PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI INTERAKSI ANTARRUANG NEGARA-NEGARA DI BENUA ASIA DI KELAS IX.A SMPIT ISHLAHUL UMMAH TASIKMALAYA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdul Azis Wahab, M.A. (2017). Metode dan Model-Model Mengajar IPS. Bandung : Alfa Beta
Arikunto, Suharsimi. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research-CAR). Dalam Arikunto, Suharsimi dkk. (Eds). Penelitian Tindakan Kelas (hlm. 1-41). Jakarta:Bumi Aksara.
Depdiknas a.2018. Pengembangan Model Pembelajaran CTL SMP. (CD KTSP SMP). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP Depdiknas.
Permendiknas No.22 Tahun 2016 tentang Standar Proses
Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran, Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (2015) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhibbin. (2013) Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Shevin, Mara Saphon, Barbara J. Ayres, dan Janet Duncan.2011. Cooperative Learning and Inclusion. [Online] 15 September 2018. . Diakses 23 September 2018.
Sudrajat,Akhmad.2018. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. [Online] 12 September 2018. http://akhmadsudrajat.wordpress.com. Diakses tanggal 14 September 2018.
Http: http://edtech.kennesaw.edu/intech/cooperativelearning.htm diakses tanggal 5 September 2018
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v6i2.2970
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Wahana Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Indexing: