PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SUKAMAJU KOTA TASIKMALAYA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR

Cucu Damanix

Abstract


ABSTRACTThis study aims to determine the speaking ability of fourth grade students of SD Negeri 2 Sukamaju Kota Tasikmalaya through the use of image media in learning. This research was conducted in the 2019/2020 school year with a sample of 29 students. The research method is classroom action research. Data collection through interviews, observation sheets, and tests. Based on the results of the study, there were significant changes in the students' speaking ability in each cycle. In the pre-cycle observation, only 3 students or 10.34% were categorized as quite fluent and proficient, daring to speak. Furthermore, in cycle I, 6 students or 20.68% were categorized as almost fluent and almost brave with sufficient voices. In the second cycle, 34.48% of the 10 students were categorized as almost fluent and brave with loud enough voices. At the end of the third cycle there were 15 students or 51.72% in the good category, 10 students or 34.48% in the enough category and 4 students or 13.79% in the poor category. The results showed that learning using image media helped and attracted students to speak in Indonesian which was applied by storytelling so as to improve students speaking skills.Keywords: speaking skills, image media, IndonesianABSTRAKPenelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 2 Sukamaju Kota Tasikmalaya melalui penggunaan media gambar dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2019/2020 dengan sampel sebanyak 29 orang siswa. Metode penelitian dengan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data melalui wawancara, lembar observasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perubahan signifikan kemampuan siswa dalam berbicara pada tiap siklus. Pada observasi prasiklus hanya 3 orang siswa atau 10,34% yang termasuk kategori cukup lancar dan cakap, berani untuk berbicara. Selanjutnya pada siklus I, 6 orang siswa atau 20,68% termasuk kategori hampir lancar dan hampir berani dengan suara cukup. Pada siklus II, 10 orang siswa 34,48% yang termasuk kategori hampir lancar dan berani dengan suara cukup keras. Diakhir siklus III mencapai 15 orang siswa atau 51,72% yang termasuk kategori baik, 10 orang siswa atau 34,48% kategori cukup dan 4 orang siswa atau 13,79% dalam kategori kurang. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan penggunaan media gambar membantu dan menarik minat siswa untuk berbicara dalam Bahasa Indonesia yang diaplikasikan dengan bercerita sehingga dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.Kata Kunci: berbicara, media gambar, Bahasa Indonesia

Keywords


kemampuan berbicara, media gambar, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi Vol 1 (1).

Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grofindo Persada.

Ibda, H dan Ahmadi, F. 2018. Media Literasi Sekolah (Teori dan Praktik). Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Kemmis, S and McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Deakin University

Pratiwi, et.al. (2013). Peningkatan Kemampuan Berbicara Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SD. Jurnal Khatulistiwa. Vol 2(12).

Putra, N.A. (2014). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Moahino Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Online Vol 2 (4).

Setyonegoro, A. (2013). Hakikat, Alasan, Dan Tujuan Berbicara (Dasar Pembangun Kemampuan Berbicara Mahasiswa). Jurnal: Pena. Volume 3 Nomor 1.

Suyanto, et. al. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Gambar Bergerak Dengan Gambar Diam. Jurnal Pembelajaran Fisika. Volume 5 Nomor 3.

Tarigan, D. 1997. Pengembangan Keterampilan Berbicara. Jakarta: Depdikbud.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v8i1.4601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: