EFEKTIVITAS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PERMAINAN GOBAK SODOR TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL

Isna Daniyati Nursasih, Andang Rohendi, Terra Erlina

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauhmana efektivitas nilai-nilai karakter yang terkandung dalam permainan tradisional gobak sodor terhadap kecerdasan emosional. Permainan tradisional memuat banyak nilai-nilai karakter yang dibutuhkan untuk menjalani kehidupan sehari-hari dengan baik. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa jurusan Pendidikan Jasmani FKIP Universitas Galuh yang telah selesai mengikuti mata kuliah Pendidikan Luar Sekolah dan Olahraga Tradisional di semester 4. Metode kuantitatif dengan desain penelitian kuantitatif survey digunakan sebagai metode penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar 2 jenis kuesioner mengenai pengetahuan tentang nilai-nilai karakter pada permainan gobak sodor juga mengenai kecerdasan emosional. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa  secara bersama-sama variabel kejujuran, tanggung jawab, disiplin, kerjasama dan kerja keras berpengaruh nyata terhadap kecerdasan emosional. Selanjutnya hasil dari uji t yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel  nilai karakter tanggungjawab, kerja keras dan jujur secara parsial berpengaruh nyata terhadap kecerdasan emosional.

Keywords


Nilai-nilai Karakter, Kecerdasan Emosional, Permainan Tradisional

References


Elfindri. (2012). Pendidikan Karakter: Kerangka, Metode, Dan Aplikasi Untuk. Pendidikan dan Professional. Jakarta: Baduose Media

Goleman, Daniel. (2015). Emotional Intelligence. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Manzoor, S. R., Ullah, H., Hussain, M., & Ahmad, Z. M. (2011). Effect of Teamwork on Employee Performance. International Journal of Learning and Development, 1(1), 110. https://doi.org/10.5296/ijld.v1i1.1110

Mcewan, D., & Beauchamp, M. R. (2014). International Review of Sport and Exercise Psychology Teamwork in sport : a theoretical and integrative review, (February 2015), 37–41. https://doi.org/10.1080/1750984X.2014.932423

Nurwahidah, Maryati, S., Nurlaela, W., & Cahyana. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49–61. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.6422

Mitayani, Priska Y. (2019). Tingkat Karakter Tanggung Jawab Siswa. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Mustari, Mohammad. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Pajriah, S., Muin, A., Yahya, A. N., & Janan, S. N. (2020). Model Pendidikan Nilai Berbasis Kearifan Lokal Pada Masyarakat Penganut Kepercayaan Sunda Wiwitan Untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(1), 103. https://doi.org/10.25157/wa.v7i1.3272

Samani, Muchlas, dan M. S. Hariyanto. (2011). Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja.

Samani, Muchlas dan M. S. Hariyanto. (2012). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.

Siregar, P. (2019). Pengaruh Kerjasama Tim dan Kompetensi Terhadap Kinerja Perawat Pada Rumah Sakit Permata Bunda Medan. Medan: Universitas Medan Area.

Tracy, Brian. (2013). Motivation. USA: American Management Association

Tsauri, Sofyan. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. STAIN Jember Press

Watloly. A., (2001). Tanggung Jawab Pengetahuan. Yogyakarta: Kanisius

Wardani, Shinta Pramudya. (2014). Penanaman Karakter Disiplin dan Kerja Keras Pada Anak-Anak Keluarga Pedagang. Surakarta: UMS




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v9i2.7190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: