STRATEGI PEMASARAN PRODUK KREDIT PERBANKAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada BNI Cabang Banjar)

Candra Oktavian, Enas Enas, Ferey Herman

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran produk kredit perbankan pada masa pandemi covid 19. Untuk mengetahui dan menganalisis hambatan yang dihadapi pada saat pelaksanaan strategi pemasaran produk kredit perbankan pada masa pandemi covid 19. Untuk mengetahui dan menganalisis upaya yang dialkukan untuk mengatasi hambatan yang dihadapi pada saat pelaksanaan strategi pemasaran produk kredit perbankan pada masa pandemi covid 19. Sedangkan metode yang diginakan adalah penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Pelaksanaan strategi pemasaran produk kredit perbankan pada masa pandemi covid 19, berdasarkan aspek produk PT BNI mengelluarkan beberapa prodik unggulan yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, seperti dengan menambah featur dalam mobile banking, mengeluaskan BNI Direct dan BNI API sebagai sarana bertansaksi nasabahnya. Berdasarkan aspek promosi, BNI cabang banjar tidak terlalu banyak merubah strategi hanya dalam pelayanan yang di berikan yang agak berbeda, meningat tuntutan untuk menghindari mobilitas maka pelayanan dilakukan melalui mobile. Sedangkan physical evidence yang dimiliki oleh BNI Cabang Banjar sudah memenuhi SOP.Hambatan yang dihadapi pihak BNI mengenai pelaksanaan strategi pemasaran produk kredit perbankan pada masa pandemi covid 19, adalah : adanya regulasi yang berubah dan pembatasan mobilitas, tuntutan situasi dan kondisi yang terjadi di lapangan semenjak adanya covid 19, Daya beli masyarakat di masa pandemi sangat rendah, media komunikasi yang tidak bisa dilakukan secara langsung mengingat adanya perubahan yang diakibatkan kebijakan yang berubah akibat pandemi covud 19. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan strategi pemasaran produk kredit perbankan pada masa pandemi covid 19 perusahaan melakukan beberapa hal seperti: mengimbangi regulasi yang keluar dengan membuat sistem-sistem baru sebagai terobosan untuk menjawab tantangan, melakukan inovasi proses pemasaran secara terus menerus, memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai produk kredit perbankan, dan perusahaan terus melakukan inovasi produk didasarkan pada situasi dan kondisi yang ada

Keywords


Strategi Pemasaran Produk Kredit Perbankan, Masa Pandemi Covid-19

References


He, Sun, Zhang, & Li, 2020. dampak Covid-19 pada sektor keuangan

Kotler dan Amstrong. 2012. Marketing Management, Edisi Millenium, Volume 2, LPFE, Jakarta

Lucky Radi Rinandiyana, Sutarman, Diana Triwardani, Tine Badriatin, Munawir Muhammad. 2020. The Effect of Product Quality, Price, Place, Strategy Marketing of Purchase Decisions Cibaduyut Shoes. TEST Engineering and Management. Vol. 83, May-June 2020 ISSN: 0193-4120 Page No. 8468 – 8484.

Machmuddah, Utomo, Suhartono, Ali, & Ghulam, 2020 Stock Market Reaction to COVID-19: Evidence in Customer Goods Sector with the Implication for Open Innovation

Nazir, 2018. Metode Penelitian. Jakarta; Ghalia Indonesia

Nelson dan Chan. 2004: Manajemen Pemasaran mendefinisikan Bauran Pemasaran.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian sebagai Kebijakan Countercyclical Dampak Penyebaran Coronavirus Disease 2019

Baharun, H., Enas, E., & Noviana, R. L. (2022). Quality Improvement As A Strategy to Build Pesantren’s Brand Credibility. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 529–538. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1583

Budianto, A., Darmawati Bastaman, I., & Herman, F. (2020). PROMOTION MIX, INDIVIDUAL INTERNAL ENVIRONMENT, AND PURCHASE DECISION MAKING IN MINIMARKET. In Jurnal Bisnis dan Manajemen (Vol. 21, Issue 1).

Darna, N., Faridah, E., Lestari, M. N., & Tinia, A. G. (2024). TALENT MANAGEMENT IN FACING THE DEMAND OF ENVIRONMENTAL CHANGES: A STUDY IN GALUH UNIVERSITY. Sosiohumaniora, 26(1), 79–85. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v26i1.47161

Mulyatini, N., Herlina, E., Akbar, D. S., & Eko Prabowo, F. H. (2023). Analisis potensi pembentukan kawasan industri hasil tembakau dalam perspektif ekonomi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(1), 334. https://doi.org/10.29210/020231920

Mulyatini, N., Herlina, E., Faridah, E., & Rozak, D. A. (1860). Human Capital Management Model: A Perspective of Internal Supervision In Indonesia. Talent Development & Excellence, 12(1), 1860–1868. http://www.iratde.com

Nuryani, L. K., Enas, E., Herman, M., Wahyudi, E., & Dianawati, L. (2022). Teachers’ Perceptions of Academic Supervision in a Pandemic Era; Phenomenological Review. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 679–692. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i3.3646

Rahman Sukmara, A., Priadana, S., Machmud, S., Yusuf, E., & Affandi, A. (2022). The Influence of Organizational Culture, Human Resource Capacity Development, and Empowerment of Human Resources on Affective Commitment and Loyalty, and Its Implications on Employee Performance (A Survey on Employees of PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Operational Area 2 Bandung). International Journal of Artificial Intelegence Research, 6(1). https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.2.927

Sari, P., Muzaki, I. S., Mulyatini, N., Faridah, E., & Prawiranegara, B. (2019). LOCAL OWN REVENUE, DECENTRALIZATION AND LOCAL FINANCIAL INDEPENDENT. Jurnal Manajemen Indonesia, 19(3), 250. https://doi.org/10.25124/jmi.v19i3.2413

Surjaatmadja, S., & Kusniawati, A. (2020). The pharmaceutical cooperatives performance indicators, based on balance scorecard. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(2), 499–506. https://doi.org/10.5530/srp.2020.2.76

Saputro, 2016. Jakarta Islamic Index mengalami penurunan setelah pengumuman covid 19.

Surakhmad, Winarno 2002. Dasar dan Teknik Reserch ; Pengantar Metode Ilmiah, Bandung: Tarsito.

Wursan, W., Rinandiyana, L. R., & Badriatin, T. (2021). Social media promotion effect on product purchase decisions through word of mouth marketing. Linguistics and Culture Review, 5(S1), 821-831. https://doi.org/10.37028/lingcure.v5nS1.1466




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmr.v8i4.7856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________