Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Persegi dan Persegi Panjang

Fenti Agustin, Nur Eva Zakiah, Sri Solihah

Abstract


Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki setiap siswa, agar memudahkan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi persegi dan persegi panjang. Penelitian ini dilakukan di SMP Plus Ma’arif Al Mushlihuun dengan subjek penelitian yaitu 20 orang siswa kelas VII. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes soal kemampuan pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis, pedoman penskoran, dan kriteria kemampuan rendah, sedang, tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi persegi dan persegi panjang diperoleh persentase nilai butir soal berdasarkan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis yang terdapat nilai rendah, sedang, dan tinggi berturut-turut yaitu 88%, 63%, dan 48%.

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, Y. N., Zakiah, N. E., & Zamnah, L. N. (2023). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa. J-Kip (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(1), 198. Https://Doi.Org/10.25157/J-Kip.V4i1.8898

Agustina,Bahasa Indonesia: L.(2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Negeri 4 Sipirok Kelasvii Melalui Pendekatan Matematika Realistik (Pmr). Jurnal Eksakta . Vol 1, Hal 1-12.

Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Siswa. Researcgate, 2, 1–7.

Aliah, S. N., & Bernard, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berbentuk Cerita Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Suska Journal Of Mathematics Education, 6(2), 111. Https://Doi.Org/10.24014/Sjme.V6i2.9325

Alzanatul Umam, M., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(1), 303–312. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V8i1.1993

Bintang, R. . S. & R. (2021). Kemampuan Pemahaman Matematis Bangun Datar Segiempat Sisiwa Smp Berdasarkan Level Kognitif Di Masa Pandemi Covid-19. Jes-Mat, 7(1), 59–75.

Https://Journal.Uniku.Ac.Id/Index.Php/Unifikasi/Index

Cahani, K., & Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp Kelas Ix Pada Materi Bangun Datar Segiempat. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2008, 120–128.

Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72. Http://Journal.Unsika.Ac.Id/

Christine, W. (2017). Menanamkan Konsep Bentuk Geometri (Bangun Datar). 3(1), 1–8.

Davita, P. W. C., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Tirtamath: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 101 .

Https : // D o i . Org /10.48181/Tirtamath.V2i2.8892

Haq, F. N. H. Al, & Raicudu, M. I. R. (2023). Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas Vii Pada Materi Segiempat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3, 82–89.

Https://Jurnal.Fkip. Unmul.Ac.Id/Index.Php/Psnpm

Harefa, D., & Telaumbanua, T. (2020). Belajar Berpikir Dan Bertindak Secara Praktis Dalam Dunia Pendidikan. In Annals Of Tourism Research (Vol. 3, Issue 4, P. 45).

Http://Www.Ncbi.Nlm.Nih.Gov/Pubmed/25926610%5cnhttp://Www.Pubmedcentral.Nih.Gov/Arti clerender.Fcgi?Artid=Pmc4492060%0ahttp://Www.Sciencedirect.Com/Science/Article/Pii/S016 0738315000444

Lisna, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Negeri 4 Sipirok Kelas Vii Melalui Pendekatan Matematika Realistik (Pmr). Eksakta, 2(1), 34–40.

Maulana, M., Zamnah, L. N., & Amam, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Geogebra Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. J-Kip (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(2), 1. Https

://Doi.Org/10.25157/J-Kip.V2i2.5203

Mayasari, D., & Habeahan, N. L. S. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 252-261.

Mufidah, I., & Budiarto, M. T. (2018). Miskonsepsi Siswa Smp Dalam Memahami Konsep Bangun Datar Segiempat Ditinjau Dari Gaya Belajar Vak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(7), 232–239.

Https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Mathedunesa/Article/View/25554/23429 Nctm. (2000). Principles And Standards For School Mathematics. Reston Va: Nctm (Pp. 167–168).

Https://Doi.Org/10.1163/_Q3_Sim_00374

Nurhandita, N., Marniati, M., & Farman, F. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8 (2), 202–212.

Pratiwi, D. D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Al- Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(8), 191– 202.

Riasari, D. (2018). Peranan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Blended Learning Terhadap Komunikasi Matematis Siswa Dalam Materi Statistik Pada Sman 1 Tapung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 813–820.

Https://Download.Garuda.Kemdikbud.Go.Id/Article.Php?Article=822801&Val=13365&Title= Peranan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Blended Learning Terhadap Komunikasi Matematis Siswa Dalam Materi Statistik Pada Sman 1 Tapung

Takalao, Deliska, Vivian E. Regar, M. S., & Program. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1. Https://Doi.Org/10.33087/Phi.V6i1.180

Tambunan, L., & Tambunan, J. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3123–3131. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V7i3.2907

Yunia, N., & Zanthy, L. S. (2020). Kesalahan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Aritmatika Sosial. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 105.

Https://Doi. Org/10.25157/Teorema.V5i1.3206

Zakiah, N. E. (2017). Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Open-Ended. Teorema : Teori Dan Riset Matematika, 1(1), 27. Https://Doi.Org/ 10.25157/Teorema.V1i1.125

Zamnah, L. N., Amam, A., & Maulana. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Aplikasi Geogebra Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Maulana1,. 2(2), 1–8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Galuh