Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Ni Putu Sukartini, Nengah Bawa Atmadja, Ni Nyoman Lisna Handayani

Abstract


Penelitia$n ini bertu$ju$a$n u$ntu$k mengeta$hu$i perbeda$a$n penga$ru$h a$nta$ra$ model pembela$ja$ra$n berba$sis ma$sa$la$h terha$da$p kema$mpu$a$n berpikir kritis ma$tema$tika$ pa$da$ siswa. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain post test only control group design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis. Su$bjek penelitia$n meliba$tka$n siswa$ kela$s IV da$ri Gu$gu$s III Keca$ma$ta$n Ku$bu$ta$mba$ha$n. Seba$nya$k 30 siswa$ da$ri SD Negeri 1 Bengka$la$ da$n SD Negeri 2 Bengka$la$ berpera$n seba$ga$i kelompok eksperimen, sementa$ra$ 29 siswa$ da$ri SD Negeri 1 Bila$ da$n SD Negeri 2 Bila$ berpera$n seba$ga$i kelompok kontrol. Penelitia$n ini menggu$na$ka$n desa$in ku$a$ntita$tif denga$n pendeka$ta$n post test only control grou$p design. Seba$ga$i a$la$t u$ku$r, tes kema$mpu$a$n berpikir kritis ma$tema$tika$ diberika$n setela$h penera$pa$n model pembela$ja$ra$n berba$sis ma$sa$la$h da$n model konvensiona$l. A$na$lisis da$ta$ dila$ku$ka$n menggu$na$ka$n sta$tistik deskriptif. U$ntu$k mengu$ji norma$lita$s, digu$na$ka$n Kolmogorov-Smirnov Test, seda$ngka$n u$ji homogenita$s dila$ku$ka$n mela$lu$i Va$ria$nce Homogeneity Test. U$ji A$NOVA$ digu$na$ka$n u$ntu$k menga$na$lisis signifika$nsi sta$tistik denga$n menggu$na$ka$n pera$ngka$t lu$na$k SPSS versi 29.0 for MA$C. Ha$sil penelitia$n menu$nju$kka$n nila$i F = 181,360 da$n nila$i signifika$nsi du$a$ sisi (2-ta$iled) lebih kecil da$ri 0,05, ya$ng menu$nju$kka$n a$da$nya$ perbeda$a$n signifika$n da$la$m kema$mpu$a$n berpikir kritis ma$tema$tika$ a$nta$ra$ kela$s ya$ng menggu$na$ka$n model pembela$ja$ra$n berba$sis ma$sa$la$h da$n kela$s ya$ng menggu$na$ka$n pembela$ja$ra$n konvensiona$l di kela$s IV Gu$gu$s III Keca$ma$ta$n Ku$bu$ta$mba$ha$n.

Keywords


Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis, Matematika

References


A$mina$h, S. (2022). Penga$ru$h Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h terha$da$p Kema$mpu$a$n Meta$kognisi Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n Ma$tema$tika$, 35(2), 111-123.

A$na$nda$, D., & Mu$lha$ma$h, S. (2023). Penera$pa$n Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h da$la$m Meningka$tka$n Kema$mpu$a$n Pemeca$ha$n Ma$sa$la$h da$n Berpikir Kritis Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n Inova$si, 41(3), 203-215.

Azura, D., Nisa, S., & Suriani, A. (2024). Studi Literatur: Implementasi Model Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 267-281.

Bu$di, R. (2024). Efektivita$s Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h da$la$m Meningka$tka$n Ketera$mpila$n Berpikir Kritis Siswa$. Ju$rna$l Penga$ja$ra$n da$n Pembela$ja$ra$n, 50(1), 50-62.

Bu$dia$rti, F. (2024). Pengemba$nga$n Ketera$mpila$n Berpikir Kritis Siswa$ da$la$m Pendidika$n Ma$tema$tika$ di Era$ Globa$lisa$si. Ju$rna$l Pendidika$n Ma$tema$tika$ Indonesia$, 42(1), 1-15.

Chrisdiya$nto, D., & Ha$mdi, H. (2023). Model Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h u$ntu$k Meningka$tka$n Kema$mpu$a$n Berpikir Kritis da$n Kema$ndiria$n Bela$ja$r Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n Indonesia$, 49(1), 87-98.

Depdikna$s. (2006). U$nda$ng-U$nda$ng No. 20 Ta$hu$n 2003 tenta$ng Sistem Pendidika$n Na$siona$l. Ja$ka$rta$: Depdikna$s.

Fa$tima$h, A$. (2023). Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h da$n Penga$ru$hnya$ terha$da$p Pema$ha$ma$n Siswa$ da$la$m Ma$tema$tika$. Ju$rna$l Pendidika$n Ma$tema$tika$, 37(2), 142-155.

Fa$u$zi, M. (2023). Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h da$n Da$mpa$knya$ terha$da$p Kema$mpu$a$n Kognitif Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n da$n Pembela$ja$ra$n, 45(4), 233-246.

Firda$u$s, M. (2021). Eva$lu$a$si Pembela$ja$ra$n Konvensiona$l da$la$m Mengemba$ngka$n Kema$mpu$a$n Berpikir Kritis Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n, 27(3), 177-189.

Hida$ya$t, A$. (2021). Tu$ju$a$n Pendidika$n da$la$m Meningka$tka$n Ku$a$lita$s Su$mber Da$ya$ Ma$nu$sia$. Ju$rna$l Pendidika$n Indonesia$, 38(2), 65-76.

Hida$ya$t, N., & Fitria$, D. (2023). Konstru$ktivisme da$la$m Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h. Ju$rna$l Teori da$n Pra$ktik Pendidika$n, 41(1), 28-40.

Hu$da$, M., & Ra$hma$n, S. (2020). Ta$nta$nga$n da$la$m Pembela$ja$ra$n Ma$tema$tika$ di Sekola$h Da$sa$r. Ju$rna$l Pendidika$n Da$sa$r, 42(3), 205-218.

Isla$hiya$h, D., Wu$la$nsa$ri, I., & Pra$ta$ma$, M. (2021). Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h da$la$m Meningka$tka$n Ketera$mpila$n Sosia$l da$n Kerja$ Sa$ma$ Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n Sosia$l, 56(3), 105-117.

Ku$rnia$wa$ti, E., & Pra$wira$, M. (2023). Penga$ru$h Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h terha$da$p Ketera$mpila$n Pemeca$ha$n Ma$sa$la$h da$n Ketera$mpila$n Sosia$l. Ju$rna$l Pendidika$n Ma$tema$tika$, 36(4), 198-210.

Kusuma, R. N., Insani, Z. N., Pratiwi, W. Y., & Ali, M. (2025). Penerapan Teori Belajar Sosial Vygotsky dalam Strategi Guru Kurikulum Cambridge Mata Pelajaran Matematika pada Tingkat SMP. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 11(7. B), 144-155.

Latifah, L., & Pratiwi, C. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Profil Pelajar Pancasila melalui Focus Group Discussion (FGD) Pada Kegiatan Kokurikuler. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 8(1), 151-158.

Ma$u$la$na$, N. (2022). Model Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h u$ntu$k Meningka$tka$n Krea$tivita$s Siswa$ da$la$m Pembela$ja$ra$n Ma$tema$tika$. Ju$rna$l Pendidika$n da$n Pembela$ja$ra$n, 34(2), 89-101.

Nu$groho, Y. (2023). Pengemba$nga$n Kema$mpu$a$n Berpikir Kritis da$la$m Pembela$ja$ra$n Ma$tema$tika$. Ju$rna$l Pendidika$n Ma$tema$tika$ Indonesia$, 43(2), 22-35.

PISA$. (2023). Ha$sil Eva$lu$a$si Pendidika$n Indonesia$ da$la$m Litera$si Ma$tema$tika$: La$pora$n PISA$ 2023. Ja$ka$rta$: OECD.

Pra$setyo, B., & Wira$wa$n, S. (2024). Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h da$la$m Pendidika$n Ma$tema$tika$ di Sekola$h Da$sa$r. Ju$rna$l Pendidika$n Indonesia$, 48(1), 119-132.

Pra$ta$ma$, R. (2023). Model Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h da$n Peningka$ta$n Kema$mpu$a$n Berpikir Kritis Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n da$n Teknologi, 42(1), 77-89.

Ra$hma$t, F. (2024). Penera$pa$n Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h u$ntu$k Meningka$tka$n Kema$mpu$a$n Pemeca$ha$n Ma$sa$la$h Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n, 29(2), 56-69.

Rendi, R., Marni, M., Neonane, T., & Lawalata, M. (2024). Peran Logika Dalam Berfikir Kritis Untuk Membangun Kemampuan Memahami Dan Menginterpretasi Informasi. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 2(2), 82-98.

Rini, S. (2024). Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h da$la$m Meningka$tka$n Kema$mpu$a$n Berpikir Kritis da$n Krea$tivita$s Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n Ma$tema$tika$, 41(3), 202-215.

Robbani, H. (2025). Pengembangan keterampilan berpikir kritis melalui pembelajaran berbasis masalah. ABDUSSALAM: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Islam, 1(1), 79-85.

Sa$pu$tra$, R. (2022). Mengemba$ngka$n Ketera$mpila$n Berpikir Tingka$t Tinggi da$la$m Pembela$ja$ra$n Ma$tema$tika$. Ju$rna$l Pendidika$n Ma$tema$tika$, 39(2), 101-113.

Salsabila, Y. R., & Muqowim, M. (2024). Korelasi antara teori belajar konstruktivisme lev vygotsky dengan model pembelajaran problem based learning (pbl). LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 813-827.

Su$la$ima$n, A$. (2023). Meta$kognisi da$la$m Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h di Sekola$h Da$sa$r. Ju$rna$l Pendidika$n da$n Psikologi, 34(4), 218-230.

Su$rya$ni, D. (2022). Pendidika$n da$la$m Meningka$tka$n Ku$a$lita$s Su$mber Da$ya$ Ma$nu$sia$. Ju$rna$l Pendidika$n da$n Pengemba$nga$n SDM, 19(2), 34-47.

Su$sa$nti, R., & Ha$mza$h, S. (2023). Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h u$ntu$k Meningka$tka$n Kema$mpu$a$n Berpikir Kritis da$n Krea$tivita$s Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n Inova$si, 32(1), 143-155.

U$ta$mi, D. (2022). Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h da$la$m Mengemba$ngka$n Kema$mpu$a$n Berpikir Kritis Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n Ma$tema$tika$, 40(2), 108-120.

Widya$stu$ti, L. (2022). Pembela$ja$ra$n Konvensiona$l da$n Penga$ru$hnya$ terha$da$p Kema$mpu$a$n Berpikir Kritis Siswa$. Ju$rna$l Pendidika$n Sekola$h Da$sa$r, 24(3), 145-157.

Wu$la$nsa$ri, A$. (2022). Pembela$ja$ra$n Berba$sis Ma$sa$la$h da$la$m Meningka$tka$n Ketera$mpila$n Sosia$l da$n Kerja$ Sa$ma$. Ju$rna$l Pendidika$n, 37(4), 134-145.

Wulansari, I., Maharani, S., & Laila, D. J. (2024). Penerapan Model Problem-Based Learning (Pbl) Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Integrasi Budaya Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(6), 7752-7762.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v12i2.18789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: