Analisis Kualitas Soal Instrument Tes Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Salsa Ropiatul Qudsi, Adang Effendi, Nur Eva Zakiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas butir soal instrumen tes kemampuan pemahaman matematis siswa materi bangun ruang sisi datar yang ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menyajikan temuan tentang kualitas instrumen tes kemampuan pemahaman matematis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis butir soal instrumen. Intrumen data dalam penelitian ini yaitu berupa soal instrumen tes kemampuan pemahaman matematis sebanyak  soal yang diujikan kepada 31 siswa yaitu kelas IX di SMP Negeri 4 Ciamis. Selanjutnya data dianalisis ditinjau dari  validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas soal instrumen menyatakan sebagian besar soal termasuk kriteria sedang. Reliabilitas soal instrumen menyatakan hasil yaitu 0,743. Ini menunjukkan reliabilitas yang tinggi. Daya pembeda soal instrumen menyatakan bahwa soal yang mempunyai daya pembeda yang sangat baik berupa 1 soal dengan persentase 12,5%, daya memili daya pembeda yang cukup. Dan memiliki tingkat kesulitan/kesukaran soal instrumen menyatakan soal termasuk kriteria mudah dan sedang dan dapat dipergunakan lagi.

Keywords


Analisis kualitas soal; Instrument; Pemahaman Matematis

Full Text:

PDF

References


Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 18–27.

Aripin, U. (2015). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIK SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Urnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 120–127.

Dityaningsih, D., Astriyani, A., & Eminita, V. (2020). Pengaruh Game Edukasi Quizizz Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa. SEMINAR NASIONAL PENELITIAN 2020 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA, 1–8.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

M.Zulfikar.I.A, Achmad, N., & Fitriani, N. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ma Di Kabupaten Bandung Barat Pada Materi Barisan Dan Deret. Journal On Education, 2(6), 1802–1761.

Marliani, Siagian, M. (2017). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Al-Irsyad, 105(2), 79.

Pirmanto, Y., Farid Anwar, M., & Bernard, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi Barisan dan Deret dengan Langkan-langkah Menurut Polya. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 371–384. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.371-384

Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan pemahaman matematis siswa smp di bandung barat. JPPM, 11(1), 19–30.

Putro, P. C., & Setyadi, D. (2022). Pengembangan Komik Petualangan Zahlen Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 131–142.

Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, Wirne, P., & Nyoman, I. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Pendahuluan. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176.

Septiahani, A., Melisari, M., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 311–322. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.644

Setiyawan, R. A., & Wijayanti, P. S. (2020). Analisis kualitas instrumen untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa selama pembelajaran daring di masa pandemi. Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 130–139.

Son, A. L. (2019). Instrumentasi kemampuan pemecahan masalah matematis: analisis reliabilitas, validitas, tingkat kesukaran dan daya beda butir soal. Gema Wiralodra, 10(1), 41–52.

Susanto, H. (2022). KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOGEBRA. Journal of Educational and Language Research, 2(3), 451–462.

Susdelina, Perdana, S. A., & Febrian. (2018). Analisis kualitas instrumen pengukuran pemahaman konsep persamaan kuadrat melalui teori tes klasik dan rasch model. Jurnal Kiprah, 6(1), 41–48.

Yusup, F. (2018). UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN PENELITIAN KUANTITATIF. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh