MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KELOMPOK

Sriyanto Sriyanto

Abstract


ABSTRAKTujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran tentang peningkatakan kompetensi guru dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMK Negeri 1 Salatiga pada semester gasal tahun pelajaran 2020/ 2021. Metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yaitu penelitian yang dilakukan oleh Kepala Sekolah di sekolah tempat bertugas. Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Obyek sekaligus subyek penelitian  adalah  guru  SMK Negeri 1 Salatiga Kota Salatiga tahun pelajaran 2020/2021 berjumlah 78. Teknik analisis data digunakan analisis perbandingan, artinya data awal sebelum mulai penelitian menjadi dasar, dibandingkan dengan hasil siklus I kemudian disempurnakan pada siklus II. Dari seluruh siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa supervise kelompok  dapat dijelaskan bahwa: 1) Nilai rata-rata pra-siklus adalah 62. 2) Nilai rata-rata RPP pada siklus I mencapai 93. Pada siklus ke II nilai rata-rata RPP meningkat menjadi 97. Kompetensi guru dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dapat meningkat melalui kegiatan supervise kelompok di SMK Negeri 1 Salatiga Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021.Kata Kunci : supervisi kelompok, kompetensi guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)ABSTRACTThis study aims to determine the effect of group supervision on increasing teacher competence in the preparation of a Learning Implementation Plan (RPP) at SMK Negeri 1 Salatiga, Salatiga City, 2020/2021 Academic Year. The research approach method used was School Action Research (PTS), namely research conducted by the principal at the school where he served. This study used 2 cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing, and reflecting. The object and subject of the research were 78 teachers of SMK Negeri 1 Salatiga, City of Salatiga in the academic year 2020/2021. The data analysis technique used comparative analysis, meaning that the initial data before starting the study became the basis, compared to the results of cycle I then refined in cycle II. From all the cycles that have been carried out, it can be concluded that the group supervision can be explained that: 1) The pre-cycle average value is 62. 2) The average value of the RPP in cycle I reaches 93. In the second cycle the average value of the RPP increased to 97. It turns out that group supervision can improve teacher competence in preparing lesson plans at SMK Negeri 1 Salatiga, Salatiga City, 2020/2021 academic year.Keywords: group supervision, teacher competence, lesson plan (RPP)

Keywords


supervise kelompok, kompetensi guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Full Text:

PDF

References


Agung, S., Leo, & Wahyuni, S. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Aqib, Z. (2007). Profesionalosme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Dewi, Kurniawati Eni . 2009. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra Indonesia Dengan Pendekatan Tematis. Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Depdiknas. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Jakarta: Depdiknas.

Diat, P., Lantip, & Sudiyono. (2011). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Juni, P., Donni, & Somad, R. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Majis, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

M. Ngalim Perwanto. (2012). Supervisi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Mukhtar, & Iskandar. (2013). Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Referensi.

Mulyasa. (2011). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Rosda.

Mulyasa, E. (2011). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. 1985. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sahertian, P. (2000). Konsep Dasar dan Tehnik Supervisi Pendidikan dalam rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarsono, FX. (1999). Pengantar Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Suhardan, Dadang. (2010). Supervisi Profesional. Bandung: Alfabeta.

Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Sutisna, Oteng. (1983). Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Permendikbud RI No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Jakarta: Depdikbud.

______2012. Teknik-Teknik Supervisi Pendidikan (http://rifaty.blogspot.com/2012/10/teknik-teknik-supervisi-pendidikan.html diakses 14 Juli 2018).

_________,2012. Teknik-Teknik Supervisi Kelompok. (http://kanguut.blogspot.com/2012/05/teknik-teknik-supervisi-kelompok.html diakses 14 Juli 2018).

_________,Peraturan Pemerintah no 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

_____. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v8i1.4988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: