Persepsi Responden tentang Keputusan pembelian kuliner warung makan tradisional sunda, seiring merebaknya rumah makan modern waralaba siap saji. Di Kabupaten Ciamis.

Irma Bastaman Haris

Abstract


Artikel ini difokuskan pada pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada pelanggan pasar moderen. Artikel ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah pelanggan pasar moderen yang disebabkan oleh kualitas pelayanan yang berdampak pada meningkatnya loyalitas pelanggn. Adapun rumusan masalah dalam artikel ini adalah bagaimana kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan. Hipotesis kerja dalam artikel ini adalah : ‘ Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan”.
Metode yang digunakan dalam pembuatan artikel ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada pelanggan pasar moderen. Data dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan metode survey explanatory.
Loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan sebesar 38,30%. Artinya bahwa loyalitas pelanggan hanya dipengaruhi sebagian kecil Kualitas pelayanan yaitu sebesar 38,30%. Dengan demikian maka thitung > ttabel yaitu 3,421 > 1,667. Maka hipotesis nol (Ho) ditolak. Artinya kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan.
Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan, artinya semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan maka akan semakin loyal para pelanggan,

References


Baharun, H., Enas, E., & Noviana, R. L. (2022). Quality Improvement As A Strategy to Build Pesantren’s Brand Credibility. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 529–538. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1583

Budianto, A., Darmawati Bastaman, I., & Herman, F. (2020). PROMOTION MIX, INDIVIDUAL INTERNAL ENVIRONMENT, AND PURCHASE DECISION MAKING IN MINIMARKET. In Jurnal Bisnis dan Manajemen (Vol. 21, Issue 1).

Dadi, D. (2021). Women Empowerment in Indonesia: Community Learning Activity Center Programs. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1823–1834. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1152

Darna, N., Faridah, E., Lestari, M. N., & Tinia, A. G. (2024). TALENT MANAGEMENT IN FACING THE DEMAND OF ENVIRONMENTAL CHANGES: A STUDY IN GALUH UNIVERSITY. Sosiohumaniora, 26(1), 79–85. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v26i1.47161

Darna, N., Setiawan, I., Basari, M. A., & Kasman, K. (2024). JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) Smart strategy in statistics: choosing appropriate test tools for data and hypotheses in quantitative research-NC-SA license (https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0). 10(2), 843–851. https://doi.org/10.29210/020243691

Mulyatini, N., Herlina, E., Akbar, D. S., & Eko Prabowo, F. H. (2023). Analisis potensi pembentukan kawasan industri hasil tembakau dalam perspektif ekonomi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(1), 334. https://doi.org/10.29210/020231920

Mulyatini, N., Herlina, E., Faridah, E., & Rozak, D. A. (1860). Human Capital Management Model: A Perspective of Internal Supervision In Indonesia. Talent Development & Excellence, 12(1), 1860–1868. http://www.iratde.com

Nuryani, L. K., Enas, E., Herman, M., Wahyudi, E., & Dianawati, L. (2022). Teachers’ Perceptions of Academic Supervision in a Pandemic Era; Phenomenological Review. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(3), 679–692. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i3.3646

Rahman Sukmara, A., Priadana, S., Machmud, S., Yusuf, E., & Affandi, A. (2022). The Influence of Organizational Culture, Human Resource Capacity Development, and Empowerment of Human Resources on Affective Commitment and Loyalty, and Its Implications on Employee Performance (A Survey on Employees of PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Operational Area 2 Bandung). International Journal of Artificial Intelegence Research, 6(1). https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.2.927

Sari, P., Muzaki, I. S., Mulyatini, N., Faridah, E., & Prawiranegara, B. (2019). LOCAL OWN REVENUE, DECENTRALIZATION AND LOCAL FINANCIAL INDEPENDENT. Jurnal Manajemen Indonesia, 19(3), 250. https://doi.org/10.25124/jmi.v19i3.2413

Surjaatmadja, S., & Kusniawati, A. (2020). The pharmaceutical cooperatives performance indicators, based on balance scorecard. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(2), 499–506. https://doi.org/10.5530/srp.2020.2.76




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/jmr.v9i3.8710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_______________________________________________________________________________________________ 

Journal of Management Review indexed by:

Journal of Management Review ISSN  2580-4138 (Print) and ISSN 2579-812X (Online))

_______________________________________________________________________________________________ 

Reference Mamanagement Tools

_______________________________________________________________________________________________