MANAJEMEN EVALUASI DIRI DALAM PENINGKATAN KINERJA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Yuyus Saputra Saputra, Lia Yulisma, Nur Rizqi Arifin, Nanang Hanafiah, Didin Wahidin

Abstract


Artikel ini membahas tentang manajemen evaluasi diri dalam peningkatan kinerja jurusan pendidikan Bahasa Inggris dengan menggunakan siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan). Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis evaluasi diri dalam meningkatkan kinerja jurusan pendidikan Bahasa Inggris serta upaya-upaya yang dilakukan untuk peningkatannya. Pembahasan ini bersifat kualitatif case study. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi yaitu observasi, wawancara dan dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriftif. Kesimpulannya adalah bahwa 1) manajemen evaluasi diri di jurusan Pendidikan Bahasa Inggris mutlak penting dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kinerja dan capaiannya, 2) mutu jurusan akan tercapai dengan optimal apabila memiliki manajemen evaluasi diri dengan menggunakan siklus PPEPP, 3) suksesnya manajemen evaluasi diri menjadi prasyarat untuk peningkatan kinerja guna tercapainya visi dan misi jurusan.

Keywords


Manajemen evaluasi diri; Peningkatan kinerja jurusan Pendidikan Bahasa Inggris; Siklus PPEPP

References


Buku Panduan Indikator Kinerja Perguruan Tinggi Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Braun, V., & Clarke, V. (2013). Successful Qualitative Research: A Practical Guide for Beginners.

Cast, Alicia. D & Peter J. Burke (2002) A Theory of Self-Esteem*. The University of North Carolina Press

Fauzi, Akhmad & Nugroho A (2020). Manajemen Kinerja. Airlangga. University Press

Junaidi, Anwar (2021). Evaluasi Diri untuk Pengembangan Kinerja. NEM

Lampiran Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 2 tahun 2019 tentang Panduan Penyusunan Laporan Evaluasi Diri dan Panduan Penyusunan Laporan Kinerja Jurusan dalam Instrumen Akreditasi Jurusan – Lampiran 1: Panduan Penyusunan Laporan Evaluasi Diri

Heatherton, Todd F. and Carrie L. Wyland. (2003). Assessing Self-Esteem. American Psychological Association

https://www.bettercollegestudent.com/college-terms/department/

Lampiran Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 10 Tahun 2021 tentang Instrumen Akreditasi Jurusan pada Program Sarjana Lingkup Kependidikan

Permendikbud 03 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Keputusan Menteri

Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 754/P/020 tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri (IKU-PTN)

Permenristekdikti No. 48 Tahun 2016 Tentang Statuta Universitas Siliwangi

Permendiknas No.63 tahun 2009 pasal 1 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan

Renstra FKIP Universitas Siliwangi

Renstra Universitas Siliwangi

Tari, JJ. (2010). Self-Assessment Processes:the importance followed up for success. Emerald Group Publishing Limited

Rhee, Y. (2004). The Employee-Public-Organization Chain in Relationship Management: A Case Study of a Government Organization. Institute for Public Relation.

Sonnentag, Sabine (2002). Psychological Management of Individuals Performance. John Wiley & Son. LTD

Tari, Jose (2010: 19). Self-assessment processes: the importance of follow-up for success. Emerald Group Publishing Limited

UU No. 12 Tahun 2012 Tentang. Pendidikan Tinggi (UU Dikti). Pasal 52 ayat (3) UU Dikti

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012

V.S.P Rao (2010). Human Resource Management Text and Case. New Delhi Excel Book

Widiyarti & Suranto (2019). Konsep Mutu Dalam Pendidikan Vokasi. Alprin




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i1.9813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Wahana Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Indexing: