Abstract
ABSTRACTThe success of education in schools is strongly influenced by the quality of teachers. The purpose of this study is to improve the ability of teacher performance in the learning process and improve the professionalism of a teacher in carrying out their main tasks and functions through clinical supervision. This research is a school action research at SD Negeri Sukasari Kota Tasikmalaya in the 2018/2019 academic year. The data used to support this research are the preparation of lesson plans, implementation of teaching and learning activities, evaluation of student learning outcomes, observation sheets and supervision sheets. This research was conducted in two cycles with four stages, namely planning, implementing the action, observing, and reflecting. The results of the first cycle of 15 class teachers teaching ability especially mathematics subjects, namely 4 teachers or 26.67% in the satisfactory category, while 11 teachers or 73.33% were in the unsatisfactory category. These results were not as expected, so it was continued with cycle II. The results of the second cycle of teacher ability experienced a significant increase, namely 13 teachers or 86.67% including the satisfactory category and 2 teachers or 13.33% including the very satisfying category. The results of this data processing indicate that clinical supervision has a high enough effectiveness in improving teacher performance in learning.Keywords: teaching ability, professional teacher, clinical supervisionABSTRAKKeberhasilan pendidikan di sekolah sangat dipengaruhi oleh kualitas guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kinerja guru dalam proses pembelajaran dan meningkatkan keprofesionalan seorang guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya melalui supervisi klinis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah di SD Negeri Sukasari Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2018/2019. Data yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah penyusunan RPP (Rencana Persiapan Pembelajaran), pelaksanaan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), evaluasi hasil belajar siswa, lembar observasi dan lembar supervisi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan empat tahap dalam setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil siklus I dari 15 orang guru kelas kemampuan mengajar khususnya mata pelajaran matematika sudah mengalami peningkatan dari kondisi prasiklus yaitu sebanyak 4 orang guru atau 26,67% dalam kategori cukup memuaskan sedangkan 11 orang guru atau 73,33% dalam kategori kurang memuaskan. Hasil tersebut belum sesuai harapan sehingga dilanjutkan dengan siklus II. Hasil siklus kedua kemampuan guru mengalami peningkatan yang signifikan yaitu sebanyak 13 orang guru atau 86,67% termasuk kategori memuaskan dan 2 orang guru atau 13,33% termasuk kategori sangat memuaskan. Hasil pengolahan data tersebut menunjukkan bahwa supervisi klinis memiliki keefektifan yang cukup tinggi dalam meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran. Kata Kunci: kemampuan mengajar, guru profesional, supervisi klinis.
Keywords
kemampuan mengajar, guru profesional, supervisi klinis.
References
Acheson, K. A & Gall, M. D. (1980). Techniques In Clinical Supervision, Preservice and Inservice Applications. New York: Longman.
Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Ariyani, R. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Profesionalisme. Jurnal Al-Afkar. Vol 5 (1), p. 107-126.
Iriyani, D. (2008). Pengembangan Supervisi Klinis untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Guru. Jurnal Didaktika, Vol 2(2) p.278-285.
Nurcholiq, M. (2017). Supervisi Klinik. Jurnal Evaluasi. Vol 1 (1) P 1-25.
Olivia, P.F. (1993). Supervision of Today’s Schools. New York: Longman.
Purwanto, N. (2016). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sergiovanni, T.J. dan Starratt, R.J. (1993). Supervision A Redefinition. Fifth Edition. New York. Mc Graw Hill Inc.
Tanama et.al. (2016). Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. Vol 1 (11) p 2231-2235.
Uno, H.B. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
Windayana, H. (2012). Penelitian Tindakan Sekolah. Jurnal Eduhumaniora. Vol 4 (1).