Problematika Berpikir Kritis pada Materi Trigonometri berdasarkan dari Tingkat Math anxiet
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ashcraft, M. H., Krause, J. A., & Hopko, D. R. (2007). Is math anxiety a mathematical learning disability? Berch, Daniel B.; Mazzocco, Michèle M, April, M. (2007). Why is math so hard for some children?
Anjasari, T., Antika, H. N., & Kohar, A. W. (2022). How does Math Anxiety affect Students ’ Problem Solving Ability ? A case of Ill Structured Problem Mathematics Problem. 3(2), 98–113.
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748
Beilock, S. L., & Maloney, E. A. (2015). Math Anxiety: A Factor in Math Achievement Not to Be Ignored. Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences, 2(1), 4–12. https://doi.org/10.1177/2372732215601438
Facione, P. A. (2020). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts.
Guo, S., & Liao, S. (2022). The Role of Opportunity to Learn on Student Mathematics Anxiety , Problem-Solving Performance , and Mathematics Performance. Frontiers in Psychology, 13(February), 1–15. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.829032
Hadi, F. Z., Fathurrohman, M., & Hadi FS, C. A. (2020). Matematis Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. 2(1), 59–72.
Izzati, G. N., Waluya, S. B., & Mastur, Z. (2021). Kemampuan Berpikir Divergen Ditinjau Dari Math Anxiety Dan Gender Pada Pembelajaran Matematika. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 69–78. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i2.583
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Hubungan antara Berpikir Kritis dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1), 1–10. http://eprints.umpo.ac.id/6226/
Lasdianto, J. R., & Abadi, A. P. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Kecemasan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 88–102.
Palinkas, L.A., Horwitz, S. M., Green, C. A., Wisdom, J.P., Duan,N., & Hoagwood., K.(2015). Purposeful Sampling for Qualitative Data Collection and Analysis in Mixed Method Implementation Research. Administration and Policy in Mental Health and Mental Health Implementation Research, 42(5), 533-544. https://doi.org/10.1007/s10488-013-0528-y
Richardson, F. C., & Suinn, R. M. (1972). The Mathematics Anxiety Rating Scale (MARS). Journal of Counseling Psychology, 19(6), 551-554. https://doi.org/10.1037/h0033456
Rohmah, N. Z., & Mashuri. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Kecemasan Matematis pada Model Brain-Based Learning Berbantuan Smart Card. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 375–380.
Sagala, K., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2024). Tantangan Pendidikan karakter di era digital. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 6(01), 1–8. https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1006
Samosir, C. M., & Dasari, D. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematiah dasar. JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 8(1), 99–105. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i1.4305
Subaedah, S. (2022). Pengaruh Kecemasan Dan Sikap Siswa Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Aritmatika Sosial Siswa Kelas Vii Smp Dikecamatan Burau. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1610
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.
Tasya, D., Nurul, H., & Prasetyo, R. (2023). Kecemasan matematika dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Matematika dan Sains Pendidikan, 8(4), 220-235
Tasya, E. L., Hafiz, M., & Musyrifah, E. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri Ditinjau Dari Kecemasan Matematisnya. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 9(2), 207. https://doi.org/10.24853/fbc.9.2.207-218
Yunianto, T., Rahayu, F., & Sugiarto, D. (2023). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan daya saing lulusan. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 15(2), 189-204
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v12i2.18359
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Wahana Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Indexing: