PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM BERMAIN PERAN MELALUI METODE SOSIODRAMA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII-A SMP Negeri 3 Tasikmalaya)
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Badudu, J. S, Sutan Mohammad Zain. (1996) Kamus Umum Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.
Basiran, (1999). Apakah yang Dituntut GBPP Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Depdikbud
Machfudz, Imam. (2000). Metode Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Komunikatif. Jurnal Bahasa dan Sastra UM
Nasution, S. (1986). Didaktik Dan Azas-Azas Mengajarkan. Bandung : CV Jemmars.
Fathurrohman, P. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Aditama.
Poerwadarminto, W. J. S. (1986). Teknik-teknik Belajar Mengajar. Bandung : Jenmars.
Ratna, Wilrs. D (1991). Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga.
Sadiman. A. (1993). Media Pendidikan, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Pusetkom Dikbud dan Raja Grapindo Persada.
Sagala, S. (2007). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Salamun, M. (2002). Strategi Pembelajaran Bahasa. Tesis. . Tidak diterbitkan
Subroto, S (2002). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudirman, dkk (1989). Ilmu Pendidikan : Kurikulum Program Pengajaran, Efek Intuksional Metode Mengajar, Media Pendidikan dan Evaluasi Hasil Belajar. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Sujana, N (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar baru Algen Sindu.
Suharyanto. (1999). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Yogyakarta: Depdikbud
Syah, M. (1995). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan, Jakarta : Remaja Rosdakarya.
Tim Pelatih PGSM. (1999). PTK Penelitian. Jakarta : Depdikbud.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v6i2.2973
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Wahana Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Indexing: