar, & Natsir, E. (2021). Problematika guru dan siswa dalam proses pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. L Ma’arief: Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 3(2), 101–110. Retrieved from https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/ALMAARIEF/article/view/2346

Jannah, A. R., Hamid, L., & ... (2020). Media pop-up book untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini. Wutsqo Jurnal Ilmu, 1(2), 1–17. Retrieved from https://ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/10

Julianti, R., & Nasirun, H. M. (2018). Pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 11–17. Retrieved from www.dinkes.go.id

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & ... (2018). Pengembangan media pembelajaran pop-up book pada mata pelajaran IPA kelas III sekolah dasar. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20294

Melia Sri Devi, H. A. (2020). Pengertian dan proses administrasi kurikulum. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 52–62.

Messakh, S. T., Purnawati, S. S., & Panuntun, B. (2019). Gambaran perilaku hidup bersih dan sehat siswa sekolah dasar negeri di Kecamatan Bancak. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 10(1), 136. https://doi.org/10.26751/jikk.v10i1.477

Parasyanti, N. K. V., Yanti, N. L. G. P., & Mastini, I. G. A. A. P. (2020). Pendidikan kesehatan cuci tangan pakai sabun dengan video terhadap kemampuan cuci tangan pada siswa SD. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(1), 122. https://doi.org/10.36565/jab.v9i1.197

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Sukmawarti, E. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 2(4), 110–122. https://doi.org/10.51178/jesa.v2i4.321

Susianti, S., Rudiyanto, W., Windarti, I., & Zuraida, R. (2022). Edukasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada rumah tangga di Desa Kalisari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. JPM (Jurnal Pengabdian Masyakat) Ruwa Jurai, 6(1), 1. https://doi.org/10.23960/jpm611-5

Sholeh, M. (2019). Pengembangan media pop-up book berbasis budaya lokal keberagaman budaya bangsaku siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 138–150. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6979

Untari, E. (2017). Problematika dan pemanfaatan media pembelajaran sekolah dasar di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(1), 259–270.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v12i1.17179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: