Pengembangan Multimedia Fabel Berbasis Powerpoint Pada Materi Satuan Baku (Berat Dan Panjang) Di Kelas III SDN Kuningan Barat 01 Pagi Jakarta

Nurhasanah Putri, Febrianti Yuli Satriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia fabel berbasis Power Point pada materi satuan baku (berat dan panjang) di SDN Kuningan Barat 01 Pagi Jakarta yang layak/valid, menarik, dan efektif. Penelitian ini di buat dengan menggunakan metode research and development dengan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi yaitu: 1) Studi Pendahuluan; 2) perencanaan; 3) desain produk; 4) validasi produk; 5) uji coba produk; 6) produk akhir. Multimedia fabel berbasis Power Point pada materi satuan baku (berat dan panjang) di SDN Kuningan Barat 01 Pagi Jakarta ini memperoleh nilai dari ahli bahasa sebesar 80%, ahli media 82,6%, dan ahli materi 90%. Berdasarkan rata-rata skor tersebut maka produk dapat dikategorikan sangat layak untuk digunakan. Hasil penelitian yang diberikan kepada siswa berupa angket penilaian pada 3 tahap uji coba media dan pada uji coba skala besar mendapatkan hasil sebesar 85,6% yang dikategorikan sangat menarik.  Multimedia fabel berbasis PowerPoint pada materi satuan baku (berat dan panjang) di SDN Kuningan Barat 01 Pagi Jakarta terbukti memenuhi aspek kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran dan berhasil meningkatkan keefektifan belajar siswa dari peningkatan nilai siswa. Hasil penilaian siswa mengalami peningkatan sebanyak 0,59 % yaitu dari persentase nilai siswa sebelum menggunakan produk sebesar 63,6% dan persentase nilai siswa setelah menggunakan produk sebesar 85,3% dan seluruh siswa dinyatakan lulus KKM.

Keywords


Multimedia Fabel, PowerPoint, Satuan Baku (berat dan panjang)

References


Arikunto. (2008). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Rineka Cipta.

Astuti, R. W. E. R. P. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Storyboard Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 69–79.

Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analysis of Critical Thinking Skills of Elementary School Students in Learning Mathematics Curriculum 2013. 35.

Chaeruman, U. A. (2019). Evaluasi Media Pembelajaran. Dipetik Januari, December, 0–15. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.14419.12329

Everlin, S. (2017). Peran Visual Figur Kartun di Fabel Dalam Pendidikan Karakter Anak-Anak Usia Dini. Rupa Rupa, 3(2).

Fakhrudin, A., & Inayati, A. U. (2015). Pengembangan Media Boneka Tangan Pada Tema Lingkungan Kelas Ii Sd Negeri 02 Medayu Kabupaten Pemalang. Prosiding Seminar Nnasional Pendidikan: “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,” November.

Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif.

Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355–360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339

Halida, S. (2016). Kemampuan Menentukan Struktuk Teks Cerita Fabel Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Limbong Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 2(1).

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, J., Meilani, S., Jamaludin, M. M., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran (T. Limbong (ed.)). Yayasan Kita Menulis.

Hamildah, A. R. (2020). Pengembangan Dongeng Jenis Fabel Berbasis PowerPoint Untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Verbal Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Negeri Pembina I Kota Bengkulu. 1–106.

Hardianto, H., & Baharuddin, M. R. (2019). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1). https://doi.org/10.30605/cjpe.212019.105

Hasanah, N. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran pada Guru SD Negeri 050763 Gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 1(2), 34–41.

Hasanudin, C. (2017). Media pembelajaran : kajian teoretis dan kemanfaatan. Yogyakarta : Deepublish 2017.

Hayati, F., Neviyarni, & Irdamurni. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1809–1815.

Indra Kartika Sari. (2021). Pengembangan Media Power point Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163.

Jayani, D. H. (2021). Penetrasi Internet Indonesia Meningkat saat Pandemi Covid-19. Databoks - Katadata.

Kadaruddin. (2017). Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Multimedia. DEEPUBLISH.

Lauma, A. (2017). Unsur-unsur Intrinsik Cerita Pendek “Protes” Karya Putu Wijaya. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 1(5).

Limbong, T., & Simarmata, J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori&Praktik. Yayasan Kita Menulis.

Mahendra, M. I., & Womal, A. (2018). TEMA SEBAGAI UNSUR INTRINSIK KARYA FIKSI.

Maria Goreti usboko. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI TRIGONOMETRI. Gastrointestinal Endoscopy, 10(1).

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Marliana, & Wahid, A. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran SDMI.

Mizar. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Satuan Berat Melalui Media Puzzle Kotak Bagi Anak Tunarungu Dikelas IV Slb Center Kota Payakumbuh. 5.

Milala, H. F., & Agung, A. I. Keefektifan dan Kepraktisan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Player.

Mudlofr, A., & Rusidiyah, E. F. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif. In Rajawali Pers.

Nurhidayati, N., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis PowerPoint dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal KARINOV, 2(3). https://doi.org/10.17977/um045v2i3p181-184

Prasetyo, Y. A. (2014). Ilustrasi Buku Cerita Fabel Sebagai Media Pendidikan Karakter Anak. Journal of Visual Art, 3(1).

Pribadi, R. B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Putra, H. D., Akhdiyat, A. M., Setiany, E. P., & Andiarani, M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP di Cimahi. 9(1), 47–53.

Putra, Y. W. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Teks Fabel Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 1 Gondang Tulungagung. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Ramadani, Z., & Oktiningrum, W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika “Minitim Kabar” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 152–168. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i2.152-168

Ramayulis, R. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pkn Siswa Kelas Ii Sd Negeri 157 Pekanbaru. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(2), 214. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i2.5070

Reistanti, A. P. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Penulisan Cerita Fabel Oleh Siswa Kelas VIII E di SMP 2 Muhammadiyah Surakarta. Kajian Linguistik Dan Sastra, 2(2). https://doi.org/10.23917/kls.v2i2.6735

Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337–343. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351

Rohmad. (2017). Pengembangan Instrumen Evaluasi dan Penelitian (1st ed.). KALIMEDIA.

Rosmayanti, D., & Zanthy, L. S. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL BASIC APPLICATION POWERPOINT PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6). https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i6.p401-414

Sari, T. K. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash di SD Negeri 4 Metro Barat. Metodologi Penelitian Terapan, 161.

Setiawan, Y. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD Berbasis Permainan Tradisional Indonesia dan Pendekatan Matematika Realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 12–21. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p12-21

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia.

Sudatha, I. G. W., & Tegeh, I. M. (2015). Desain Multimedia Pembelajaran. media akademi.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Sungkono. (2012). Pengembangan Intrumen Evaluasi Media Modul Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2), 1–16.

Surasmi, W. A. (2016a). Pemanfaatan Multimedia untuk Mendukung Kualitas Pembelajaran. Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII, November.

Surasmi, W. A. (2016b). PEMANFAATAN MULTIMEDIA UNTUK MENDUKUNG KUALITAS PEMBELAJARAN.

Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Verawati. (2020). Penerapan Metode Drill Dalam Matapelajaran Matematika Materi Satuan Berat. Penerapan Metode Drill Dalam Matapelajaran Matematika Materi Satuan Berat. 97–107.

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika SD. Universitas Muhammadiyah Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v11i1.9730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: