PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEDEKATAN EMOSIONAL TERHADAP LOYALITAS NASABAH (Studi Kasus pada BNI Cabang Banjar)

Aditiya Putra, Enas Enas, Ferey Herman

Abstract


Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah loyalitas pelanggan sangat dibutuhkan oleh bank untuk membangun hubungan kedekatan emosional dan kualitas pelayanan bagi masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, maka teridentifikasi beberapa permasalahan sebagai berikut. Kualitas pelayanan, pada bank BNI Cabang Banjar masih perlu ditingkatkan. Kedekatan emosional masih belum optimal. Loyalitas Nasabah masih belum optimal ditandai dengan jumlah pengguna kreditur baru yang masih fluktuatif. Dengan demikian maka tujuan penelitian ini adalah Mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada BNI Cabang Banjar. Mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh kedekatan emosional terhadap loyalitas nasabah pada BNI Cabang Banjar. Mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh kualitas pelayanan dan kedekatan emosional terhadap loyalitas nasabah pada BNI Cabang Banjar. Sedangkan metode yang digunakan adalah penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada BNI Cabang Banjar. Artinya jika kualitas pelayanan meningkay, maka loyalitas nasabah pada BNI Cabang Banjar juga akan mengalami peningkatan. Kedekatan emosional berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada BNI Cabang Banjar. Artinya jika kedekatan emosional meningkay, maka loyalitas nasabah pada BNI Cabang Banjar juga akan mengalami peningkatan Kualitas pelayanan dan kedekatan emosional berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada BNI Cabang Banjar. Artinya jika kualitas pelayanan dan kedekatan emosional meningkay, maka loyalitas nasabah pada BNI Cabang Banjar juga akan mengalami peningkatan.
Baharun, H., Enas, E., & Noviana, R. L. (2022). Quality Improvement As A Strategy to Build Pesantren’s Brand Credibility. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 529–538. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1583
Budianto, A., Darmawati Bastaman, I., & Herman, F. (2020). PROMOTION MIX, INDIVIDUAL INTERNAL ENVIRONMENT, AND PURCHASE DECISION MAKING IN MINIMARKET. In Jurnal Bisnis dan Manajemen (Vol. 21, Issue 1).
Darna, N., Faridah, E., Lestari, M. N., & Tinia, A. G. (2024). TALENT MANAGEMENT IN FACING THE DEMAND OF ENVIRONMENTAL CHANGES: A STUDY IN GALUH UNIVERSITY. Sosiohumaniora, 26(1), 79–85. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v26i1.47161
Mulyatini, N., Herlina, E., Akbar, D. S., & Eko Prabowo, F. H. (2023). Analisis potensi pembentukan kawasan industri hasil tembakau dalam perspektif ekonomi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(1), 334. https://doi.org/10.29210/020231920
Mulyatini, N., Herlina, E., Faridah, E., & Rozak, D. A. (1860). Human Capital Management Model: A Perspective of Internal Supervision In Indonesia. Talent Development & Excellence, 12(1), 1860–1868. http://www.iratde.com
Nuryani, L. K., Enas, E., Herman, M., Wahyudi, E., & Dianawati, L. (2022). Teachers’ Perceptions of Academic Supervision in a Pandemic Era; Phenomenological Review. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 679–692. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i3.3646
Rahman Sukmara, A., Priadana, S., Machmud, S., Yusuf, E., & Affandi, A. (2022). The Influence of Organizational Culture, Human Resource Capacity Development, and Empowerment of Human Resources on Affective Commitment and Loyalty, and Its Implications on Employee Performance (A Survey on Employees of PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Operational Area 2 Bandung). International Journal of Artificial Intelegence Research, 6(1). https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.2.927
Sari, P., Muzaki, I. S., Mulyatini, N., Faridah, E., & Prawiranegara, B. (2019). LOCAL OWN REVENUE, DECENTRALIZATION AND LOCAL FINANCIAL INDEPENDENT. Jurnal Manajemen Indonesia, 19(3), 250. https://doi.org/10.25124/jmi.v19i3.2413

Keywords


Kualitas Pelayanan, Kedekatan Emosional, Loyalitas Nasabah

References


Barnes. 2010. An integrative approach to the asessment of a commerce pf a quality. Jurnal of industrian manajemen and data system

Deby Meigy Arzena dengan judul penelitian, “Pengaruh Kepuasan Atas Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Bank Mandiri Tbk. Cabang Muaro Padang

Dinda Monika (2010) dengan judul penelitian Analisis Pengaruh Kualitas pelayanan dan kedekatan Emosional Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Bank BRI Cabang Pattimura

Lupiyoadi. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Prebada..

Nugroho. 2013. pengaruh bukti fisik, kehandalan. daya tanggap, jaminan dan empati terhadap Loyalitas.

Purwanto dan Mulyono. 2015. organisasi dan manajemen. Jakarta: Erlangga.

Sugiono, 2018. Metode penelitian kualittaif dan kuantitatif RD. jakarta: Alphabeta.

Tjiptono, 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andy

Wibowo dan Ananda 2015 pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah.

Witjacsono, 2015.. Penerapan konsepmanufakturing. Jakarta: Gramedia Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmr.v8i3.7735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________