STRATEGI PEMBERDAYAAN GURU DALAM MENINGKATKAN AKUNTABILITAS SEKOLAH (Studi Kasus SMK Utama Kepanjen)

Tika Nur Safitri, Dwiki Hermawan, Arumia Fairuz Husna, Ahmad Yusuf Sobri

Abstract


Pemberdayaan merupakan kegiatan untuk memberdayakan manusia melalui perubahan dan pengembangan manusia itu sendiri untuk meningkatkan kinerja dalam kegiatan di suatu organisasi yang berupa kepercayaan, kemampuan, wewenang, dan tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemberdayaan guru dalam meningkatkan akuntabilitas sekolah di SMK Utama Kepanjen. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat berbagai macam pelatihan yang dilakukan oleh guru di SMK Utama Kepanjen. Pemberdayaan guru yang dilakukan di SMK Utama Kepanjen selalu melibatkan kepala sekolah. Hal ini dibuktikan dari adanya berbagai program pemberdayaan yang telah disusun diawal tahun pelajaran.

Keywords


pemberdayaan, guru, akuntabilitas sekolah

References


In’am, A. (2017). Kebijakan Pemberdayaan Guru: Analisis Dimensi dan Impementasi. Retrieved from http://eprints.umm.ac.id/36758/1/In’am - Kebijakan Pemberdayaan Guru Analisis Dimensi dan Implementasi.pdf

Manaf, A. (2016). Hubungan Pemberdayaan Guru Terhadap Profesionalisme Guru dan Mutu Pendidikan. TAHZIM: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan, 1(2), 108–118. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tanzhim/article/view/47

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (3rd ed.). United States of America: SAGE Publications.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Ulfatin, N. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan Teori dan Apliaksinya. Malang: Bayumedia Publishing.

Ulfatin, N., & Triwiyanto, T. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Wahyudi, K. (2017). Manajemen Pemasaran Pendidikan. KARIMAN: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 05(01), 65–82. Retrieved from https://jurnal.inkadha.ac.id/index.php/kariman/article/view/43/42

Widodo, W., & Sriyono, H. (2020). Strategi Pemberdayaan Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 7–12. Retrieved from http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v7i1.5628.g2992

Yusparizal. (2008). Enam Langkah Praktis Dalam Upaya Pemberdayaan Guru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 156–168. Retrieved from http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/11-Yusparizal.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v9i2.7662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: