KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS: SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DALAM KONTEKS KEHIDUPAN DI KAMPUNG BUDAYA DOKDAK

Nelis Alfany Santiaji, Ai Tusi Fatimah, Nur Eva Zakiah

Abstract


Bernalar merupakan cara berfikir yang logis untuk mendapatkan suatu kesimpulan dengan memanfaatkan konsep matematika untuk menyelesaikan berbagai konteks permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Sistem Persamaan Linear Dua Variabel merupakan materi matematika yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari salah satunya pada konteks budaya di Kampung Budaya Dokdak. Artikel ini bertujuan untuk merancang soal Kemampuan Penalaran Matematis pada SPLDV dalam konteks kehidupan di Kampung Budaya Dokdak. Metode yang digunakan mengadopsi dari metode ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) yang dihubungakan dengan tahapan memulai penerapan konteks masalah pada soal. Terdapat hasil dari empat tahap dalam memulai penerapan konteks kehidupan di Kampung Budaya Dokdak pada materi SPLVD sebagai berikut: 1) Mendapatkan konteks kehidupan di kampung budaya dokdak yaitu penggunaan bahan baku, waktu produksi, perbedaan jenis barang, dan penjualan barang 2) Merancang dan mengembangkan empat soal dari konteks permasalahan menghubungkannya dengan kemampuan penalaran matematis dengan setiap soal memuat satu indikator 3) Melakukan penerapan terhadap delapan siswa kelas IX yang memiliki kriteria partisipan merupakan siswa kelas IX dengan kemampuan heterogen, berbeda gender dan mengenal kampung budaya dokdak 4) Mendapatkan hasil kesimpulan dari uji coba bahwa empat soal tersebut valid, reliabilitas, memiliki kriteria yang beragam dari tingkat kesukaran dan daya pembedanya. Sehingga ini dapat digunakan dalam penelitian selanjutnya. Kata Kunci:  Kemampuan Penalaran, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, ADDIE, Konteks Budaya

Full Text:

PDF

References


Adha, I., Refianti, R., & Siswa, L. K. (2019). Menggunakan pendekatan matematika realistik indonesia berbasis konteks. 2(1).

Arikunto, Suharsimi. (2015). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanifah, N. (2014). Perbandingan tingkat kesukaran , daya pembeda pelajaran ekonomi. 6(1), 41–55.

Hardiarti, S., Matematika, P. P., & Yogyakarta, U. N. (2017). Etnomatematika : aplikasi bangun datar. 8(2), 99–110.

Hidayah, M., Pendidikan, M., Dan, B., Indonesia, S., & Muhammadiyah Bogor, S. (n.d.). Perkembangan Peran Pendidikan Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Kampung Cibungbulang Dalam Program Kkn Pendidikan. 11(1), 37–50.

Mardayanti, E. Z. B. S. (n.d.). Sistem persamaan linear dua variabel kelas x sma Elva Mardayanti , Zulkardi , dan Budi Santoso Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Matematika Universitas Sriwijaya. 1, 1–15.

Prabawati, R., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2019). Pengembangan lks berbasis pmri menggunakan konteks etnomatematika pada materi spldv. 2(2), 73–79.

Rahayu, L. D., & Kusuma, A. B. (2019). Peran Pendidikan Matematika Di Era Globalisasi. Prosiding Sendika, 5(1), 534–541. Http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/801

Yusup, F., Studi, P., Biologi, T., Islam, U., & Antasari, N. (2018). Uji validitas dan reliabilitas. 7(1), 17–23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh