Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
A$mina$h, S. (2022). Penga$ru$h Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h terha$da$p Kema$mpu$a$n Meta$kognisi Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n Ma$tema$tika$, 35(2), 111-123.
A$na$nda$, D., & Mu$lha$ma$h, S. (2023). Penera$pa$n Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h da$la$m Meningka$tka$n Kema$mpu$a$n Pemeca$ha$n Ma$sa$la$h da$n Berpikir Kritis Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n Inova$si, 41(3), 203-215.
Azura, D., Nisa, S., & Suriani, A. (2024). Studi Literatur: Implementasi Model Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 267-281.
Bu$di, R. (2024). Efektivita$s Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h da$la$m Meningka$tka$n Ketera$mpila$n Berpikir Kritis Siswa$. Ju$rna$l Penga$ja$ra$n da$n Pembela$ja$ra$n, 50(1), 50-62.
Bu$dia$rti, F. (2024). Pengemba$nga$n Ketera$mpila$n Berpikir Kritis Siswa$ da$la$m Pendidika$n Ma$tema$tika$ di Era$ Globa$lisa$si. Ju$rna$l Pendidika$n Ma$tema$tika$ Indonesia$, 42(1), 1-15.
Chrisdiya$nto, D., & Ha$mdi, H. (2023). Model Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h u$ntu$k Meningka$tka$n Kema$mpu$a$n Berpikir Kritis da$n Kema$ndiria$n Bela$ja$r Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n Indonesia$, 49(1), 87-98.
Depdikna$s. (2006). U$nda$ng-U$nda$ng No. 20 Ta$hu$n 2003 tenta$ng Sistem Pendidika$n Na$siona$l. Ja$ka$rta$: Depdikna$s.
Fa$tima$h, A$. (2023). Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h da$n Penga$ru$hnya$ terha$da$p Pema$ha$ma$n Siswa$ da$la$m Ma$tema$tika$. Ju$rna$l Pendidika$n Ma$tema$tika$, 37(2), 142-155.
Fa$u$zi, M. (2023). Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h da$n Da$mpa$knya$ terha$da$p Kema$mpu$a$n Kognitif Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n da$n Pembela$ja$ra$n, 45(4), 233-246.
Firda$u$s, M. (2021). Eva$lu$a$si Pembela$ja$ra$n Konvensiona$l da$la$m Mengemba$ngka$n Kema$mpu$a$n Berpikir Kritis Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n, 27(3), 177-189.
Hida$ya$t, A$. (2021). Tu$ju$a$n Pendidika$n da$la$m Meningka$tka$n Ku$a$lita$s Su$mber Da$ya$ Ma$nu$sia$. Ju$rna$l Pendidika$n Indonesia$, 38(2), 65-76.
Hida$ya$t, N., & Fitria$, D. (2023). Konstru$ktivisme da$la$m Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h. Ju$rna$l Teori da$n Pra$ktik Pendidika$n, 41(1), 28-40.
Hu$da$, M., & Ra$hma$n, S. (2020). Ta$nta$nga$n da$la$m Pembela$ja$ra$n Ma$tema$tika$ di Sekola$h Da$sa$r. Ju$rna$l Pendidika$n Da$sa$r, 42(3), 205-218.
Isla$hiya$h, D., Wu$la$nsa$ri, I., & Pra$ta$ma$, M. (2021). Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h da$la$m Meningka$tka$n Ketera$mpila$n Sosia$l da$n Kerja$ Sa$ma$ Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n Sosia$l, 56(3), 105-117.
Ku$rnia$wa$ti, E., & Pra$wira$, M. (2023). Penga$ru$h Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h terha$da$p Ketera$mpila$n Pemeca$ha$n Ma$sa$la$h da$n Ketera$mpila$n Sosia$l. Ju$rna$l Pendidika$n Ma$tema$tika$, 36(4), 198-210.
Kusuma, R. N., Insani, Z. N., Pratiwi, W. Y., & Ali, M. (2025). Penerapan Teori Belajar Sosial Vygotsky dalam Strategi Guru Kurikulum Cambridge Mata Pelajaran Matematika pada Tingkat SMP. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 11(7. B), 144-155.
Latifah, L., & Pratiwi, C. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Profil Pelajar Pancasila melalui Focus Group Discussion (FGD) Pada Kegiatan Kokurikuler. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 8(1), 151-158.
Ma$u$la$na$, N. (2022). Model Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h u$ntu$k Meningka$tka$n Krea$tivita$s Siswa$ da$la$m Pembela$ja$ra$n Ma$tema$tika$. Ju$rna$l Pendidika$n da$n Pembela$ja$ra$n, 34(2), 89-101.
Nu$groho, Y. (2023). Pengemba$nga$n Kema$mpu$a$n Berpikir Kritis da$la$m Pembela$ja$ra$n Ma$tema$tika$. Ju$rna$l Pendidika$n Ma$tema$tika$ Indonesia$, 43(2), 22-35.
PISA$. (2023). Ha$sil Eva$lu$a$si Pendidika$n Indonesia$ da$la$m Litera$si Ma$tema$tika$: La$pora$n PISA$ 2023. Ja$ka$rta$: OECD.
Pra$setyo, B., & Wira$wa$n, S. (2024). Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h da$la$m Pendidika$n Ma$tema$tika$ di Sekola$h Da$sa$r. Ju$rna$l Pendidika$n Indonesia$, 48(1), 119-132.
Pra$ta$ma$, R. (2023). Model Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h da$n Peningka$ta$n Kema$mpu$a$n Berpikir Kritis Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n da$n Teknologi, 42(1), 77-89.
Ra$hma$t, F. (2024). Penera$pa$n Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h u$ntu$k Meningka$tka$n Kema$mpu$a$n Pemeca$ha$n Ma$sa$la$h Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n, 29(2), 56-69.
Rendi, R., Marni, M., Neonane, T., & Lawalata, M. (2024). Peran Logika Dalam Berfikir Kritis Untuk Membangun Kemampuan Memahami Dan Menginterpretasi Informasi. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 2(2), 82-98.
Rini, S. (2024). Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h da$la$m Meningka$tka$n Kema$mpu$a$n Berpikir Kritis da$n Krea$tivita$s Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n Ma$tema$tika$, 41(3), 202-215.
Robbani, H. (2025). Pengembangan keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis masalah. ABDUSSALAM: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Islam, 1(1), 79-85.
Sa$pu$tra$, R. (2022). Mengemba$ngka$n Ketera$mpila$n Berpikir Tingka$t Tinggi da$la$m Pembela$ja$ra$n Ma$tema$tika$. Ju$rna$l Pendidika$n Ma$tema$tika$, 39(2), 101-113.
Salsabila, Y. R., & Muqowim, M. (2024). Korelasi antara teori belajar konstruktivisme lev vygotsky dengan model pembelajaran problem based learning (pbl). LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 813-827.
Su$la$ima$n, A$. (2023). Meta$kognisi da$la$m Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h di Sekola$h Da$sa$r. Ju$rna$l Pendidika$n da$n Psikologi, 34(4), 218-230.
Su$rya$ni, D. (2022). Pendidika$n da$la$m Meningka$tka$n Ku$a$lita$s Su$mber Da$ya$ Ma$nu$sia$. Ju$rna$l Pendidika$n da$n Pengemba$nga$n SDM, 19(2), 34-47.
Su$sa$nti, R., & Ha$mza$h, S. (2023). Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h u$ntu$k Meningka$tka$n Kema$mpu$a$n Berpikir Kritis da$n Krea$tivita$s Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n Inova$si, 32(1), 143-155.
U$ta$mi, D. (2022). Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h da$la$m Mengemba$ngka$n Kema$mpu$a$n Berpikir Kritis Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n Ma$tema$tika$, 40(2), 108-120.
Widya$stu$ti, L. (2022). Pembela$ja$ra$n Konvensiona$l da$n Penga$ru$hnya$ terha$da$p Kema$mpu$a$n Berpikir Kritis Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n Sekola$h Da$sa$r, 24(3), 145-157.
Wu$la$nsa$ri, A$. (2022). Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h da$la$m Meningka$tka$n Ketera$mpila$n Sosia$l da$n Kerja$ Sa$ma$. Ju$rna$l Pendidika$n, 37(4), 134-145.
Wulansari, I., Maharani, S., & Laila, D. J. (2024). Penerapan Model Problem-Based Learning (Pbl) Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Integrasi Budaya Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(6), 7752-7762.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v12i2.18789
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Wahana Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Indexing: