UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KALIMAT PASIF (PASSIVE VOICE) SISWA PADA BERBAGAI TENSES MELALUI METODE DRILL

Nana Setia Permana

Abstract


ABSTRACTThe purpose of this research is to describe the learning process through the drill method and determine the effectiveness of the method to improve students' understanding of class XI RPL 1 SMK Negeri 1 Pangandaran in the academic year 2017/2018 about passive voice at various tenses. The variable that is the target of change in this study is student understanding, while the action variable used in this study is the drill method. The form of this research is classroom action research which takes place in two cycles. Each cycle consists of 4 stages, namely planning, implementing actions, observing, and reflecting. The research subjects were students of class XI RPL 1 SMK Negeri 1 Pangandaran in the academic year 2017/2018, totaling 35 people. The data collection techniques used were observation and tests. The data analysis technique used is qualitative, which consists of three main stages, namely data reduction, data exposure, and conclusion drawing. The results of this study state that the drill method is proven to improve students' understanding of class XI RPL 1 SMK Negeri 1 Pangandaran in the academic year 2017/2018 about the review text. The results showed that there was an increase in the level of mastery of the material (class average value) by 13.2%. While the increase in the percentage of learning completeness was 74.3%. In addition, the drill method is proven to be able to improve the behavior of class XI RPL 1 students when the learning process takes place.Keyword: Student Understanding; Passive sentences; Drill MethodABSTRAKTujuan penelitian ini mendeskripsikan proses pembelajaran melalui metode drill dan mengetahui efektifitas metode untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas XI RPL 1 SMK Negeri 1 Pangandaran tahun pelajaran 2017/2018 tentang kalimat pasif (passive voice) pada berbagai tenses. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah pemahaman siswa sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode drill. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI RPL 1 SMK Negeri 1 Pangandaran tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kualitatif yang terdiri dari tiga tahap pokok, yaitu reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa metode drill terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas XI RPL 1 SMK Negeri 1 Pangandaran tahun pelajaran 2017/2018 tentang teks ulasan. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada peningkatan dalam tingkat penguasaan materi (nilai rata-rata kelas) sebesar 13,2%. Sedangkan peningkatan dalam persentase ketuntasan belajar sebesar 74,3%. Selain itu, metode drill terbukti dapat meningkatkan perilaku siswa kelas XI RPL 1 ketika proses pembelajaran berlangsung.Kata Kunci: Pemahaman Siswa; Kalimat Pasif; Metode Drill 

Keywords


Pemahaman Siswa; Kalimat Pasif; Metode Drill

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Armai, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Intermasa.

Hamid, F. A. (1987). Proses Belajar Mengajar Bahasa. Jakarta: PPLPTK Depdikbud.

Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP Press.

Marzuki. (2000). Metodelogi Riset fakultas Ekonomi UII Yogyakarta.

Mulyadi, T. K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Teks Transaksional Dan Interpersonal Melalui Metode Role Play (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IX-G SMP Negeri 20 Tasikmalaya. Jurnal Wahana Pendidikan, 6(1), 90-96.

Murni, W. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: UM Press.

Nana S. (1995). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Roestiyah, N. K. (2001). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Sudaryono. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana, N. (1995). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suriamiharja. (1997). Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Suwandi, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.

Suyatno. (2004). Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: Penerbit ISC

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan, H. G. (1989). Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa

Tarigan, H. G. (1991). Metodologi Pengajaran Bahasa 1. Bandung: Angkasa.

Zuchdi D. (2007). Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca. Yogyakarta : UNY Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v7i2.3612

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: