INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN APLIKASI QUIZIZZ DI ERA NEW NORMAL (Penelitian Pengembangan Aplikasi Di Kelas XI MAN 1 Garut)

Mia Maryam Sarah, Nenden Munawaroh, Asep Tutun Usman

Abstract


Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di MAN 1 Garut, beberapa peserta didik mengalami perubahan sikap yang sangat signifikan setelah dilaksanakannya Pembelajaran jarak jauh pasca pandemi covid-19 yang menyebabkan tidak efektifnya proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan inovasi media pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi Quizizz yang berfokus pada mata pelajaran Bahasa Arab. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah R&D model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu Analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Adapun populasi penelitian ini adalah kelas XI IIK, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IIK I. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, validasi ahli, tes kemampuan peserta didik dan lembar kuesioner tanggapan peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa media Aplikasi Quizizz yang telah dikembangkan telah layak digunakan tanpa diperbaiki, hal ini dilihat dari hasil validasi para ahli dengan nilai 4,6.

Keywords


Inovasi; Media; Bahasa Arab; Aplikasi Quizizz

References


Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. American International Journal of. Contemporary Research, 5(6).

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. HALAQA: ISLAMIC EDUCATION JOURNAL, 3(1).

Dewi, C. K. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Skripsi S1. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. [tidak diterbitkan].

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa [Effectiveness of Using Kahoot! to Improve Student Learning Outcomes]. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 1(8).

Mustofa, A. H. (2020). Media Pembelajaran (Y. Kita (ed.)).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1).

Salsabila, U H, & Habibah, S. D. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Masa Pandemi Pada Siswa Sma. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 164–167.

Salsabila, Unik Hanifah, Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, A. N., & Salsabila, D. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2).

Setyosari, P. (2020). Metode penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Prenada Media.

Widiastuti, A. (2021). Dilema pendidikan di era new normal. Pusat pengembangan dan penelitian indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i1.8886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: