STUDI LITERATUR KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MAHASISWA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT

Marthinus Yohanes Ruamba, Dwijayanto Dwijayanto, Scolastika Mariani

Abstract


Matematika dipandang sebagai mata pelajaran yang sering ditemui pada berbagai tingkatan pendidikan. Matematika juga merupakan bidang studi penting yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan menghitung, mengukur dan memanfaatkan konsep-konsep matematika sehingga dapat diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari. Belajar matematika selamanya tidak sekedar berbicara tentang numeric (angka), tetapi lebih dari pada itu. Dalam menyelesaikan persoalan matematika hal mendasar yang perlu dipahami oleh setiap individu adalah kemampuan merepresentasi matematis. kemampuan reprsentasi dianggap sebagai pintu masuk dalam menyelesaikan persoalan-persoalan matematis yang rumit. Individu dianggap memiliki kemampuan representasi jika mampu memenuhi tiga indikator utama yakni representasi visual (simbol), representasi persamaan atau ekspresi matematis dan representasi verbal. Metode yang digunakan adalah kajian literatur (literature review) dimana dalam melakukan review mengikuti mengikuti tahapan-tahapan yaitu tahapan pengumpulan data, tahap reduksi data, melakukan display data, pembahasan hasil penelitian dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini review literatur dilakukan terhadap 20 artikel yang mungkin untuk menemukan pembahasan sesuai dengan judul penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis yang dillakukan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis ditinjau dari gaya kognitif field depeden dan field independen memperliahatkan bahwa individu dengan gaya kognitif tipe field depeden mampu memenuhi dua dari indikator representasi matematis sedangkan individu dengan gaya kognitif field independen mampu memenuhi ketiga indikator representasi matematis yaitu representasi visual, persamaan atau ekspresi matematis dan verbal. Kata Kunci: representasi matematis, gaya kongitif, field dependent, field independent

Keywords


representasi matematis

References


Anasrul., Amar, Y., & Wahda. (2018). Implementasi Program CSR dan Pengaruhnya Terhadap Citra Perusahaan (Studi Kasus Program CSR PT Vale Indonesia, Tbk Pada Proyek Penyediaan Air Bersih). Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 1(4), 1–9. https://doi.org/10.26487/hjabe.v1i4.124

Aryanti, T., Supriyono., & Ishaq M. (2015). Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan. Jurnal Pendidikan Nonform, 10(5), 1–13.

Astri, H. (2012). Pemanfaatan Corporate Social Responsibility (CSR) Bagi Peningkatan Kualitas Hidup Manusia Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-MasalahSosial, 3(2), 151–165.

Ernawati., & Mulyono, S. E. (2017). Manajemen Pembelajaran Program Paket C Di PKBM Bangkit Kota Semarang. Journal of Nonformal Education, 3(1), 60–71. https://doi.org/10.15294/jne.v3i1.8915

Fatma, A. M. (2018). Peran Tutor dalam Mengembangkan Motivasi Berprestasi Warga Belajar Paket C di PKBM Dharma Bekti Kecamatan Cibinong Bogor. E-Plus: Eksistensi Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 193–204. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v3i2.4898

Gee, K. A. (2015). Achieving gender equality in learning outcomes: Evidence from a non-formal education program in Bangladesh. International Journal of Educational Development, 40, 207–216. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2014.09.001

Hidayat, D. (2020). Teknik Identifikasi Kebutuhan Belajar Berbasis Partisipasi Masyarakat dalam Pelatihan Kewirausahaan. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(2), 156–166. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i2.4193

Lukman, A. I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan Nonformal di PKBM Tiara Dezzy Samarinda. DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 180–190. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.43669

Muslim, A. Q., & Suci, I. G. S. (2020). Peran Manajemen Pendidikan Nonformal Berbasis Masyarakat Sebagai Upaya Peningkata Sumber Daya Manusia Di Indonesia. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 159–168. https://doi.org/10.25078/pw.v5i2.1855

Mustangin., Akbar, M. F., & Sari, W. N. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal Bagi Anak Jalanan. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 234–241. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3

Mustangin., Iqbal, M., & Buhari, M. R. (2021). Proses Perencanaan Pendidikan Nonformal untuk Peningkatan Kapasitas Teknologi Pelaku UMKM. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 414. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38927

Mustangin, M. (2018). Peningkatan Minat Baca dan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak Di Rumah Baca Bandung. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 133–141. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.14464

Mustangin, M. (2020). Analisis Proses Perencanaan Program Pendidikan Nonformal bagi Anak Jalanan di Klinik Jalanan Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(1), 1. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i1.656

Parawu, H. E. (2020). Menilik Urgensi Pendidikan dan Pelatihan Dalam Meningkatkan Kualitas Dan Kinerja Aparatur Kecamatan. Journal of Public Policy and Management, 2(1), 29–37. https://doi.org/10.26618/jppm.v2i1.3602

Rohmah, N. F. (2018). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Saya Manusia. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–11.

Rustika, R., Sukoco, N. E. W., & Rachmawati, T. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Pengendalian Penyakit Tidak Menular (Studi Agen Perubahan di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi). Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 28(2), 73–82. https://doi.org/10.22435/mpk.v28i2.179

Salman, M. A. (2021). Peningkatan Kinerja Aparat Kampung Melalui Pelatihan Komputer di Kampung Semurut. DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 61–73. https://doi.org//10.21831/diklus.v5i1.35338

Sudirman, F. A., & Phradiansah, P. (2019). Tinjauan Implementasi Pembangunan Berkelanjutan: Pengelolaan Sampah Kota Kendari. Sospol: Jurnal Sosial Politik, 5(2), 291–305. https://doi.org/10.22219/sospol.v5i2.9821

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bandung (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Supsiloani, S. (2019). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pembangunan Bidang Pendidikan Nonformal. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 5(1), 20–30. https://doi.org/10.24114/antro.v5i1.13172

Triwinarti, H. (2020). Komunikasi Pelaksanaan Program Kesetaraan Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tiara Dezzy Samarinda. Kompetensi, 13(1), 16–23. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v13i1.32

Wahyuni, S. (2021). Peran Pamong Belajar: Studi Naturalistik terhadap Pamong Belajar dalam Melaksanakan Layanan Program Pendidikan Non Formal. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 17(2), 102–114. https://doi.org/10.35329/fkip.v17i2.1841




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/wa.v9i2.7866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: