PENGARUH PERILAKU BIROKRASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Kasus pada Persepsi Masyarakat Kecamatan Banjar Kota Banjar)

BETI BETI, Enas Enas, Irma Bastaman

Abstract


Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya keluhan masyarakat mengenai kualitas pelayanan yang diberkan pegawai kecamatan Banjar masih belum optimal. Hal ini disebabkan karena adanya factor yang mempengaruhinya seperti prilaku birokrasi dan nudaya organisasi. dengan demikian maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. Bagaimana pengaruh prilaku birokrasi terhadap kualitas pelayanan? Bagaimana pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan? Dan bagaimana pengaruh prilaku birokrasi dan budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan? Metode yang digunakan adalah deskrptif kuantitatif dengan hasil pemelitiam sebagai berikut. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut; 1) Pengaruh positif dan signifikan prilaku birokrasi terhadap kualitas pelayanan publik artinya jika perilaku birokrasi meningkat, maka akan diikuti oleh peningkatan kualitas pelayanan publik. Adapun yang belum optimal / masih kecil pada indikator responsive. 2) Pengaruh positif dan signifikan budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik artinya jika budaya organisasi meningkat, maka akan diikuti oleh peningkatan kualitas pelayanan publik. Adapun yang belum optimal / masih kecil pada indikator kemampuan untuk mengambil inisiatif. 3) Pengaruh positif dan signifikan prilaku birokrasi dan budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik. Artinya jika prilaku birokrasi dan budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik meningkat, maka akan diikuti oleh peningkatan kualitas pelayanan publik.

Keywords


Prilaku birokrasi budaya Organisasi kualitas pelayanan.

References


Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Busro, Muhammad. 2020. Budaya Organisasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Dusro, Ahmad. 2020. Strategi Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.

Effendi, Muhammad. 2014. Teori Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Follett, Mary Parker dalam Wijayanti, Dwi. 2018. Manajemen dan Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Garvin dalam Tjiptono, Fandy. 2014. Strategi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Gunawan, Agus & Saragih, Erwin. 2019. Manajemen Strategis. Jakarta: Bumi Aksara.

Hardiyansyah, H. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Jasfar, Ferry. 2015. Manajemen Pelayanan Prima. Jakarta: Bumi Aksara.

Keban, Yeremias T. 2014. Birokrasi dalam Perspektif Administrasi Publik. Jakarta: Rajawali Pers.

Khaliq Syukhairi. Tanpa tahun. Teori Administrasi Publik.

Koentjaraningrat. 2015. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Martono, Nanang. 2010. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyadi, dkk. 2018. Akuntansi Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Nawawi, Hadari. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nicholas dalam Effendi, Muhammad. 2014. Teori Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

OTT, J. Steven; Hyde, Albert C.; Shafritz, Jay M. Diterjemahkan oleh Syafe’i, S. 2021. Organisasi Publik: Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Parasuraman dalam Jasfar, Ferry. 2015. Manajemen Pelayanan Prima. Jakarta: Bumi Aksara.

Pasla, Budi Nugroho. 2023. Ekonomi Makro. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ramto dalam Syafe’i, S. 2021. Organisasi Publik: Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Riduwan. 2018. Metode dan Teknik Penyusunan Skala Pengukuran. Bandung: Alfabeta.

Ridwan, Abdullah & Sunarto. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sawir, Achmad. 2020. Perilaku Birokrasi Pemerintahan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Singarimbun, Masri. 2020. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: LP3ES.

Sunyoto, Danang. 2023. Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta: CAPS.

Wijayanti, Dwi. 2018. Manajemen dan Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Undang-Undang:

Undang-Undang Dasar 1945. Alinea keempat.

Keputusan Menteri:

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Peraturan Menteri:

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Pranata Komputer dan Angka Kreditnya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________