PEMBAYARAN SPP DENGAN SYSTEM INFORMASI MANAJEMEN SEKOLAH: STUDI PADA MADRASYAH ALIYAH YPP BABAKAN JAMANIS

Yanti Nurdiyanti

Abstract


Artikel   inidiarahkan untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan aplikasi system informasi manajemen sekolah (SYMAS) pada pembayaran sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) MA YPP Babakan Jamanis. Sedangkan tujuan yang digunakan dalam artikel ini 1) untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan aplikasi system informasi manajemen sekolah (SYMAS) yang digunakan pada MA YPP Babakan Jamanis 2) mengetahui dan menganalisis dampak dari penggunakan aplikasi system informasi manajemen sekolah (SYMAS) pada pembayaran SPP MA YPP Babakan Jamanis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Studi Kasus Prospektif (Prospective Case Study). Hasil penelitian menunjukan 1) Penggunaan Aplikasi System Informasi Manajemen Sekolah (SYMAS) memberikan dampak positif pada  efektifitas dan efesiensi pengelolaan dana Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) 2) Penggunaan Aplikasi System Informasi Manajemen Sekolah (SYMAS) menciptakan ketertiban dan ketepatan waktu pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) oleh siswa.

Full Text:

PDF

References


Effendy, O. U. (1989). Sistem informasi manajemen. Mandar Maju, Bandung.

Endraswara, Suwardi. (2012). Metodologi Penelitian Kebudayaan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Erinawati, H. D. (2011). Pembangunan Sistem Informasi Pembayaran Sekolah Pada Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 1 Rembang Berbasis Web. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 4(4).

Gioia, D. A., Corley, K. G., & Hamilton, A. L. (2013). Seeking Qualitative Rigor in Inductive Research. Organizational Research Methods, 16(1), 15–31. https://doi.org/10.1177/1094428112452151

Karyatun, S. (2018). Mengelola Keuangan Sekolah. Ilmu dan Budaya, 40(54).

Kadir, Abdul. 2008. Tuntunan praktis belajar databasemenggunakan MySQL. Yogyakarta: AndiOffset.

Kuncoro, R. B. (2013). Pembuatan Website Tempat Pariwisata Rumah Dome New Nglepen. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 4(1).

Mahastanti, L. A., Nugrahanti, Y. W., & Hartini, S. (2015). Keunggulan Kompetitif Melalui Proses Inovasi Menggunakan Pendekatan Knowledge Management ( Studi Pada Pengusaha Kerupuk Tuntang Kab . Semarang ). In 4th Economics & Business Research Festival 2015 (Pp. 978–979). Semarang: Universitas Kristen Satya Wacana.

O'Brien, J. A., & Marakas, G. M. (2009). Enterprise Business Systems, p. 304. Management Information Systems. McGraw-Hill/Irwin.

Septiana, M. M. (2016). Kebijakan Pendidikan Menteri Syarif Thayeb Tahun 1974-1978. Risalah, 3(10).

Situmorang, H. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Peserta Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten Langkat Pada Madrasah Aliyah Negeri (Man) 2 Tanjung Pura Denganmenggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal TIMES, 4(2), 24-30.

Supriyono, H., Saputro, N. A., & Pradessya, R. A. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Presensi Berbasis SMS Gateway (Studi Kasus: SMP Muhammadiyah 1 Kartasura).

Suryosubroto, B. (2004). Manajemen pendidikan di sekolah. Rineka Cipta.

Sutopo, P., Cahyadi, D., & Arifin, Z. (2017). Sistem Informasi Eksekutif Sebaran Penjualan Kendaraan Bermotor Roda 2 di Kalimantan Timur Berbasis Web.

Syahbana, A. (2012). Pembangunan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran Siswa Madrasah Aliyah Ma’arif Pacitan. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 5(3).

Yin, Robert, K. (2008). The Case Study Crisis : Some Answers. Admin Science Quarterly, 26(1), 58–65. Https://Doi.Org/216.165.126.139




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmr.v2i1.1120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________