CITRA PEREMPUAN JAWA DALAM NOVEL GARIS PEREMPUANKARYA SANIE B. KUNCORO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Alfi Nur Afidah, Tri Mulyono, Afsun Aulia Nirmala

Abstract


ABSTRACTThe purpose of this study was to describe the image of Javanese women contained in the novel Garis Perempuan by Sanie B. Kuncoro and the implications of learning the image of Javanese women "towards learning Indonesian in" high school. The research method used is a descriptive qualitative method. The data is identified based on the type of image of women, namely in physical aspects, psychological, in the family, and in society. Data collection techniques using literature review with data analysis using informal techniques. The results showed that the novel contained images of Javanese women depicted by Mbok Warsi, Yu Rah, Bunda Tawangsri, and Bunda Masari consisting of images of Javanese women in physical having beautiful faces, attractive appearance, and inexpensive smile. In the psychological of being patient, loyal, always thinking positive, thorough and diligent, and accepting. In families simple, strong and unyielding character, th spirit provides motivation, clever, and obedient. In society, as Javanese women who are obedient to the prevailing traditions or customs, have courtesy, and are generous. Implicate the results of research in the novel in learning Indonesian in high school class XII on enjoying novels with basic competencies 3.9 analyzing the content and language in the novel.Keywords:The image of Javanese Women, the Novel Garis Perempuan, the Implications of Language Learning.ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi citra perempuan Jawa yang terdapat dalam novel Garis Perempuan karya Sanie B. Kuncoro dan untuk mendeskripsi implikasi pembelajaran citra perempuan Jawa dalam novel Garis Perempuan terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data berupa novel Garis Perempuan karya Sanie B. Kuncoro dengan wujud data berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat. Wujud data diidentifikasi berdasarkan jenis citra perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kasian pustaka. Teknik analisis data menggunakan teknik informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Garis Perempuan terdapat citra perempuan Jawa yang terdiri dari citra perempuan Jawa dalam aspek fisik yang digambarkan oleh tokoh Mbok Warsi, Yu Rah, Bunda Tawangsri, dan Bunda Masari memiliki wajah yang cantik, berpenampilan menarik, dan murah senyum. Dalam aspek psikis memiliki sifat sabar, setia, berpikir positif, teliti dan rajin, serta menerima. Dalam keluarga memiliki karakter sederhana, kuat dan pantang menyerah, semangat memberikan motivasi, pandai, serta penurut. Dalam masyarakatsebagai perempuan Jawa yang patuh terhadap tradisi yang berlaku, memiliki sopan satun, dan dermawan. Implikasi hasil penelitian dalam novel Garis Perempuandapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XII pada materi menikmati novel kompetensi dasar 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan dalam novel.Kata Kunci: Citra Perempuan Jawa, Novel Garis Perempuan,Implikasi Pembelajaran Bahasa. 

Keywords


Citra Perempuan Jawa, Novel Garis Perempuan, Implikasi Pembelajaran Bahasa

Full Text:

PDF

References


Ariani, I. (2016). Feminisme dalam Pergelaran Wayang Kulit Purwa Tokoh Dewi Shinta, Dewi Kunti, Dewi Srikandi. Jurnal Demo, 26(2), 272-290.

Darwis, A., & Ismail, T. (2018). Citra Perempuan Dalam Iklan Sabun Media Elektronik (Kajian Feminisme). Makassar: Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Endraswara, S. (2016). Berpikir Posistif Orang Jawa. Yogyakarta: Pustaka Narasi.

Fitriani, N., & Sumartini, S. (2018). Citra Perempuan Jawa Dalam Novel Hati Sinden Karya Dwi Rahyuningsih: Kajian Feminisme Liberal. Jurnal Sastra Indonesia, 7(1), 62-72.

Nirmala, A. A. (2009). Naskah drama sampek engtay karya n. riantiarno dan romeo juliet karya William shakespeare (tinjauan intertekstualitas, kajian feminisme, dan nilai edukatif) (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Ratna, N. K. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Repelita, T. (2020). “Efektifitas Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Memanfaatkan Metode Pembelajaran Drill (Latihan)”. Jurnal Wahana Pendidikan. 7 (1), 71-76. Online. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/jwp/article/view/3240/2899.

Sari, D. R., La Ode Syukur, S. P., & Ino, L. (2018). Citra Perempuan Jawa Dalam Novel Pengakuan Pariyem: Dunia Batin Seorang Wanita Jawa Karya Linus Suryadi Ag. Cakrawala Listra: Jurnal Kajian Sastra, Bahasa, dan Budaya Indonesia, 1(1), 31-42.

Setiawan, A. (2018). “Perempuan Jawa Sarat Nilai-Nilai Budaya Jawa”. Online. https://tazkiaiibs.sch.id/blog/Agussetiawan/post/perempuan-jawa-sarat-nilai-nilai-budaya-jawa. Diunduh pada 14 Juli 2020.

Sugihastuti, I. H. S. (2010). Gender & Infeoritas Perempuan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugihastuti, S. (2016). Kritik Sastra Feminis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suharianto, S. (2009). Menuju Pembelajaran Sastra yang Apresiatif. Semarang: Bandungan Institute.

Suryadi, M. (2018). Karakter Perempuan Jawa Dalam Leksikon Jawa. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 13(3), 439-451.

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.

Yuniarti, E. S. (2018). Pendidikan Bagi Perempuan Jawa Pada Abad Ke 19. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 12(1), 30-38.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v7i2.3588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: