ANALISIS TOWS DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK SKINCARE

Dinna Windiasari, Apri Budianto, Irma Darmawati Bastaman

Abstract


Pada Alamin Skincare Ciamis strategi pemasaran belum di jalankan secara optimal. Sehingga perlu adanya evaluasi diantaranya adalah bagaimana menciptakan produk dan jasa Alamin Skincare yg di inginkan pelanggan dengan cara menentukan proporsisi nilai produk dan jasa. Belum maksimal menjalankan strategi pemasaran 5 P sehingga target perusahaan salah satunya meningkatkan omzet bulanan belum tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari, mengetahui, dan menganalisis (1) Analisis TOWS di Alamin Skincare Ciamis. (2) Strategi pemasaran produk di Alamin Skincare Ciamis. (3) Analisis TOWS dalam Menentukan Strategi Pemasaran Produk Skincare di Alamin Skincare Ciamis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan desain penelitian kualitatif, sedangkan teknis analisis data, yaitu Reduksi data, Display data, Triangulasi dan kesimpulan.
Hasil penelitian menginformasikan bahwa (1) Analisis TOWS di Alamin Skincare Ciamis dilakukan dengan empat alternatif yaitu IFAS (Internal Strategic Factor Analisysis Sunmmary), EFAS (Eksternal Strategic Factor Analisysis Sunmmary), Diagram TOWS dan Matrik TOWS. (2) Strategi pemasaran yang digunakan Alamin skincare Ciamis yaitu mengacu kepada marketing mix 5P. Untuk segi product, price, Place dan promotion sudah melakukan strategi tepat sasaran dengan tujuan perusahaan. Tetapi segi people, Alamin skincare belum mempunyai SDM yang berkualitas sesuai dengan kualifikasi Alamin dalam waktu yang cepat. (3) Analisis TOWS dalam Menentukan Strategi Pemasaran Produk Skincare di Alamin Skincare Ciamis adalah dengan memanfaatkan cabang lebih banyak diberbagai tempat dan mendirikan pabrik pembuatan cream dan produk lainnya pada cabang tersebut untuk memperkecil biaya distribusi produk. Dengan kemajuan teknologi, Alamin Skincare dapat memaksimalkan fungsi website, meningkatkan kualitas dan menambah jenis produk serta perawatan kecantikan kulit yang ditawarkan.

Keywords


Tows, Strategi Pemasaran, Produk Skincare

Full Text:

PDF

References


Pearce dan Robinson. (2017). Manajemen Strategis. Jakarta : Binarupa Aksara

Rangkuti, F. (2016). SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: PT Gramedia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan H&D. Bandung : Alfabeta.

Swastha, B. (2015). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Tripomo, T. U. (2015). Manajemen Strategi. Bandung: Rekayasa Sains.

Umar, H. (2018). Strategic Management InAction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Zeithaml, V.A. (2015). Service Marketing:Integrating Customer Focus Across the Firm. 6e, Mc.Graw-Hill, Boston.

Sumber Undang-undang :

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 1998 tentang Pengamanan Sediaan farmasi dan Alat Kesehatan.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/mr.v6i3.7562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________