ANALISIS TOWS DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK SKINCARE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari, mengetahui, dan menganalisis (1) Analisis TOWS di Alamin Skincare Ciamis. (2) Strategi pemasaran produk di Alamin Skincare Ciamis. (3) Analisis TOWS dalam Menentukan Strategi Pemasaran Produk Skincare di Alamin Skincare Ciamis.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan desain penelitian kualitatif, sedangkan teknis analisis data, yaitu Reduksi data, Display data, Triangulasi dan kesimpulan.
Hasil penelitian menginformasikan bahwa (1) Analisis TOWS di Alamin Skincare Ciamis dilakukan dengan empat alternatif yaitu IFAS (Internal Strategic Factor Analisysis Sunmmary), EFAS (Eksternal Strategic Factor Analisysis Sunmmary), Diagram TOWS dan Matrik TOWS. (2) Strategi pemasaran yang digunakan Alamin skincare Ciamis yaitu mengacu kepada marketing mix 5P. Untuk segi product, price, Place dan promotion sudah melakukan strategi tepat sasaran dengan tujuan perusahaan. Tetapi segi people, Alamin skincare belum mempunyai SDM yang berkualitas sesuai dengan kualifikasi Alamin dalam waktu yang cepat. (3) Analisis TOWS dalam Menentukan Strategi Pemasaran Produk Skincare di Alamin Skincare Ciamis adalah dengan memanfaatkan cabang lebih banyak diberbagai tempat dan mendirikan pabrik pembuatan cream dan produk lainnya pada cabang tersebut untuk memperkecil biaya distribusi produk. Dengan kemajuan teknologi, Alamin Skincare dapat memaksimalkan fungsi website, meningkatkan kualitas dan menambah jenis produk serta perawatan kecantikan kulit yang ditawarkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Pearce dan Robinson. (2017). Manajemen Strategis. Jakarta : Binarupa Aksara
Rangkuti, F. (2016). SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: PT Gramedia.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan H&D. Bandung : Alfabeta.
Swastha, B. (2015). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Tripomo, T. U. (2015). Manajemen Strategi. Bandung: Rekayasa Sains.
Umar, H. (2018). Strategic Management InAction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Zeithaml, V.A. (2015). Service Marketing:Integrating Customer Focus Across the Firm. 6e, Mc.Graw-Hill, Boston.
Sumber Undang-undang :
Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 1998 tentang Pengamanan Sediaan farmasi dan Alat Kesehatan.
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/mr.v6i3.7562
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
_______________________________________________________________________________________________
Journal of Management Review indexed by:
_______________________________________________________________________________________________
_______________________________________________________________________________________________