PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Deni Pratidiana, Heni Pujiastuti, Cecep AHF Santosa

Abstract


Tujuan dari penulisan makalah ini: 1) menjelaskan hubungan pembelajaran flipped classroom dan kemampuan pemecahan masalah matematis; 2) menjelaskan tipe–tipe model pembelajaran flipped classroom; 3) mendeskripsikan praktek penerapan model flipped classroom untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil studi pustaka dapat diringkas sebagai berikut: 1) hubungan model pembelajaran flipped classroom diambil penelitian yang sudah dilakukan dan factor belajar siswa yang masih konvensional; 2) terdapat beberapa tipe model pembelajaran flipped classroom yaitu: Traditional Flipped, Mastery Flipped, Peer Instruction Flipped, Problem Based Learning Flipped. Setiap tipe memiliki praktek penerapan yang berbeda-beda; 3) praktek penerapan model pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis terbagi menjadi dua aktivitas, yaitu Pre class dan In-Class. Kata Kunci:  Penerapan Model, Flipped Classroom, Pemecahan Masalah Matematis 

Full Text:

PDF

References


Adhitiya, E. N., Prabowo, A., & Arifudin, R. (2015). Studi komparasi model pembelajaran traditional flipped dengan peer instruction flipped terhadap kemampuan pemecahan masalah. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2).

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62

Antonova, N., Shnai, I., & Kozlova, M. (2016). Flipped Classroom As Innovative Practice in the Higher Education System: Awareness and Attitude. In 3rd International Multidisciplinary Scientific Conference on Social Sciences and Arts SGEM (Book 1). Education & Educational Research, 3, 327–332.

Baker, J. W. (2016). The Origins Of “The Classroom Flip.” In Proceedings of the 1 St Annual Higher Education Flipped Learning Conference.

Bishop, J. L., & Verleger, M. A. (2013). The flipped classroom: A survey of the research. ASEE Annual Conference and Exposition, Conference Proceedings. https://doi.org/10.18260/1-2--22585

Chandra, F. H., & Nugroho, Y. W. (2016). Peran Teknologi Video dalam Flipped Classroom. Dinamika Teknologi, 8(1), 15–20.

Chrismawati, M., Septiana, I., & Purbiyanti, E. D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point dan Audio Visual di Sekolah Dasar Mirna. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1928–2934.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. In Pusat Bahasa.

Fajariah, E. S., Dwidayati, N. K., & Cahyono, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa dalam Implementasi Model Pembelajaran Arias Berpendekatan Saintifik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 259–265.

Faturahman, H. (2015). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan penerapan pendekatan visual–auditori–kinestetik (VAK). FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(1), 57–63.

Gawise, G., Tarno, T., & Lestari, A. A. (2021). Efektifitas Pembelajaran Model Flipped Clasrooom masa Pandemi Covid -19 terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 246–254. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.328

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. In Refika Aditama.

Imamuddin, M. (2018). Proses Berpikir Mahasiswa Quitter Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Dengan Pemberian Scaffolding Di Jurusan Pendidikan Matematika Iain Bukittinggi. Sainstek : Jurnal Sains dan Teknologi, 9(1), 40–53. https://doi.org/10.31958/js.v9i1.618

Johnson, G. B. (2013). Student perceptions of the flipped classroom. In Doctoral dissertation, University of British Columbia. https://doi.org/10.1080/10511970.2015.1054011

Kamsurya, R. (2020). Learning Evaluation of Mathematics during the Pandemic Period COVID-19 in Jakarta. International Journal of Pedagogical Development and Lifelong Learning, 1(2), ep2008. https://doi.org/10.30935/ijpdll/8439

Lee, M. K. (2018). Flipped classroom as an alternative future class model?: implications of South Korea’s social experiment. Educational Technology Research and Development, 66(3), 837–857. https://doi.org/10.1007/s11423-018-9587-9

Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas penerapan model pembelajaran flipped classroom pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Educational Technologia, 1(2).

National Cauncil of Teacher of Mathematics. (2000). Principle and Standards for School Mathematics. In Reston, VA: NCTM. https://doi.org/10.5951/at.29.5.0059

Noriza, M. D., Kartono, K., & Sugianto, S. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Berbasis Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(2), 66–75.

Polya, G. (1973). Howto solve it: A new aspect of mathematical method. In Princenton University Press, Princenton, New Jersey. Princenton University Press, Princenton, New Jersey.

Rahmayani, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sma Pada Konsep Gerak Parabola (Penelitian Kuasi Eksperimen Di SMA Triguna Utama Uin Jakarta, Tahun Ajaran 2018/2019). In Bachelor’s thesis. FITK IIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rohmatulloh, R., & Nindiasari, H. (2021). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 436–442. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1877

Rosita, I., & Abadi, A. P. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1059–1065.

Ruswati, D., Utami, W. T., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tiga Aspek. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 91–107.

Sabri, T. (2012). Memupuk kemandirian sebagai strategi pengembangan kepribadian individu siswa dalam belajar. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 1(1), 368–369.

Saputra, M. E. A., & Mujib, M. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173–179. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2389

Schunk, D. H. (2012). Learning theories an educational perspective sixth edition. In Pearson (Vol. 322, Nomor 6078). https://doi.org/10.1038/322399b0

Strayer, J. F., Hart, J. B., & Bleiler-Baxter, S. K. (2016). Kick-starting discussions with the flipped classroom. The Mathematics Teacher, 109(9), 662–668. https://doi.org/10.5152/tcb.2015.064

Syaharuddin, S. (2016). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Hubungannya Dengan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 4 Binamu Kabupaten Jeneponto. In Doctoral dissertation, Pascasarjana.

Ulfah, A. (2019). Laporan Rancangan Aktualisasi Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan 3 Angkatan XI Provinsi Banten “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Di SMAN 11 Pandeglang.”

Usdiyana, D., Purniati, T., Yulianti, K., & Harningsih, E. (2009). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pengajaran MIPA, 13(1), 1–14. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v13i1.300

Utari, S. (2017). Pengaruh model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. In Bachelor’s thesis.

Wulandari, D. A., & Budiarto, M. T. (2016). Profil Pemecaham Masalah Matematika Siswa SMP Kelas VIII Ditinjau dari Tingkat Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Matematika. MATHEdunesa : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 21–29.

Yulietri, F., Mulyoto, M., & S, L. A. (2015). Model flipped classroom dan discovery learning pengaruhnya terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar. Teknodika, 13(2), 5–17.

Zuliana, E. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Kartu Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika, 5(1). https://doi.org/10.24176/re.v5i1.440


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh