Optimasi Google Drive sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Unik Hanifah Salsabila, Nurrabia Bunga Mara patih, Syafiq Muhammad Nabil, Muhammad Riesqi Arrashid, Rahma Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengoptimalkan Google Drive sebagai platform Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis literature review yang menggunakan data berupa teks dari perpustakaan atau data sekunder yang tersedia. Temuan studi lainnya menunjukkan bahwa Google Drive merupakan platform yang tepat untuk mengamati kerja kelompok dan membagi serta mengumpulkan tugas di luar kelas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Google Drive layak digunakan oleh siswa dan guru karena fitur yang memudahkan berbagi dokumen. Fitur Google Drive telah menjadikan layanan ini peluang dan potensi yang sangat besar bagi persentase Pendidikan Islam di seluruh dunia.

Keywords


Optimasi Google Drive; Teknologi Pendidikan; Pendidikan Agama Islam

References


Agustina, Putri. 2011. Psikologi Perkembangan. Surakarta: PGSD FKIP UMS.

Ahyat, Nur. 2017. “EDUSIANA : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam.” Edusiana : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 4(1):24–31.

Elihami, Elihami, and Abdullah Syahid. 2018. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.” Edumaspul - Jurnal Pendidikan 2(1):79–96. doi: 10.33487/edumaspul.v2i1.17.

Ismawan, Fiqih, Puput Irfansyah, and Dwi Dani Apriyani. 2018. “Pengoptimalan Cloud Storage –Google Drive Sebagai Media Pembelajaran Untuk Guru SMP Dan SMA.” Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat 1(01):61. doi: 10.30998/jurnalpkm.v1i01.2362.

Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra, Jurnal, and Fita Fatria. 2017. “Fita Fatria, Listari_Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” 2(1).

Rio Trilaksono, Agustinus, Jurusan Sistem Informasi, Stmik Swadharma, and Jakarta Jalan Malaka No. 2018. “Efektivitas Penggunaan Google Drive Sebagai Media Penyimpanan Di Kalangan Mahasiswa Effectiveness of Google Drive Use As a Storage Media in Students.” Jurnal Digital Teknologi Informasi 1:91–97.

Salsabila, Unik Hanifah, Alvina Agustin, Feliana Safira, Indrika Sari, and Ahmad Sundawa. 2021. “Manfaat Teknologi Bagi Mata Pelajaran PAI Di Masa

Pandemi Covid-19.” Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan 2(1):125–32. doi: 10.51276/edu.v2i1.93.

Salsabila, Unik Hanifah, Andini, Fita Triyana, Khalidah Fitri Arum Sari, and Mardaty Rauv. 2021. “Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online Masa Pandemik Covid-19.” Jurnal Penelitian Tarbawi 6(1):12–18.

Sundawa. 2021. “Manfaat Teknologi Bagi Mata Pelajaran PAI Di Masa Pandemi Covid-19.” Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan 2(1):125–32. doi:10.51276/edu.v2i1.93.

Hamalik, Oemar. 1989. Media Pembelajaran. Bandung: Citra Aditya..

Ariessanti, H. D., Warsito, A. B., & Rumoma, N. (2020). Pemanfaatan Google Drive Sebagai Media Pembelajaran iLearning Pada Perguruan Tinggi Raharja. Jurnal VOI (Voice Of Informatics), 9(1).https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2BS/article/download/158/150

Hamalik, Oemar. Menejemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, dan Heru Kuswanto. “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. XXII, 1 (April 2020).

Khanafi, dkk. (2016). Penerapan Model Guided Discovery Learning Pendekatan Realistik Berbantuan Google Drive Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Journal.unnes.ac.id.

Kurniawansyah, Arius Satoni & Siswanto. (2020). Kolaborasi WhatsApp Group, Zoom Cloud Meeting, dan Google Drive sebagai Formula dalam Pelaksanaan Kegiatan Perkuliahan Online di Masa Pandemi Coid-19. – jurnal.unived.ac.id.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i1.9311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: