SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA TEKA-TEKI SILANG PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Tati Heryati

Abstract


ABSTRACTThe low learning outcomes is a very crucial problem in learning, because learning it is the benchmarks of success in achieving learning objectives. Low learning outcomes are motivated by various factors including the selection of learning models with the right type to be used by educators. The purposes of this study are to find out the differences: 1) learning outcomes who apply the Snowball Throwing assisted by the crossword puzzle media on initial measurements (pretest¬) and posttest; 2) learning outcomes of students who apply the lecture method on pretest and posttest; and 3) improvement of learning outcomes students who apply the Snowball Throwing cooperative learning by crossword media with who apply the lecture method at the final measurement (posttest). The research method used is the Quasi Experimental and data analysis using the t test. The conclusion of this study is learning outcomes of students who apply Snowball Throwing type assisted by crossword puzzles are higher than who apply the lecture method.keywords: crosswords, learning outcomes, snowball throwing.        ABSTRAKRendahnya hasil belajar merupakan permasalahan yang sangat krusial dalam pembelajaran, karena hal tersebut merupakan indikator keberhasilan kegiatan pembelajaran. Rendahnya hasil belajar dapat dipacu oleh berbagai faktor salah satunya penggunaan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mngidentifikasi perbedaan: 1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Snowball Throwing berbantu media teka teki silang pada saat pretest¬ dan posttest; 2) Hasil belajar siswa yang menerapkan metode ceramah pada saat pretest dan posttest; dan 3) Peningkatan hasil belajar siswa yang menerapkan cooperative learning tipe Snowball Throwing berbantu media teka teki silang dengan yang menerapkan metode ceramah pada saat posttest. Penelitian menggunakan metode eksperimen dan analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan cooperative learning tipe Snowball Throwing berbantu media teka-teki silang lebih tinggi dibanding dengan yang menggunakan metode ceramah.Kata Kunci: hasil belajar, snowball throwing, Teka-Teki Silang    

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT.RajaGrafindo Persada

Sudjana, Nana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RRD. Bandung: Alfabeta.

Mukrimaa, Syifa S. 2014. 53 Metode Belajar dan Pembelajaran Plus Aplikasinya. Pendidikan Manajemen Bisnis. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Tersedia pada: https://www.slideshare.net/SyifaMukrimaa/53-metode-pembelajaran-ebook. Diakses pada tanggal 1 Desember 2019.

Nugroho, Wildan Abdi. 2017. Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar IPS Melalui Strategi Snowball Throwing Berbantu Media Teka-Teki Silang (Tts) Siswa Kelas Iv Sd Negeri 02 Karanggude. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhamadiyah Purwokerto. Purwokerto. Tersedia pada: http://repository.ump.ac.id/3919/. Diakses pada tanggal 16 November 2019.

Rosidah, Ani. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas Volume 3 Nomor 2 Edisi Juli 2017.

Rumiati, Eti. 2020. Penggunaan Metode Resitasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Terpadu tentang Letak Geografis dan Koordinat Negara Asean (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VIII-G SMPN 6 Tasikmalaya). Jurnal Wahana Pendidikan Volume 7 Nomor 2.

Wijaya, Devilia Sistantri. 2016. Penerapan Model Student Teams Achievement (STAD) dan Metode Ceramah Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung. Bandar Lampung. Tersedia pada: http://digilib.unila.ac.id/24230/19. Diakses pada tanggal 08 April 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v8i1.4983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: