UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA KONSEP INTERNET DAN INTRANET MELALUI METODE KERJA KELOMPOK (Penelitian Tindakan Kelasdi Kelas VIII-E SMP Negeri 15 Tasikmalaya)

Tria Sugiarto

Abstract


Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya pembaharuan  dalam penigkatan kreativitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi di SMP sebagai respons semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Penelitian ini dilakukan  di SMP Negeri 15 Tasikmalaya dengan tiga siklus . Pada siklus pertama sebagian siswa  belum terbiasa dengan kondisi belajar metode kerja kelompok sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan kepada siswa  tentang  langkah-langkah  metode kerja kelompok. Di pihak lain guru sebagai kolaborator dalam PTK ini belum maksimal dalam mengimplementasikan pembelajaran dengan metode kerja kelompok. Dalam siklus ke dua guru  (kolaborator) dan siswa sudah memahami implementasi pembelajaran metode kerja kelompok dan menunjukan hasil yang cukup memuaskan.Hal ini dapat di lihat dari hasil observasi terhadap guru (kolaborator) dan siswa mulai terbiasa menciptakan suasana pembelajaran  yang mengarah kepada metode kerja kelompok dari hasil observasi aktivitas guru dalam pembelajaran meningkat dari 52,27% pada siklus kesatu menjadi 81,81% pada siklus kedua  dan 91% pada siklus ketiga begitu juga dengan aktivitas siwadari 61,45 pada siklus kesatu menjadi 79,88% pada siklus kedua  dan 84,37% pada siklus ketiga. Sementara itu hasil ulangan harian kelompok juga meningkat yaitudari 62 pada siklus kesatu menjadi 78 pada siklus kedua  dan 82,50% pada siklus ketiga. Dari hasil pelaksanaan PTK siklus pertama, kedua dan ketiga dapat disimpulkan  bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode kerja kelompok dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar  mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi pada konsep internet dan intranet kelas VIII-E di SMP Negeri 15 Tasikmalaya.

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. (2004). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Dahar, Ratna Willis. (1996). Teori-teori belajar. Jakarta : Erlangga.

Hasibuan,Moedjiono (1999) Proses Belajar Mengajar, Bandung:PT. Remaja Rosda Karya.

Kunandar (2006) Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Purwanto, Ngalim. (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Sagala, Syaiful. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

------------------ (1989) Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT Sinar Baru Algesindo

Syah, Muhibbin. (2006). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v6i1.2037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL WAHANA PENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: