Aktualisasi Model Supervisi dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SMKN 1 Garut

Hanafiah Hanafiah, Yogi Sudrajat, Dan Artadinan, Dan Artadinan

Abstract


Hakikat manajemen sekolah adalah menciptakan lingkungan pendidikan yang memudahkan tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Mempertahankan mutu pembelajaran memerlukan fokus yang teratur pada perbaikan dan peningkatan mutu pembelajaran. Supervisi mempunyai dampak yang sangat positif terhadap profesionalisme guru sekolah dan oleh karena itu dinilai mempunyai dampak yang signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menganalisis model supervisi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMKN 1 Garut; dan 2) Mendeskripsikan tahapan supervisi yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SMKN 1 Garut. Jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dan kualitatif. Indikator yang dibahas dalam penelitian ini antara lain: 1) Prinsip kurikulum mandiri yang berkaitan dengan standar nasional pendidikan; 2) Motivasi guru dalam mengajar; 3) Pelaksanaan supervisi. Berdasarkan hasil penelitian, supervisi pendidikan SMKN 1 Garut telah terkelola dengan baik. Pendampingan rekan sejawat dalam kelompok mata pelajaran meningkatkan kemampuan berpikir dan kreativitas guru dalam mengajar, di samping peran guru dalam memberikan dukungan yang mendorong peningkatan mutu pengajaran. Tindak lanjut hasil pengajaran oleh kepala sekolah pun tidak hanya membantu guru dalam mengajar, tetapi juga menyelenggarakan pelatihan dan lokakarya untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru.

Keywords


Educational Supervision, Quality of education, Quality of learning

References


Abdillah, F., Manurung, M. A. P., Hafizah, C. V., Anisa, D., Maysarah, N. S., Ningsih, S. R., & Nasution, I. (2022). Pentingnya Supervisi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kepemilikan, 16(2), 55–59. https://doi.org/10.30595/jkp.v16i2.13717

Ahmadi, & Sofyan, H. (2023). Upaya Peningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Persiapan Mengajar Guru. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(01), 50–58.

Alawyah, K., Aulia, F., Husni, I. N., Jalinus, N., & Waskito. (2024). Problematika Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMK Negeri 1 Sungai Limau. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(1), 1–6.

Alica, Lestari, L., Amartya, B., Edi, J., & Iasha, V. (2024). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar Melalui Evaluasi yang Efektif. Pediaqu:Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(2), 1705–1709.

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(1), 1–9.

Budiyanto, & Haryati, T. (2023). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 4(1), 31–38.

Damiati, M., Junaedi, N., & Asbari, M. (2024). Prinsip Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 11–17.

Darsyah, S. (2023). Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran Dalam Pendidikan Syukron. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 857–861.

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.

Hadi, A., Barowi, Nasuka, M., & Munasir. (2019). Manajemen Supervisi Teman Sejawat Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Ma Nu Banat Kudus. Jurnal Intelegensia, 7(2). Diambil kembali dari chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://ejournal.unisnu.ac.id/JI/article/viewFile/1279/pdf

Hasan, M. ., & Aziz, A. (2023). Kontribusi Pendidikan Islam dalam Pengembangan Sosial Emosional Peserta Didik di MTs Salafiyah Syafiiyah Tebuireng Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 3(2), 143–159.

Manik, Y. M., & Tambunan, J. O. (2019). Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sd 030425 Simerpara Kabupaten Pakpak Bharat. Jurnal Akuntansi Dan Pembelajaran, 8(3), 116–129. https://doi.org/10.31100/dikdas.v2i2.448

Miles, M. ., Huberman, A. ., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohodi, UI-Press. USA: Sage Publications.

Nisa, S. K., Yoenanto, N. H., & Nawangsari, N. A. F. (2023). Hambatan dan Solusi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jenjang Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 287–298.

Nugroho, A. M. (2020). Jurus Peneliti, Cendekiawan, Pakar Di Era Milenia: Olah-Latih Status, Lokus, Fokus, Modus Dan Novus. Prosiding Seminar Nasional Pakar Ke-3, 1.0.1-1.0.11. https://doi.org/10.25105/pakar.v0i0.6767

Ramadhani, I. S., Febriani, F., Rizqa, M., & Fitri, I. (2024). Pentingnya Supervisi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6), 1–13.

Rengkuan, N. H. ., Liando, D. M., & Monintja, D. K. (2023). Efektifitas Kinerja Pemerintah Dalam Progam Reaksi Respon Realief Daerah (R3D) di Kabupaten Minahasa. Jurnal Governance, 3(1), 1–11.

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Bandung: Penerbit Pustaka Ramadhan.

Siahaan, A., Akmalia, R., Ray, A. U. M., Sembiring, A. W., & Yunita, E. (2023). Upaya Meningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. Journal on Education, 5(3), 6933–6940. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1480

Supatah, Muhammad, Fitriani, M. I., & Safinah. (2024). Implementasi Supervisi Peer To Peerdalam Mengembangkan Kompetensi Guru. Jurnal Manajemen dan Budaya, 4(2). Diambil kembali dari https://journal.staidk.ac.id/index.php/manajemenbudaya/article/view/608/385

Surokim, & Wahyudi, M. (2013). Strategi Jitu Memenangkan Persaingan dan Merebut Pemirsa TV. UTM Press.

Utomo, Juwita Albela, N., Alparuq, P., & Takari, Z. D. (2022). Peran Supervisi Terhadap Prestasi Peserta Didik. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 4(3), 100–107. https://doi.org/10.52005/belaindika.v4i3.106

Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Dinata, Z. P., Fitoriq, M., & Hasyim, M. N. (2022). Mengukur kualitas pendidikan di Indonesia. Ma’arif Journal of Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 1(1), 18–22. https://doi.org/10.69966/mjemias.v1i1.3

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.

Yahya, Agustin, R., & Makhsura, S. (2024). Supervisi Pengajaran Di Sekolah. Jurnal Niara, 16(3), 484–494. https://doi.org/10.31849/niara.v16i3.17270

Yohanda, R. (2020). Metode Studi Kasus: Upaya-Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 14 Pekanbaru. Kordinat, 9(1), 113–130.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v12i2.17336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: