PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN: STUDI PERSEPSIONAL PADA KARYAWAN PT. BANK BUKOPIN CABANG TASIKMALAYA

Riyan Nugraha, Dede Abdul Rozak

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi pendahuluan dan diketahui bahwa kepuasan kerja karyawan pada Bank Bukopin Cabang Tasikmalaya mengalami penurunan. Hal ini tampak dari adanya banyak faktor yang berpengaruh di setiap tindakan yang dilakukan oleh karyawan  dalam menyelesaikan tugas dan kewajibannya. Telah terdapat tingkat turnover yang dinilai cukup sering yang berarti bahwa karyawan  pada Bank Bukopin Cabang Tasikmalaya masih belum merasa puas terhadap hasil kerjanya. Pengembangan karir karyawan dirasakan lambat dengan tingkat persaingan yang sangat ketat, hal ini dipicu dari lambatnya ekspansi pembukaan kantor baru, yang mana apabila perusahaan melakukan pembukaan kantor baru akan membuka peluang untuk melakukan promosi bagi karyawan dalam menempati jabatan baru. Metode yang dilakukan adalah metode deskriptif kuantitatif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah [1]. Hasil analisis data, diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan PT Bank Bukopin Cabang Tasikmalaya. Dengan budaya organisasi yang tinggi, maka  kepuasan kerja karyawan PT Bank Bukopin Cabang Tasikmalaya  akan lebih tinggi.[2]. Terdapat pengaruh positif dan signifikan pengembangan karir terhadap kepuasan kerja karyawan PT Bank Bukopin Cabang Tasikmalaya . Dengan pengembangan karir yang sesuai, maka  kepuasan kerja karyawan PT Bank Bukopin Cabang Tasikmalaya  akan lebih tinggi. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan budaya organisasi dan pengembangan karir  terhadap kepuasan kerja karyawan PT Bank Bukopin Cabang Tasikmalaya. Dengan budaya organisasi dan pengembangan karir yang sesuai, maka kepuasan kerja karyawan PT Bank Bukopin Cabang Tasikmalaya  akan lebih tinggi.

Full Text:

Download

References


Anwar, S. (2005). Dasar-dasar Perilaku Organisasi. Jogjakarta: UII Press.

Arikunto, (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

As’ad, (1999). Seri Ilmu Sumber Daya Manusia: Psikologi Industri. Yogyakarta: Liberti Yogyakarta.

As'ad, M. (2003). Psikologi Industri: Seri Sumber Daya Manusia. Yogjakarta: Liberty.

Berelson dan Stainer. (2002). Logistics a productivity and performance perspective, Supply Chain Management, Research paper, Vo1.2 No.2, pp. 53-62.

Danim, Sudarwan. (2005). Inovasi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Davis, Keith dan John W. Newstrom, (1996). Perilaku Dalam Organisasi, Jilid I, Edisi 7. Jakarta: Erlangga.

Dharma, (1996). Manajeman Supervisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Dharma, Agung. (1985), Manajemen Prestasi Kerja, Bandung : PT. Toko Gunung Agung.

Edgar Schein, (2002). Organizational Culture and Leadership. California : Jossey-Bass Inc.

Effendi, Onong Uchjana. (1989). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

George dan Jones, (1997). Understanding and Managing Organizational Behavior. Addison Wesley Publishing Company, Inc. USA.

Gibson. (1996). Organiations. Boston: Homewood.

Handoko, Hani. (1995). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE

Handoko, T. Hani. (2001). Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE Universitas Gadjah Mada.

Hasibuan, Malayu, S.P. (2000). Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmr.v1i1.510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________