Konsep Dasar Supervisi Pendidikan

Alvin Fahmi Addini, Arumia Fairuz Husna, Beatric Alfira Damayanti, Bety Istif Fani, Churi Wardah Nihayati Wardah Nihayati, Damateja Andika Daniswara, Desi Fitri Susanti, Ali Imron, Rochmawati Rochmawati

Abstract


Berbagai permasalahan pendidikan di Indonesia dapat datas dengan melakukan supervisi pendidikan. Supervisi pendidikan merupakan suatu proses bantuan maupun dukungan yang diberikan kepada guru dalam mengembangkan kemampuannya yang terdiri dari pengetahuan, keterampilan maupun kreatifitas dalam mengajar dan komitmen atau motivasi sebagai seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan konsep dasar supervisi pendidikan yang meliputi (1) pengertian supervisi pendidikan, (2) prinsip – prinsip supervisi pendidikan, dan (3) tujuan supervisi pendidikan. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan studi literasi. Setelah mengumpulkan data, data direduksi, disimpulkan dan kemudian disajikan dalam bentuk naratif deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu (1) pengertian supervisi pendidikan, (2) prinsip – prinsip supervisi pendidikan, beberapa di antaranya yaitu prinsip ilmiah, demokratis, kerja sama, konstruktif, dan kreatif, (3) tujuan supervisi, serta (4) fungsi supervisi pendidikan yang memberikan bantuan pada guru untuk meningkatkan profesionalismenya.



DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v9i2.7639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: