Micro Teaching Pada Pembelajaran Sejarah Untuk Kesiapan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP)

Wulan Sondarika

Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk melatih keterampilan mahasiswa dalam proses pembelajaran profesional calon guru Pedidikan Sejarah terutama dalam menyiapkan mahasiswa pada Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Adapun Langkah-langkahnya yaitu; (1) Identifikasi masalah; (2) Literature riview (penelusuran pustaka); (3) Menentukan tujuan penelitian; (4) Pengumpulan data; (5) Analisis dan interpretasi data; (6) Pelaporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa semester VI yang akan melaksanakan PLP di semester VII Sebagian besar tidak siap untuk melaksanakan praktik, hal ini dapat dilihat dari kesiapan mereka dalam melaksanakan praktik pada mata kuliah Micro teaching serta kesiapan mahasiswa dalam menggunakan perangkat serta materi ajar yang akan disampaikan pada peserta didik. Kesimpulannya bahwa dengan adanya mata kuliah Micro Teaching pada kurikulum di Program Studi Pendidikan Sejarah sangat membatu mahasiswa pendidikan sejarah yang akan melaksanakan PLP di sekolah baik SMP maupun SMA.

Keywords


Micro Teaching, Pembelajaran Sejarah, Kesiapan Pengenalan Lingkungan Persekolahan

References


Ardi, Minal. (2015). Pelaksanaan Pembelajaran Micro Teaching Bagi Mahasiswa Program Studi Ppkn Stkip-Pgri Pontianak. Jurnal Edukasi, Vol. 1, No. 1: 75-84.

B, Wulandari. dkk. (2019). Augmented Reality As Android Based Learning Media for Wood Field Laboratory Work. In Journal of Physics: Conference Series Vol. 1413, No. 1

Fadli, Muhammad Rizal. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualilatif. Humanika. Vol 21. No : 33-54.

Hidayat, Bobi. (2016). Analisis Keterlaksanaan Program Perkuliahan Micro Teaching Berbasis Lesson Study Di Program Studi Pendidikan Sejarah Fkip Um Metro. Jurnal Historia. Vol 4, Nomor 2: 75-80.

Pratama, Galeh Nur Indriatno Putra. (2020). Peningkatan Keterampilan Pembelajaran Micro Teaching Berbasis Viduk (Video Unjuk Kerja) Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan, FT, UNY. JPTS, Vol. II No.1: 13-23.

Sugiarto, E. (2015). Menyusun proposal penelitian kualitatif: skripsi dan tesis. Suaka Media.

Sulistyo, Edy Tri. (2010). Kendala Dalam Pembelajaran Micro Teaching Dan Pemecahannya. Inovasi Pendidikan Jilid 11, No 1: 32-39.

Utami, Nur Azizah Putri. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Praktik Pada Mata Pelajaran Fikih Selama Masa Pandemi Covid 19 Di Mts Negeri 10 Sleman Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia

Wahid, Abdul. (2018). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKANPRESTASI BELAJAR. ISTIQRA’ Volume V No 2: 1-11.

Rusyan, H.A Tabrani. (2019). Kreatifitas Pembelajaran Yang Efektif. Jakarta. CV. Ruang Pinang Sabatang




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i2.8755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: