Aktualisasi Model Supervisi dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SMKN 1 Garut
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdillah, F., Manurung, M. A. P., Hafizah, C. V., Anisa, D., Maysarah, N. S., Ningsih, S. R., & Nasution, I. (2022). Pentingnya Supervisi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kepemilikan, 16(2), 55–59. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i2.13717
Ahmadi, & Sofyan, H. (2023). Upaya Peningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Persiapan Mengajar Guru. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(01), 50–58.
Alawyah, K., Aulia, F., Husni, I. N., Jalinus, N., & Waskito. (2024). Problematika Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMK Negeri 1 Sungai Limau. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(1), 1–6.
Alica, Lestari, L., Amartya, B., Edi, J., & Iasha, V. (2024). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar Melalui Evaluasi yang Efektif. Pediaqu:Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(2), 1705–1709.
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(1), 1–9.
Budiyanto, & Haryati, T. (2023). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 4(1), 31–38.
Damiati, M., Junaedi, N., & Asbari, M. (2024). Prinsip Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 11–17.
Darsyah, S. (2023). Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran Dalam Pendidikan Syukron. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 857–861.
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.
Hadi, A., Barowi, Nasuka, M., & Munasir. (2019). Manajemen Supervisi Teman Sejawat Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Ma Nu Banat Kudus. Jurnal Intelegensia, 7(2). Diambil kembali dari chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/viewFile/1279/pdf
Hasan, M. ., & Aziz, A. (2023). Kontribusi Pendidikan Islam dalam Pengembangan Sosial Emosional Peserta Didik di MTs Salafiyah Syafiiyah Tebuireng Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 3(2), 143–159.
Manik, Y. M., & Tambunan, J. O. (2019). Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sd 030425 Simerpara Kabupaten Pakpak Bharat. Jurnal Akuntansi Dan Pembelajaran, 8(3), 116–129. https://doi.org/10.31100/dikdas.v2i2.448
Miles, M. ., Huberman, A. ., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohodi, UI-Press. USA: Sage Publications.
Nisa, S. K., Yoenanto, N. H., & Nawangsari, N. A. F. (2023). Hambatan dan Solusi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jenjang Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 287–298.
Nugroho, A. M. (2020). Jurus Peneliti, Cendekiawan, Pakar Di Era Milenia: Olah-Latih Status, Lokus, Fokus, Modus Dan Novus. Prosiding Seminar Nasional Pakar Ke-3, 1.0.1-1.0.11. https://doi.org/10.25105/pakar.v0i0.6767
Ramadhani, I. S., Febriani, F., Rizqa, M., & Fitri, I. (2024). Pentingnya Supervisi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6), 1–13.
Rengkuan, N. H. ., Liando, D. M., & Monintja, D. K. (2023). Efektifitas Kinerja Pemerintah Dalam Progam Reaksi Respon Realief Daerah (R3D) di Kabupaten Minahasa. Jurnal Governance, 3(1), 1–11.
Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Bandung: Penerbit Pustaka Ramadhan.
Siahaan, A., Akmalia, R., Ray, A. U. M., Sembiring, A. W., & Yunita, E. (2023). Upaya Meningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. Journal on Education, 5(3), 6933–6940. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1480
Supatah, Muhammad, Fitriani, M. I., & Safinah. (2024). Implementasi Supervisi Peer To Peerdalam Mengembangkan Kompetensi Guru. Jurnal Manajemen dan Budaya, 4(2). Diambil kembali dari https://journal.staidk.ac.id/index.php/manajemenbudaya/article/view/608/385
Surokim, & Wahyudi, M. (2013). Strategi Jitu Memenangkan Persaingan dan Merebut Pemirsa TV. UTM Press.
Utomo, Juwita Albela, N., Alparuq, P., & Takari, Z. D. (2022). Peran Supervisi Terhadap Prestasi Peserta Didik. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 4(3), 100–107. https://doi.org/10.52005/belaindika.v4i3.106
Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Dinata, Z. P., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur kualitas pendidikan di Indonesia. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 1(1), 18–22. https://doi.org/10.69966/mjemias.v1i1.3
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.
Yahya, Agustin, R., & Makhsura, S. (2024). Supervisi Pengajaran Di Sekolah. Jurnal Niara, 16(3), 484–494. https://doi.org/10.31849/niara.v16i3.17270
Yohanda, R. (2020). Metode Studi Kasus: Upaya-Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 14 Pekanbaru. Kordinat, 9(1), 113–130.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v12i2.17336
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Wahana Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Indexing: