PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI HIMPUNAN MELALUI MODEL FLIPPED CLASSROOM DI MASA PANDEMI COVID-19

Ati Suhaeti, Resya Desyana Royani, Atina Sabila Khodijah, Nurul Ikhsan Karimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi himpunan melalui model Flipped Classroom di kelas VII SMP Negeri 1 Plumbon. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 20 siswa, jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam IV siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar tes yang diberikan setiap akhir siklus. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa yang mencapai KKM pada siklus I sebanyak 6 orang dengan persentase 30%, siklus II sebanyak 7 orang dengan persentase 35%, siklus III sebanyak 9 orang dengan persentase 45%, dan siklus IV sebanyak 15 orang dengan persentase 75%. Peningkatan hasil belajar tersebut dikarenakan pada siklus II dan III siswa mulai aktif berdiskusi di dalam WA Grup dan pada siklus akhir melakukan video conference melalui forum messenger. Dalam forum tersebut siswa banyak bertanya tentang materi yang belum mereka pahami, sehingga hasil belajar yang mereka dapatkan meningkat.

Keywords


hasil belajar, flipped classroom, covid-19

Full Text:

PDF

References


Adhitiya, E.N., Prabowo, A., & Arifudin, R. (2015). Studi Komparasi Model Pembelajaran Traditional Flipped dengan Peer Instruction Flipped Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 116–126. DOI: https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7451

Barr, D. F. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mata Kuliah Matematika Diskrit Menggunakan Media Edmodo dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika. 1(1), 13–19. DOI: https://doi.org/10.31002/math%20locus.v1i1.918

Bayu Surya, P. E., & Rahmi, M. S. (2018). Penerapan Strategi Flipped Classroom dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika di Kelas XI SMKN 2 Padangpanjang. Jurnal Inovasi Pendidikan, 5(2), 23–33. DOI: https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/333

Igirisa, N. (2017). Pengaruh Model Flipped Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 2(1), 80–84. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/JPS/article/view/119

Khoirotunnisa, U. A., & Irhadtanto, B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Tipe Tradisional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 5(2), 15 –156. DOI: https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13484

Nugroho, I. H. (2015). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran Flipped Classroom PTK pada Siswa Kelas XI MIIA3 Sma Negeri 1 Batang Tahun Ajaran 2014/2015. Naskah Publikasi. Surakarta.

Praja, E. P., Setiyani, Kurniasih, L. & Ferdiansyah, F. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK pada Materi Vektor Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Teorema 6(1), 12-24. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v6i1.4539

Rizal, J. G. (2020). Benarkah Virus Corona Penyebab Covid-19 Berasal dari Pasar Wuhan? Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/09/061000865/benarkah-virus-corona-penyebab-covid-19-berasal-dari-pasar wuhan?page=all

Widyaningrum, T. Y., & Murwanintyas, E. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran Geogebra Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Grafik Fungsi Kuadrat Di Kelas X SMA Negeri 2 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013.” Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 975–980. Yogyakarta.

Wihinda, A., Laurens, T., & Palinussa, L. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Pendidikan Matematika (Jumadika), 2(1), 21 –27. DOI: https://doi.org/10.30598/jumadikavol2iss1year2020page21-27

Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam. A. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 111-120. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh