PERANAN KESATUAN AKSI MAHASISWA INDONESIA DAN KESATUAN AKSI PELAJAR INDONESIA DALAM PROSES PERALIHAN KEPEMIMPINAN NASIONAL TAHUN 1965-1968

Terra Erlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan aksi mahasiswa indonesia dan kesatuan aksi pelajar indonesia dalam proses peralihan kepemimpinan nasional tahun 1965-1968. Perjuangan peranan aksi-aksi mahasiswa sebagai “pressure group” sangat besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian histori meliputi langkah-langkah sebagai berikut: (1). Heuristik (2). Kritik, (3). interpretasi (4). Historiografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Supersemar dan gerakan aksi mahasiswa telah membawa kemenangan bagi Orde Baru melalui proses konstitusional terhadap penyelewengan ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya.Kata Kunci : Aksi Mahasiswa, Peralihan KepemimpinanABSTRACTThis study aims to explain the actions of Indonesian students and the unity of Indonesian student action in the process of transitioning the national leadership in 1965-1968. In the struggle the role of student actions as a "pressure group" is very large. The method used in this research is historical research including the following steps: (1). Heuristics (2). Criticism, (3). interpretation (4). Historiography. The results showed that Supersemar and the student action movement had brought victory for the New Order through a constitutional process of ideological, political, economic, social and cultural distortion.Keywords: Student Action, Leadership Transition

Full Text:

PDF

References


Isharianto, R. (2003). Merancang Sejarah Gereja Yang Solider. Studia Philosophica et Theologica, 3(1), 45-54.

Labrousse, P. (1993). The Second Life of Bung Karno Analysis of the Myth (1978-1981). Indonesia, (57), 175-196.

Nasution AH, (1975). Tanya Jawab Mahasiswa Taruna. Jakarta

Robiyani, A. (2017). Perjuangan Mahasiswa Angkatan 66: Tuntutan Pembubaran Partai Komunis Indonesia (Pki). Tsaqofah, 15(2), 111-134.

Sardiman, S. (2015). Menakar Posisi Sejarah Indonesia pada Kurikulum 2013. ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 11(2).

Sarwono, S. W. (1978). Perbedaan antara pemimpin dan aktivis dalam gerakan protes mahasiswa. Bulan Bintang.

Virdianti, P. (2014). Proses Penetapan Garuda Pancasila Sebagai Lambang Negara Indonesia Tahun 1949-1951. Avatara, 2(2).

Wijayanti, Y. (2019). Nilai-Nilai Moral Dalam Naskah Amanat Galunggung Untuk Pendidikan Karakter. Jurnal Wahana Pendidikan, 5(4), 94-100.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v7i1.3253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: